Penggunaan Kartu Kredit Overlimit? Hadapi Dengan Cara Ini

Kartu kredit over limit? Tentunya pengguna kartu kredit tidak asing lagi dengan istilah ini. Kartu kredit over limit biasanya disebabkan oleh beberapa hal salah satunya dikarenakan ada beberapa sisa tagihan belum dibayarkan.

Ada dua hal yang kemungkinan akan kamu terima yang pertama adalah transaksi yang kamu lakukan akan ditolak dan diterima. Transaksi yang ditolak dapat diartikan bahwa pagu transaksi sudah melebihi, saat transaksi yang kamu lakukan ditolak, hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan menghubungi bank yang kamu gunakan dan minta pihak bank untuk menaikan biaya limit. Dan jika transaksi kamu diterima dapat diartikan bahwa ada biaya over limit yang harus kamu bayarkan. 

Meminta kenaikan limit bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, saat kamu meminta kenaikan limit pastikan bahwa anda adalah pengguna kartu kredit yang aktif, memiliki alamat yang jelas, disiplin dalam membayar tagihan dan juga memiliki utang di bank dengan nilai yang rendah. Maka dari itu, tidak semua nasabah akan mendapatkan kenaikan limit. 

Ada beberapa cara untuk mengatasi kartu kredit yang limit, mari simak informasi dibawah ini :

  1. Manfaatkan Layanan Transfer Balance

Saat kamu mengalami kartu kredit over limit sebaiknya gunakan layanan transfer balance. Transfer balance merupakan pengalihan saldo dari bank lain, hal ini juga akan berfungsi untuk mendapatkan bunga yang lebih rendah. 

Bunga yang terdapat pada layanan transfer balance merupakan bunga promosi yang diberikan dalam jangka waktu tidak tertentu. Kamu dapat melakukan pelunasan saat adanya promosi yang diberikan. 

  1. Menghentikan Biaya Transaksi dengan Kartu Kredit

Kartu kredit yang over limit sebaiknya penggunaan pada kartu dapat diberhentikan terlebih dahulu dan pastikan saat kamu ingin menggunakan kartu kredit tagihan yang ada sudah dibayar secara lunas. Jadi, kurangi penggunaan kartu kredit sejenak, dan fokus kan untuk melunasi utang kartu kredit yang anda miliki. 

  1. Membayar Tagihan Kartu Kredit

Saat kamu menunda-nunda untuk membayar tagihan kartu kredit hal tersebut akan mempercepat over limit pada kartu kredit anda. Maka dari itu sebaiknya untuk tidak menunda pembayaran utang pada kartu kredit.

  1. Memperhitungkan Biaya Over Limit Bulan Lalu

Cara selanjutnya adalah memperhitungkan biaya over limit pada bulan lalu, hal ini berkaitan dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sebaiknya anda dapat memperhitungkan kembali biaya yang akan dikenakan saat terdapat sisa tagihan hutang sebelumnya. Pastikan biaya pada kartu kredit yang kamu gunakan tidak over limit dan pastikan angka perhitungan sudah dikurangi. Hal ini, untuk mencegah adanya biaya yang berlebihan.

 

Biaya Kartu Kredit Over Limit

 

Seperti pada umumnya, setiap bank memiliki aturan dan kebijakan Masing – masing terkait kartu kredit yang over limit. Biaya kartu kredit yang over limit akan dilihat dari kelebihan limit pada kartu, sebagian orang berfikir bahwa kartu kredit yang over limit akan dibayar sesuai dengan total hutang pagu pada kartu kredit. 

Biaya yang harus kamu bayar saat kartu kredit over limit tidaklah besar. Contohnya saat kamu memiliki over limit pada kartu kredit sebesar satu juga maka biaya yang harus kamu bayar adalah sebesar 5% dari total over limit. Kamu juga dapat mengetahui informasi selengkapnya dengan menghubungi pihak bank, agar kamu mendapatkan jawaban yang lebih pasti dan jelas.

Menggunakan kartu kredit pada pembayaran, merupakan salah satu cara yang sering digunakan sebagian orang. Menggunakan kartu kredit sebagai media pembayaran sangatlah addicting, dengan membayar menggunakan kartu kredit juga dapat membantumu untuk mendapatkan promo saat belanja. Maka dari itu, sebagian orang akan melupakan bahwa berbelanja menggunakan kartu kredit akan mengakibatkan kartu kredit menjadi over limit. 

Dapat disimpulkan bahwa kartu kredit yang sudah mengalami over limit sebaiknya dapat kamu lunasi segera, karena dengan adanya kartu kredit yang over limit akan membuat kartu kredit yang kamu pakai tidak dapat melakukan transaksi. Mengurus kartu kredit yang sudah over limit bukalah hal yang mudah untuk dilakukan maka dari itu sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan pemakain kartu kredit. 

Kartu kredit yang sudah over limit juga tentunya disebabkan karena adanya pembayaran tagihan yang belum dibayarkan, hal tersebut tentunya akan membuat kartu kredit yang kamu gunakan menjadi over limit. Saat mengalami kartu kredit yang over limit yang diakibatkan karena adanya hutang yang belum dibayar, hal yang harus kamu lakukan adalah dengan membayar utang yang ada pada bank tersebut. Tentunya seperti yang sudah dijelaskan diatas, setiap bank penerbit mempunyai peraturan dan kebijakan masing-masing. Semoga informasi diatas dapat membantu kamu untuk mengatasi kartu kredit yang digunakan sudah over limit. Terimakasih.