Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Umum yang Perlu Diketahui

asuransi jiwa

Asuransi adalah perjanjian yang dibuat oleh kedua belah pihak antara nasabah dengan perusahaan asuransi. Dimana nanti nasabah akan mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi akan sebuah kejadian yang belum tentu akan terjadi. Jenis asuransi sendiri ada banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah asuransi jiwa dan asuransi umum. 

Kedua jenis asuransi tersebut seringkali dibilang sama, padahal secara garis besar terdapat perbedaan yang tentu saja harus ketahui. Apa perbedaan antara asuransi jiwa dan umum? Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasannya berikut ini. 

Perbedaan Asuransi Jiwa dan Umum 

Secara garis besar kedua asuransi ini sendiri akan memberikan banyak sekali manfaat yang sama. Dimana asuransi jiwa dan umum sama-sama memberikan ganti rugi terhadap sebuah kondisi atau kejadian yang sekiranya bisa terjadi. Tapi jelas antara asuransi jiwa dan asuransi umum sendiri mempunyai beberapa perbedaan yang sangat signifikan. Berikut ini adalah perbedaan antara keduanya: 

Asuransi Jiwa 

Untuk asuransi jiwa sendiri akan memiliki fokus terhadap perlindungan nasabah. Ketika nasabah meninggal yang disebabkan oleh kecelakaan atau karena kesehatan, maka pihak keluarga dalam hal ini ahli waris akan menerima dana dari perusahaan asuransi. Besaran dana yang akan diberikan pun tergantung dari skema tanggungan yang telah disepakati oleh nasabah. 

Ada tiga kelompok asuransi jiwa yang perlu Anda tahu, yaitu: 

1. Whole Life (Asuransi Seumur Hidup)

Asuransi jiwa yang satu ini memberikan asuransi jiwa hingga nasabah berumur 99 tahun. Adapun keunggulan yang bisa didapatkan dari jenis asuransi yang satu ini. Dimana nominal tunai akan terus bertambah meski masa pembayaran asuransi telah habis atau selesai. 

2. Term Life (Asuransi Berjangka)

Jenis asuransi yang satu ini sendiri tidak mempunyai besaran tunai maupun tenor tahunan. Hanya saja, dana premi dari asuransi berjangka ini sendiri tidak akan bisa diambil meski periodenya telah selesai. Tidak hanya itu saja, Term Life Insurance tidak mempunyai fitur tabungan, tidak seperti asuransi jiwa yang lain. 

Tapi ada beberapa keunggulan yang ada dalam asuransi jiwa berjangka ini. Pertama adalah premi yang sangat terjangkau, sehingga tidak memberatkan Anda. Kemudian dari dana pertanggungan yang akan dibayarkan pun terbilang besar, sama dengan jenis asuransi lainnya. 

Keuntungan terakhir adalah dari jangka waktu perlindungan yang bisa disesuaikan. Anda bisa menyesuaikan waktunya mulai dari 1 hingga 70 tahun. Namun, dalam menentukan jangka pembayaran ini pun harus diperhatikan dari umur ketika Anda mendaftar. Dimana tentu saja tidak bisa seenaknya mengingat tidak selamanya Anda bisa produktif. 

3. Endowment (Asuransi Dwiguna) 

Jenis asuransi yang satu ini sendiri akan memberikan manfaat dengan pembayaran dana tunai. Dimana pembayarannya sendiri akan ditetapkan berdasarkan perjanjian yang telah disepakati bersama. Contoh dari asuransi ini adalah asuransi pendidikan serta asuransi dana pensiun. 

Asuransi Umum 

Pada dasarnya asuransi umum memiliki manfaat dan fungsi yang sama dengan jenis asuransi jiwa. Hanya saja yang membedakan adalah bidang yang dilindungi lebih luas. Tidak hanya untuk ganti rugi akan kematian, tapi bisa juga penggantian dana untuk kerusakan. 

Selain itu, untuk asuransi umum juga tidak hanya menanggung kerugian dari yang hidup saja, tapi juga barang lain yang terlibat dan mempunyai nilai. Ada dua kategori yang masuk dalam asuransi umum, yaitu sebagai berikut: 

1. Asuransi laut dan udara 

Untuk asuransi yang satu ini sendiri akan memberikan jaminan terhadap resiko yang terjadi dalam transportasi darat serta laut. Contoh resikonya adalah seperti kecelakaan, dimana biasanya para penumpang telah membayarkan tiket perjalanan beserta dengan asuransi yang telah disediakan oleh maskapai atau kapal. 

2. Asuransi non laut dan udara 

Untuk asuransi yang satu ini sendiri sering kali kita jumpai. Contohnya adalah asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi bencana alam dan lain sebagainya. 

Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat 

Ketika sudah mengenal perbedaan antara asuransi jiwa dan umum, maka selanjutnya Anda juga harus tahu bagaimana cara memilih asuransi jiwa yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda ketahui: 

1. Cari tahu biaya pertanggungan 

Hal pertama kali yang harus Anda perhatikan adalah dari biaya pertanggungan yang harus Anda bayarkan. Penting sekali bagi Anda untuk menyesuaikan dengan pendapatan perbulan. Bila memang upah bisa menutupi biaya premi, maka tidak masalah 

2. Pilih jenis asuransi yang dibutuhkan 

Lalu, pilihlah jenis asuransi yang ingin Anda pakai. Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa asuransi jiwa terdiri dari 3 golongan. Anda bisa memilih salah satu, dimana tetap disesuaikan dengan kemampuan Anda dalam membayar.

Itulah penjelasan tentang perbedaan dari asuransi jiwa dan umum. Bisa dilihat bahwa keduanya masih sama-sama memberikan ganti rugi terhadap sebuah kondisi. Namun, tetap mempunyai aturan dan pembayaran yang berbeda.