Pengertian Tabungan, Manfaat, dan Fungsinya

pengertian tabungan

Jika berbicara tentang pengertian tabungan, tabungan adalah sejumlah uang yang Anda simpan. Lewat prinsip dasar tersebut, pengertian dari tabungan sendiri tidak adanya keterikatan terhadap sebuah institusi keuangan atau lembaga, namun juga dapat diartikan dalam hal yang sederhana yakni seperti menyimpan uang didalam celengan dan sejenisnya.

Pengertian tabungan pada pembahasan ini yaitu uang yang telah dikumpulkan dari berbagai macam sumber serta menjadi porsi sisa, atau disisihkan oleh orang. Simpanan sejumlah uang tersebut bisa diambil dan digunakan kapan pun, tanpa adanya keterikatan apapun sebab sifatnya pribadi.

Jika dilihat dari makna dari dunia ekonomi sendiri, tabungan adalah aktivitas yang sering dikaitkan oleh berbagai institusi keuangan atau lembaga keuangan. Pada poin tersebut, tabungan adalah sebuah simpanan uang di suatu bank yang jika ditarik harus melewati berbagai macam ketentuan yang berlaku. Nah, jika berbicara mengenai simpanan bank,  berikut ini terdapat beberapa manfaat menabung ke sebuah bank.

Manfaat Menyimpan Uang di Bank

Seperti yang Anda tau, Menabung di bank begitu banyak manfaatnya, dengan begitu untuk setiap orang diharapkan untuk mau menabung atau menyimpan uangnya di sebuah bank, berikut manfaatnya :

  •         Uang yang Anda miliki akan aman, dan tidak akan dicuri ataupun tercecer
  •         Tabungan Anda akan dijamin oleh LPS berdasarkan ketentuan yang berlaku
  •         Pihak bank akan memberi suku bunga yang dihitung sesuai saldo tabungan Anda
  •         Pihak bank menyediakan layanan elektronik yang selalu bisa diakses dalam 24 jam, seperti Mesin ATM, Mobile Banking, SMS Banking, Phone Banking, Mobile Banking serta Call Center.
  •         Apabila Anda terbiasa dalam menabung atau menyimpan uang, Anda akan terhindar dari kebiasaan buruk yang sifatnya konsumtif.

Fungsi dari Setiap Produk Bank

tabungan adalah

1.       Tabungan Konvensional

Tabungan konvensional jika dilihat dari namanya tentu mendekati standar umum sebuah bank yang sudah dikenal banyak orang. Pada poin ini, tabungan adalah media penyimpanan uang di dalam sebuah bank dalam sistem dibuat lebih mudah serta praktis. Entah itu dalam membuat rekening hingga menggunakannya sebagai keperluan sehari-hari.

2.       Tabungan Berjangka

Produk bank satu ini memiliki visi yang berbeda jika dibandingkan dengan tabungan konvensional. Untuk produk ini, tabungan terikat untuk jangka waktu tertentu dengan begitu para nasabah tidak dapat leluasa ketika akan menarik uang saat dibutuhkan.

Untuk penarikan uang di tabungan berjangka cuma bisa diproses apabila nasabah sudah memenuhi syarat jang waktu yang sudah ditentukan seperti 6 atau 12 bulan. Prinsipnya hampir sama dengan sistem deposito, fungsi tabungan berjangka agar dapat mengatur keperluan nasabah sesuai waktu yang sudah ditetapkan.

3.       Tabungan Giro

Jenis tabungan selanjutnya ini merupakan tabungan khusus diperuntukan pada urusan bisnis atau usaha. Tabungan giro ini umumnya dibuat dengan nama perusahaan, dan bukan atas nama personal. Fungsi tabungan giro yakni agar setiap penarikannya jelas, tabungan satu ini dilengkapi fitur bilyet giro atau sebuah cek yang bisa dicairkan oleh pemegang atau pemilik.

Tabungan giro sendiri terikat oleh beberapa macam syarat agar dapat menjamin setiap transaksi keuangan yang selalu keluar dan masuk. Contohnya seperti persyaratan tanda tangan setidaknya satu orang dengan diberi stempel asli perusahaan.

4.       Tabungan Investasi

Karena peminat dunia investasi saham semakin meningkat, produk tabungan satu ini sangat wajib bagi Anda yang berada di dunia investasi saham khusus di Indonesia. Apabila Anda melakukan sebuah transaksi pembelian saham di salah satu platform tertentu, alangkah baiknya mempunyai tabungan khusus investasi agar bisa menyimpan transaksi Anda.

5.       Tabungan Haji

Indonesia merupakan sebuah negara yang mempunyai penduduk yang menganut agama Islam terbesar di dunia, kehadiran tabungan haji akan sangat berguna. Fungsi tabungan haji adalah agar bisa membantu proses keberangkatan haji untuk jangka waktu yang sudah ditentukan. Para nasabah biasanya harus menabung atau menyetorkan sejumlah uang yang nominalnya nanti dapat dijadikan uang untuk keperluan keberangkatan haji nantinya.

6.       Tabungan Pendidikan atau Tabungan Anak

Bisa dikatakan setiap perusahaan perbankan menyediakan produk tabungan satu ini, yakni tabungan anak atau tabungan pendidikan, dimana pada prosesnya untuk produk satu ini nasabah hanya perlu menyiapkan setoran awal dengan modal yang kecil. Produk ini bukan sekedar media menabung, namun juga sebagai sarana pembelajaran dan motivasi sekaligus mengedukasi anak-anak serta disiplin dalam aktivitas menabung dari usia dini.

Umumnya produk tabungan anak tersebut dikemas dengan dilengkapi hadian untuk pembukaan rekening serta tampilan buku dan kartu bank yang sangat menarik. Tabungan ini juga hanya dapat dibuka serta digunakan atas persetujuan orang tua. Dengan begitu, uang anak akan tetap tercatat atas nama orang tua.

Nah itulah beberapa macam pengertian tabungan dari macam-macam produk umum yang ditawarkan oleh perusahaan perbankan di Indonesia.

tabungan anak hanya akan bisa dibuka dan digunakan dengan bantuan orang tua. Karena itu, dana anak tetap akan tercatat sebagai aset orang tua.