Penuhi Kebutuhan dan Tetap Aman Secara Finansial, Bisakah?

Generasi milenial masih sering dianggap menjadi generasi yang mempunyai gaya hidup konsumtif, susah menabung, cenderung boros dan masih tidak mengenal investasi. Padahal mengatur keuangan mulai sejak dini sangat penting untuk menjaga kestabilan keadaan keuangan dan memenuhi kebutuhan di masa depan. 

Mempunyai pengelolaan uang yang bijak dapat menjadi pertimbangan Anda sebagai kaum milenial untuk mengelola skala prioritas keuangan, apalagi bila Anda sudah berkeluarga dan memiliki tagihan serta kebutuhan bulanan seperti bayar cicilan, biaya pendidikan, kesehatan, renovasi dan kebutuhan lainnya. 

Terdapat sejumlah langkah cerdas untuk Anda bisa memenuhi kebutuhan dan tetap aman mengelola keuangan. Apa saja langkah-langkahnya? Yuk, lihat ulasan lengkapnya di bawah ini. 

  • Pahami kondisi finansial yang dimiliki 

Memahami seperti apa keadaan keuangan yang Anda miliki dapat menjadi langkah awal. Dengan mengetahui pendapatan bulanan, jumlah pengeluaran perbulan dan perkiraan pengeluaran yang tidak diduga-duga. Tentu saja Anda mengetahui nominal yang dapat digunakan dan yang harus disisihkan. 

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui keadaan cashflow, keseluruhan dari pengeluaran bisa dicatat dengan detail. Apa saja pengeluaran yang penting dan tidak, sehingga Anda bisa menghemat atau menambahkan pengeluaran tersebut. 

  • Sisihkan pendapatan untuk ditabung 

Saat Anda telah mengetahui dengan detail keadaan keuangan, Anda dapat menyisihkan sekitar 5% sampai 10% dari jumlah pendapatan untuk ditabung. Dengan melakukan langkah ini, Anda dapat mempunyai persiapan saat ada pengeluaran mendadak. 

Pengeluaran yang tidak terduga tersebut seperti biaya berobat, perbaikan kendaraan, biaya pendidikan dan lainnya. Anda tentu saja tahu jika semua biaya tersebut tidaklah murah. Untuk itu, Anda harus menabung untuk beberapa pengeluaran tersebut. 

  • Buat skala prioritas 

Apabila Anda ingin kebutuhan terpenuhi tanpa mengganggu finansial, maka Anda bisa membuat skala prioritas untuk keinginan dan kebutuhan. Anda dapat membuatnya dalam bentuk daftar kebutuhan bulanan. Pastikan untuk mencatat daftar kebutuhan pokok di paling atas, seperti biaya makanan, transportasi dan cicilan per bulan. 

Apabila hal tersebut sudah dapat Anda penuhi, barulah Anda dapat mencatat daftar keinginan pada skala prioritas tersebut. Namun, Anda tetap harus bijak untuk membuat catatan ini, jangan sampai keinginan Anda melebihi kebutuhan supaya tidak terlihat menjadi pribadi yang boros. 

  • Bijak saat berbelanja

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu bijak saat berbelanja sebab hal ini mempunyai peran penting supaya menjaga keadaan finansial Anda tetap stabil. Bijak dalam berbelanja dapat Anda lakukan dengan membeli barang-barang kebutuhan yang murah atau sedang diskon. 

Bahkan, Anda dapat mengubah cara berbelanja dari yang awalnya belanja di supermarket, cobalah beralih ke pasar tradisional. Sebab harganya yang murah dan bisa ditawar. Hal ini bisa membantu Anda agar berhemat sehingga kebutuhan sehari-hari ini tidak mengganggu finansial. 

  • Manfaatkan promo 

Di zaman yang serba digital ini, kemudahan untuk menjalani hidup seakan datang kepada Anda. Bahkan untuk berbelanja saja Anda bisa melakukannya lewat aplikasi online, cukup dari rumah saja Anda bisa belanja tanpa perlu pergi ke pasar atau supermarket. 

Bila Anda adalah orang yang senang belanja online tetapi tetap ingin hidup hemat, maka Anda bisa memanfaatkan promo yang tersedia pada aplikasi tersebut. Gunakan fitur promo ini ketika Anda berbelanja online supaya Anda tetap memperoleh hal yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan tetap dengan harga yang murah. 

  • Mulailah hidup minimalis 

Anda telah telah terbiasa dengan skala prioritas akan kebutuhan dan keinginan, serta sudah pintar dalam memantau pengeluaran, maka untuk memulai hidup minimalis ini sangatlah mudah. Hal ini dilakukan demi hidup secara hemat sehingga kebutuhan tidak akan mengganggu keadaan keuangan Anda. 

Gaya hidup yang hanya mementingkan pemenuhan kebutuhan ini bisa membantu pola pikir Anda supaya lebih cerdas ketika berbelanja. Pola pikir cerdas dalam belanja adalah sebuah keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan memulai gaya hidup minimalis. 

  • Menabung 

Untuk Anda yang telah mengikuti beberapa langkah sebelumnya secara teliti dan cermat, tetapi masih merasa keadaan keuangan belum stabil, maka cobalah untuk menabung. Apabila Anda ingin menjalani cara hidup yang hemat di ibu kota, maka menabung adalah hal yang wajib dilakukan. 

Sebagai langkah awal, Anda tidak harus menabung dengan jumlah yang banyak seperti 30% sampai 50% dari penghasilan Anda. Mulailah dengan nominal yang cukup tetap dilakukan secara rutin dan konsisten. Dengan konsisten ini selanjutnya Anda akan tertarik untuk meningkatkan jumlah tabungan, supaya target finansial Anda bisa tercapai. 

Dengan menabung secara disiplin juga, Anda jadi paham pentingnya merealisasikan masa depan dengan lebih baik agar hidup nyaman dan aman. Khususnya untuk Anda yang tinggal di daerah ibu kota. 

Nah, itu tadi beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan tanpa harus mengganggu finansial. Semoga dengan membaca ulasan di atas bisa membantu Anda yang sedang mengelola keuangan.