Perkiraan Biaya Sekolah Kedinasan

biaya sekolah kedinasan

Bagi sebagain orang tua mengingkan buah hati mendapatkan pekerjaan yang layak di masa depan, maka tidak heran jika kebanyakan orang tua ingin anaknya mendaftar sekolah kedinasan. Sekolah kedinasan sendiri adalah sekolah dari pemerintah yang langsung bekerja sama dengan lembaga terkait. Lalu berapa besaran biaya sekolah kedinasan ini? Berikut ini adalah ulasannya. 

Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Beserta Biayanya 

Sekolah kedinasan sendiri adalah sekolah milik pemerintah yang bekerja sama dengan instansi terkait. Test yang diberikan pun berbeda dengan jenis PTN atau PTS yang ada di Indonesia lainnya, di mana seleksi yang diadakan sangatlah ketat. Lulusan dari sekolah kedinasan sendiri akan langsung bekerja dengan pemerintah. Berikut ini adalah beberapa sekolah kedinasan yang ada di Indonesia beserta biayanya: 

  • STAN (Sekolah Tinggi Akutansi Negara) 

Jika berbicara tentang sekolah kedinasan, maka STAN adalah salah satu yang paling favorite. Di mana lulusan terbaik dari SMA sederajat biasanya akan mencoba mengikuti seleksi dari sekolah kedinasan ini. STAN sendiri berada langsung di bawah Kementerian Keuangan, di mana ketika siswa lulus akan bekerja langsung di instansi yang berada di Kementerian Keuangan. 

STAN sendiri membuka beberapa program dari DI hingga DIV, di mana nantinya setiap lulusan akan langsung menjadi CPNS lalu diangkat menjadj PNS. Lalu berapa besaran biaya sekolah di STAN? Jawabannya adalah gratis. Ya, apabila Anda lolos menjadi siswa di STAN maka tidak aka nada pungutan biaya yang akan dikenakan. 

  • STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) 

Sekolah tinggi selanjutnya yang juga sering menjadi incaran para lulusan SMA jurusan IPA adalah STSN. Seperti namanya, sekolah ini berhubungan dengan persandian atau lebih dikenal dengan pemograman. Adapun beberapa jurusan yang ada di STNS ini, seperti Teknik Kripto, Rekayasa Perangkat Lunak, keamanan cyber dan lain sebagainya. 

sekolah kedinasan

Untuk lulusan dari STNS sendiri akan bekerja di bawah Badan Siber dan Sandi Negara. Di mana jika Anda diterima menjadi salah satu siswanya, maka tidak akan biaya yang dikenakan alias gratis. Lulusan dari STSN sendiri juga akan langsung bekerja menjadi CPNS lalu nantinya akan menjadi PNS. 

  • IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) 

Sekolah kedinasan yang juga favorite di masyarakat adalah IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Untuk IPDN sendiri berada di bawah naungan Departemen Dalam Negeri RI. Di mana siswa yang diterima hanyalah yang lulusan SMA atau MA. Jurusan yang disediakan di IPDN sendiri berhubungan dengan pemerintahan seperti, Politik Pemerintahan, Manajemen Pemerintahan, Manajemen Pembangunan dan lain sebagainya. 

Apabila siswa yang sudah lulus dari IPDN maka secara cepat akan bekerja di lembaga pemerintahan dengan tujuan melakuan pengelolaan. Biasanya para lulusan IPDN akan bekerja di departemen dalam negeri. Untuk biaya sekolah di IPDN sendiri juga gratis dan siswa akan tinggal di asrama yang mempunyai fasilitas lengkap. 

  • STIN (Sekolah Tinggi Intelejen Negara) 

Untuk sekolah kedinasan yang satu ini sendiri berada di bawah naungan Badan Intelejen Negara. Di mana nantinya setiap lulusan dari sekolah ini akan menjadi bagian dari intelejen negera demi menjaga keamanan dan stabilitas dalam negeri. STIN sendiri menerapkan sistem pendidikan yang semi militer. 

Di mana ada dua jurusan yang disediakan di STIN ini yaitu menjadi intelejen dan juga analis. Setelah lulus, maka siswanya akan bekerja langsung menjadi CPND di Badan Intelejen Negara. Untuk biayanya pun gratis bagi yang lolos seleksi, di mana ada asrama dengan fasilitas untuk seluruh mahasiswanya. 

  • Akpol 

Akademi Polisi juga adalah salah satu sekolah kedinasan yang termasuk favorite. Di mana setelah lulus dari akpol, maka siswa akan bekerja di Kepolisian Rebuplik Indonesia. Tujuan akpol sendiri adalah untuk menghasilkan para perwira polisi terbaik dan berkualitas demi menjaga keamanan dalam masyarakat dan negara. Akpol sendiri memberikan banyak fasilitas untuk siswanya, dimulai kepastian menjadi anggota Polri dan kenaikan pangkat yang lebih mudah hingga tingkat jendral.

Setiap lulusan dari Akpol sudah pasti akan secara otomatis menjadi anggota Polri dan untuk menjadi siswa di Akpol harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ada. Selain itu juga harus lolos seleksi ketat. Untuk biaya di Akpol sama dengan sekolah kedinasan sebelumnya, yaitu gratis. Nantinya seluruh siswa akan tinggal di asrama yang telah disediakan. 

Itu beberapa daftar dari sekolah kedinasan di Indonesia terfavorite serta biayanya. Seperti yang Anda lihat, bahwa sekolah kedinasan yang ada di Indonesia rata-rata memberikan pembebasan biaya pendidikan. Sehingga tidak heran jika banyak sekali siswa lulusan SMA dan sederajat berlomba-lomba ikut seleksi sekolah kedinasan ini. 

Walaupun biaya sekolah kedinasan rata-rata gratis, namun untuk sekolah kedinasan yang dibawah Kementerian Perhubungan, seperti sekolah penerbangan ataupun sekolah kelautan tetap akan dikenakan biaya pendidikan.