Perkiraan Biaya Kuliah di Oxford University

biaya kuliah di Oxford University

Oxford University, mungkin kampus yang satu ini cukup akrab di telinga Anda. Oxford University adalah perguruan tinggi yang berada di Inggris. Di mana univesitas ini masuk sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada dunia. Tentu saja mengingat bahwa ini adalah kampus terbaik, maka tidak heran jika setiap tahunnya univeristas ini diincar siswa dari berbagai negara. Lalu berapa perkiraan biaya kuliah di Oxford University pada tahun 2021? Untuk mengetahui lebih lanjut simak terus artikel ini. 

Penjelasan Singkat Tentang Oxford University 

Sebelum mengetahui berapa biaya untuk bisa kuliah di Oxford University, maka ada baiknya Anda mengenal lebih jauh tentang universitas yang satu ini. Hingga saat ini sendir Oxford tercatat sebagai universitas berbahasa inggris paling tua di dunia. Di mana hingga sekarang tidak ada yang mengetahui kapan tepatnya universitas ini berdiri. 

Namun, ada beberapa catatan pengajaran pada tahun 1096. Di mana kemudian Oxford berkembang dengan sangat pesat pada tahun 1167, ketika Raja Henry II melarang seluruh siswa dari Inggris berkuliah di universitas yang ada di Perancis. 

Hingga saat ini, Oxford University memiliki 39 perguruan yang di dalamnya diisi oleh beberapa departemen akademik yang terbagi menjadi 4 kategori. Uniknya dari Oxford University ini adalah setiap perguruan yang tergabung adalah lembaga indepent. Sehingga struktur dan sistemnya pengajaran dan kemahasiswaan diatur oleh masing-masing lembaga tersebut. 

Alasan Kuliah Di Oxford University 

Sistem pengajaran yang dilakukan di Oxford juga terbilang sangat menarik, tidak hanya pengajaran pada umumnya. Di Oxford pengajaran akan dilakukan seperti menghadiri seminar pada aula, lalu juga ada praktek yang bisa dilakukan di laboratorium yang ada tergantung dari departemen studi apa yang diambil. 

Seluruh fasilitas dari Oxford University ini sendiri tersebar di beberapa kota, yang menjadikan kampus ini tidak mempunyai kampus utama untuk mahasiswanya. Lebih hebatnya lagi, Oxford mempunyai 100 lebih perpustakaan yang bisa digunakan oleh seluruh mahasiswa, di mana hal ini menjadikan Oxford pemilik perpustakaan terbesar di seluruh Inggris. Tidak hanya itu saja, mahasiswanya sendiri bisa lulus dari Oxford tanpa harus membeli buku. 

Program pascasarjana yang dimiliki oleh universitas ini sendiri juga terbilang sangat maju, di mana sangat mendukung seluruh siswa untuk melakukan penelitian dengan lebih nyaman karena suasana kampus yang memang sangat mendukung. 

kuliah di Oxford University

Namun, peraturan yang diberlakukan di Oxford bagi para siswanya adalah dilarang bekerja selama perkuliahan berlangsung. Apabila ingin bekerja biasanya akan tetap di wilayah kampus atau dengan ijin dari tutor masing-masing. 

Tidak hanya dari fasilitas belajar mengajar saja yang dikedepankan oleh Oxford, tapi juga layanan kesehatan. Setiap departemen sendiri memiliki dokter dan perawat berpengalaman, sehingga setiap siswa akan mendapatkan fasilitas kesehatan yang cukup mumpuni. Tidak heran jika Oxford sendiri mempunyai rumah sakit yang juga terkenal hingga seluruh dunia. 

Oxford University juga memberikan kesempatan untuk penyandang disabilitas untuk bergabung menjadi siswa di perguruan tinggi tersebut. Di mana nantinya siswa dapat mengambil departemen apapun yang telah ada di Oxford. 

Perkiraan Besaran Biaya Kuliah di Oxford University 

Lalu berapa besaran biaya yang diperlukan untuk menjadi siswa di Oxford University? Berikut ini adalah rinciannya: 

  • Untuk Warga Inggris dan Uni Eropa 

Bagi warga Inggris atau Uni Eropa sendiri dapat mengajukan pinjaman siswa. Di mana pinjaman ini sendiri akan memberikan kesempatan untuk siswa tidak membayar uang perkuliahan di awal semester. Siswa nantinya akan bisa membayar pinjaman ini bahkan setelah pendidikan di Oxford selesai. Di mana dalam setahun biaya yang dibutuhkan untuk siswa dari Inggris adalah sekitar 9.000 Pound atau sekitar $11.700. 

  • Untuk Warga Negara Asing 

Sedangkan untuk Warga Negara Asing, Oxford membagi biaya menjadi dua kategori yaitu Luar Negeri dan Kepulauan. Di mana untuk siswa yang masuk ke dalam dua kategori ini tidak bisa mendapatkan pinjaman yang diberikan oleh Inggris. Sehingga biaya yang diperlukan cukuplah tinggi untuk bisa berkuliah di Oxford. 

Untuk biaya kuliah per tahun di Oxford bagi siswa Luar Negeri adalah sekitar 15.000 pound atau sekitar $19.000 hingga 22.000 pound atau sekitar $29.000. Sedangkan untuk kategori kepulauan biaya kursus pertahunnya adalah sekitar 9.500 pound atau sekitar $13.000. 

Biaya tersebut saja belum termasuk dengan biaya tinggal, maka serta layanan kesehatan yang diperlukan. Di mana tentu saja apabila ditotal maka biaya yang diperlukan sendiri sangatlah besar. jadi, bagi Anda yang ingin berkuliah di kampus ini tentu saja harus bisa menyiapkan dana yang cukup. 

Itulah besaran biaya kuliah di Oxford University. Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia, sudah tidak heran jika biaya kuliah yang diterapkan sangatlah tinggi. Sama dengan universitas yang ada di manapun, Oxford juga memberikan beasiswa yang tentu saja standart kepenerimaannya sangatlah tinggi dan persaingannya cukuplah ketat.