Pengertian Zakat, Jenis, dan Manfaatnya

pengertian zakat

Bagi umat Muslim, zakat adalah hal yang harus dilaksanakan apabila mampu. Zakat masuk ke dalam 5 Rukun Islam, di mana untuk bisa berzakat ada syarat yang harus dipenuhi serta diberikan kepada orang yang berhak semisalnya adalah fakir miskin, anak yatim piatu dan lain sebagainya. Adapun pengertian zakat yang harus dipahami oleh Anda yang memang sudah memenuhi syarat dan akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Pengertian Zakat Berdasarkan Jenisnya

Pengertian dari bahasanya, zakat mempunyai arti tumbuh, suci atau berkembang. Sehingga secara garis besar, zakat mempunyai arti menyucikan atau membersihkan harta. Lalu dari arti berkembang, maka zakat akan memberikan harta semakin banyak kepada pemberi zakat.

Dari penjelasan singkat tersebut bisa dikatakan zakat ini adalah tindakan untuk menyucikan dan membersihkan harta serta jiwa dari sifat-sifat seperti tamak, iri dan sombong. Zakat juga akan memberikan harta yang yang lebih banyak kepada si pemberi zakat.

Jenis zakat menjadi 3, berikut ini jenis beserta pengertiannya:

  • Zakat penghasilan

Zakat yang satu ini sebenarnya masuk dalam zakat mal. Dalam pengertiannya sendiri zakat penghasilan wajib dibayarkan bagi siapapun yang sudah berpenghasilan dan cukup. Zakat ini pun berasal dari orang yang sudah memiliki pendapatan rutin dari pekerjaan halal. Untuk pembayaran zakat ini sendiri bisa dilakukan rutin pada setiap bulan atau pun dalam hitungan setahun. Besaran zakat yang dibayarkan adalah 2,5% dari total pendapatan yang diperoleh setiap bulannya.

  • Zakat mal

Untuk Zakat mal pun sama, di mana tujuannya adalah diberikan kepada orang yang berhak. Contohnya adalah kaum duafa, anak yatim piatu, fakir miskin dan lain sebagainya. Zakat mal ini sendiri terdiri dari banyak jenis, salah satunya adalah hasil ternak, hasil pertanian, emas dan lain sebagainya. Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa zakat penghasilan pun termasuk dalam zakat mal.

  • Zakat fitrah

Zakat yang juga disebut sebagai Nafs atau jiwa ini wajib dibayarkan oleh Muslim setiap tahunnya pada bulan ramadhan. Besaran zakat pun sudah ditentukan yaitu 2,5 kilogram atau 3,5 liter beras. Apabila ingin memberikan uang pun seharga dengan 2,5 kilogram beras.

Tidak hanya itu saja, beras zakat pun harus memiliki kualitas sama dengan beras yang Anda konsumsi sehari-hari. Tidak ada batasan usia, jenis kelamin dan juga jumlah penghasilan untuk zakat fitrah ini. Selama masih mampu, maka Muslim wajib membayarkan zakat fitrah ini.

Manfaat dari Membayar Zakat

zakat adalah

Setelah mengetahui pengertian dan jenisnya, tentu saja Anda harus tahu manfaat dari membayar zakat. Sudah pasti dengan memberikan kepada yang berhak, akan memberikan banyak manfaat kepada si pembayar zakat. Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan? Berikut ini penjelasannya:

  • Membersihkan hati dan jiwa

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa membayarkan zakat mampu membersihkan hati dan jiwa. Hanya dengan memberikan zakat secara rutin, maka Anda sudah memiliki sifat yang dermawa dan akan terhindar dari sifat kikir. Ketika Anda ikhlas membagi harta kepada orang yang membutuhkan, maka Anda juga akan merasakan perasaan puas karena dapat membantu sesama yang sedang membutuhkan.

  • Menjadi semakin dekat dengan Allah SWT

Ketika Anda sering berbagi melalui zakat, maka Anda juga akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Tentu saja ini juga akan menjadikan pribadi Anda semakin baik, ikhlas dan saling menghormati kepada sesama. Anda pun juga akan mendapatkan nikmat baik karena secara ikhlas telah membantu orang yang berhak menerima.

  • Menghilangkan dendam

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari membayarkan zakat adalah menghilangkan rasa dendam. Anda pasti memahami bahwa memendam dendam tidaklah baik dalam kehidupan dan bisa menghancurkan jiwa. Tapi, dengan membayar zakat secara rutin maka Anda pun bisa menghilangkan rasa tersebut.

Mengapa? Karena dalam berzakat, kita diajarkan untuk selalu ikhlas terhadap apa yang diberikan an diterima. Dengan ikhlas inilah Anda akan menjadi lebih tenang dan tidak akan merasakan dendam terhadap orang lain, meski telah disakiti. Semakin ikhlas, maka kebaikan pun akan terus datang.

  • Menghapus dosa

Masuk ke dalam salah satu dari 5 Rukun Islam, zakat sendiri memang perintah yang harus dijalankan bagi Muslim yang telah mampu. Membayar zakat dalah kebaikan yang akan diberikan imbalan pahala demi mengurangi dosa-dosa. Dengan berzakat, maka dosa-dosa juga bisa dihapuskan oleh Allah SWT.

  • Mendapatkan rezeki yang lebih

Membayar zakat sesuai dengan syariat Islam akan memberikan kebaikan kepada orang yang memberikan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa zakat memiliki arti tumbuh. Di mana siapa saja yang membayarkan zakat dan diberikan kepada orang yang berhak, maka rezekinya pun akan dilipatkan.

Itulah pengertian zakat, jenis serta manfaat yang akan didapatkan. Membayar zakat akan memberikan hal-hal baik kepada seluruh manusia, terutama bagi si pembayar zakat yang sudah pasti akan hidup lebih tenang, damai dan penuh dengan ikhlas.