Perkiraan Modal Usaha Laundry dan Tips Menjalankannya

modal usaha laundry

Bisnis laundry pada saat ini sendiri menjadi salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan. Besarnya peluang yang ada membuat bisnis ini menarik sekali untuk dijalankan. Lalu berapa kira-kira modal usaha laundry yang dibutuhkan dan apa saja tips untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Simaklah ulasan tentang bisnis laundry dalam artikel ini. 

Modal Usaha Laundry yang perlu dipersiapkan 

Untuk memulai sebuah usaha sudah jelas sekali menbutuhkan modal. Di mana tentu saja Anda juga akan membutuhkan modal ini jika memang ingin menbuka usaha yang satu ini. Berikut ini adalah perkiraan modal yang Anda perlukan: 

  • Mesin cuci Rp. 1.500.000,- hingga Rp. 5.000.000,-
  • Alat setrika Rp. 150.000,- hingga Rp. 200.000,- 
  • Alas setrika, kabel dan terminal kontak Rp. 30.000,- hingga Rp. 50.000,- 
  • Timbangan digital Rp. 50.000,- hingga Rp. 150.000,- 
  • Deterjen serta pewangi Rp. 60.000,- hingga Rp.80.000,- 
  • Sikat untuk baju Rp. 5.000,- hingga Rp. 10.000,- 
  • Sprayer Rp. 15.000,- hingga Rp. 20.000,- 
  • Rak untuk meletakan baju bersih dari kayu Rp. 300.000,- hingga Rp. 400.000,- 
  • Rak besi Rp. 200.000,- hingga Rp. 300.000,-  
  • Ember sekitar 5 buah Rp. 2.000.000,- 
  • Gantungan baju serta jepitan baju Rp. 100.000,-
  • Alat catat seperti pulpen, nota, buku catatan, selotip dll Rp. 50.000,- 
  • Sewa tempat jika membutuhkan Rp. 2.000.000,- hingga Rp. 5.000.000,- 
  • Listrik per bulan sekitar Rp. 200.000,- hingga Rp. 300.000,- 

Itu adalah perkiraan modal yang Anda butuhkan ketika ingin membuka usaha laundry. Di mana untuk modal awal paling tidak Anda menyiapkan sekitar Rp. 10.000.000,- hingga Rp. 20.000.000,-. Tentu saja biaya tersebut bisa saja kurang apabila Anda menyewa tempat yang lebih mahal. 

Tips Memulai Bisnis Laundry 

Dalam menjalankan bisnis ini sendiri, maka ada perlu tahu bagaimana tips untuk memulai bisnis laundry ini. Karena dalam menjalankan bisnis, tentu harus memahami bagaimana cara untuk menjalankannya. Berikut ini adalah beberapa tips untu bisa bisnis laundry: 

  • Harga 

Tips pertama adalah dengan menentukan harga yang sesuai. Karena jasa laundry sendiri berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kisaran harga yang tepat. semisalnya jika Anda membuka laundry pakaian disekitaran kampus, maka sudah jelas harga yang dipatok tidak boleh terlalu mahal. 

modal usaha laundry

Namun, untuk beberapa jenis barang yang dilaundry yang membutuhkan perawatan yang berbeda, mungkin Anda bisa memberikan harga yang berbeda. Tapi tentu saja, harga murah tetap menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pelanggan. 

  • Pelayanan terbaik 

Selain dari harga, agar pelanggan tetap menggunakan jasa laundry Anda adalah dengan selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Karena pelanggan tidak akan mau menggunakan jasa laundry yang pelayanannya juga tidak baik atau hanya sekedarnya saja. Anda perlu menyediakan pelayanan yang akan memuaskan pelanggan, sehingga mereka akan selalu menggunakan jasa laundry Anda. 

  • Pemilihan lokasi 

Tips selanjutnya untuk memulai bisnis laundry ini adalah dari pemilihan lokasinya. Lokasi adalah salah satu faktor penting ketika Anda ingin membuka usaha, di mana sudah jelas lokasi ini akan menentukan keberhasilan Anda. Sangat disarankan memulih lokasi yang sekiranya dipenuhi dengan masyarakat yang sibuk. 

Semisalnya dekat dengan perkantoran ataupun kampus. Di mana kedua lokasi tersebut sering kali disarankan karena memang banyak orang yang membutuhkan jasa laundry. Hal ini sendiri karena kebanyakan dari mereka tidak mempunyai waktu untuk mencuci sendiri atau memang tidak mempunyai tempat untuk mencuci baju karena tinggal di kost-kostan. 

  • Promosi 

Agar bisnis laundry bisa terus berjalan, maka promosi adalah hal yang perlu Anda lakukan ketika baru saja memulai bisnis ini. Banyak sekali promosi yang bisa Anda lakukan seperti menggunakan media social untuk membuat banyak orang tahu akan jasa Anda. Atau bisa juga memberikan gratis laundry dengan minimal berat tertentu. Dengan adanya promosi ini sendiri akan menarik pelanggan lebih banyak dalam waktu yang cukup cepat. 

  • Jangan telat dari waktu 

Dalam bisnis laundry, ketepatan waktu adalah hal yang sangat penting. Di mana Anda harus bisa menyelesaikan laundry dari pelanggan dari waktu yang sudah ditentukan. Semisalnya seluruh cucian akan selesai dalam 3 hari, maka dalam 3 hari sudah harus selesai. Jika Anda bisa mempertahankan ketepatan waktu ini, maka bisnis yang dijalankan akan mendapatkan kepercayaan sehingga pelanggan akan terus kembali menggunakan jasa yang Anda sediakan. 

  • Kenali teknik laundry 

Dalam mencuci pakaian ada beberapa teknik yang perlu Anda ketahui, semisalnya dengan memisahkan warna. Pisahkan warna hitam, putih dan berwarna, di mana hal tersebut sangatlah penting agar tidak ada pakaian yang terkena lunturan dari pakaian lainnya. Hal ini sangatlah penting untuk Anda ketahui, karena mau bagaimana pun pakaian yang dicuci adalah milik pelanggan yang harus Anda jaga. 

Itu adalah penjelasan berapa perkiraan modal usaha laundry dan juga tips untuk memulainya. Semoga ulasan tentang bisnis laundry ini sendiri dapat menjadi patokan bagi Anda yang tertarik untuk menyediakan jasa laundry.