Penting Ketahui Manfaat dan Fungsi Dana Pensiun Lembaga Keuangan

dana pensiun

Semua orang pasti ingin merasakan masa pensiun dengan tenang dan nyaman. Maka dari itu, pentingnya mempunyai dana pensiun untuk hari tua. Bagi orang yang sudah memasuki masa pensiun, sangat disarankan untuk mempersiapkan Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau DPLK.

Menikmati hari tua yang tentram dan nyaman pastinya telah memiliki dana pensiun. DPLK dapat membantu Anda ketika sudah masuk masa-masa pensiun. Lantas apa yang dimaksud dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan ini? Apa saja manfaat serta fungsi? Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel ini sampai habis.

Pengertian Dana Pensiun

Sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dana pensiun tersebut. Dana pensiun merupakan manfaat dari program pensiunan dalam bentuk uang untuk para peserta yang diberikan rutin setiap bulannya.

Jadi ketika Anda bekerja di suatu perusahaan hingga masa pensiun, Anda berhak memperoleh dana pensiun tersebut, selain itu dana pensiun ini diatur di dalam undang-undang negara Indonesia. Pihak pemerintah mengadakan program tersebut guna untuk membantu masyarakat yang nantinya ketika sudah pensiun masih bisa hidup dengan layak dan tetap bisa hidup sejahtera.

Cara Menghitung Dana Pensiun

Berbicara mengenai cara menghitung dana pensiun, rumusnya sangat mudah, Ketika memasuki masa pensiun, sebaiknya asumsikan dana pensiunan Anda di taruh di risk-free asset dalam bentuk deposito yang suku bunganya 6% dalam satu tahun.

Dengan asumsi laba 6% dari bunga, itu berarti Anda memerlukan 200 x pengeluaran setiap bulannya untuk bisa menikmati masa pensiun Anda dengan tenang. Tidak hanya itu, hitung juga berapa investasi yang Anda butuhkan untuk mencapai 200 x pengeluaran tiap bulan tersebut, jika Anda malas menghitungnya sendiri, Anda bisa join di Dana Pensiun Lembaga Keuangan, Anda tidak perlu lagi repot-repot memikirkannya, dan tinggal menikmati hasilnya nanti.

Manfaat Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Agar Anda semakin yakin memiliki Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), Anda harus mengetahui berbagai manfaat yang ada, Manfaatnya antara lain:

  1.       Manfaat DPLK Bagi Karyawan
  •         Dapat mengurangi pajak pendapatan
  •         Bisa merasa tenang ketika pensiun sebab memiliki pendapatan tetap, dan hidup bisa terjamin
  •         Hasil investasi dari program pensiun tersebut bebas dari pajak hingga manfaat program tersebut dibayarkan ke Anda
  •         Iuran untuk membayar DPLK dapat dibagi ke perusahaan tempat Anda bekerja, yang mana tidak sepenuhnya Anda membayar sendiri
  •         Manfaat dari DPLK tidak hanya dirasakan oleh karyawan, perusahan pun juga merasakan keuntungannya.
  •         Terpisah dari kekayaan milik perusahaan yang menyelenggarakan DPLK sebab iurannya langsung pegang atas nama Anda

2.       Manfaat DPLK Bagi Perusahaan

  •         Dapat mengurangi pajak penghasilan badan
  •         Memenuhi kewajiban pemberian kerja ke karyawannya, berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003
  •         Perusahaan tidak perlu lagi repot-repot mengurus pengelolaan investasi berupa dana pensiun karyawan mereka, semua hal terkait telah ditangani oleh lembaga yang menyelenggarakan DPLK.
  •         Iuran fleksibel serta bisa disesuaikan oleh kondisi perusahaan, maka tidak akan memberatkan alur keluar masuknya uang perusahaan.
  •         Sebagai nilai tambah untuk perusahaan dan sebagai apresiasi terhadap loyalitas serta kinerja karyawan. Jika suatu perusahaan mengikuti program DPLK, tentunya para karyawan akan semakin senang bekerja di perusahaan terkait, sebab masa pensiun mereka bisa terjamin.

Fungsi Dana Pensiun

Supaya dapat menyiapkan masa tua dengan baik, sebaiknya Anda juga perlu mempelajari dan mengetahui fungsi dari dana pensiun. Untuk fungsinya sendiri terbagi atas tiga hal, yakni fungsi bagi perusahaan, lalu fungsi bagi karyawan serta fungsi bagi penyelenggara dari program dana pensiun tersebut. Nah terkait fungsi dari ketiga hal tersebut, penjelasannya seperti berikut ini:

1.       Fungsi Bagi Perusahaan

  •         Menciptakan rasa aman bagi karyawan supaya bisa menurunkan angkar karyawan yang keluar atau berhenti bekerja
  •         Memberikan berupa penghargaan ke setiap karyawan sebab sebab sudah mengabdikan dirinya terhadap perusahaan
  •         Semakin meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja, alhasil produktivitas perusahaan terkait akan meningkat
  •         Meningkatkan citra dari suatu perusahaan saat menjalankan bisnis

2.       Fungsi Bagi Karyawan

  •         Di hari tua biasanya orang-orang akan sulit untuk bisa melanjutkan pekerjaan serta meraih penghasilan, tapi semuanya bisa tertutupi oleh dana pensiun yang telah dikumpulkan sebelumnya. Rasa aman ini akan sangat mempengaruhi pikiran seseorang alhasil semangat masa muda akan dapat terus dipertahankan.
  •         Apabila penerima dana pensiun ini meninggal dunia, pastinya dana ini dapat diwariskan kepada keluarganya yang ada. Sehingga, menciptakan rasa aman juga bisa keluarga penerima dana pensiun.

3.       Fungsi Bagi Penyelenggara Program

  •         Sebagai kegiatan bakti sosial ke para peserta iuran dana pensiun tersebut
  •         Mendukung program dari pemerintah dalam penyelenggaraan dana pensiun
  •         Penyelenggara program tersebut mempunyai kesempatan dalam mengelola dana supaya menghasilkan keuntungan, karena iuran dana pensiun bisa dikategorikan dalam bentuk investasi