Pilihan Investasi yang Menguntungkan dan Minim Risiko

produk investasi yang menguntungkan

Investasi adalah cara mengakumulasikan kekayaan untuk menyiapkan masa depan yang tidak dapat dipastikan. Mulai dari membeli rumah, biaya pendidikan, dana pensiun dan sebagainya tentu membutuhkan investasi yang menguntungkan. Lalu, bagaimana cara melakukan kegiatan ini? Apa contoh investasi terbaik yang bisa dimulai dari sekarang?

Berikut telah kami hadirkan beberapa jenis investasi dengan return terbaik dan minim risiko berdasarkan pengalaman pribadi saat menggunakannya. Sebagai seorang karyawan, tentu kehidupan di masa depan tidak bisa dijamin dengan penghasilan tetap setiap bulan saja. Jika tidak segera menyimpan atau menyisihkan sebagian penghasilan tersebut, tidak mungkin di masa depan kehidupan Anda akan terjamin. Semua orang yang bekerja tentu akan menghadapi masa pensiun.

Bukan hanya itu saja, berbagai kebutuhan mendesak lainnya baik itu berjangka pendek atau menengah seperti biaya jalan-jalan, DP rumah, ataupun uang sekolah anak perlu dipersiapkan mulai dari sekarang. Dan, investasi adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan!

Investasi dimana? Berdasarkan pengalaman kami selama mempraktekkan perencanaan keuangan, ada beberapa jenis investasi terbaik dan minim risiko yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang. Tapi, sebelum kita masuk pada pembahasan tentang jenis-jenisnya, sebaiknya Anda ketahui dulu apa yang dimaksud dengan kegiatan ini.

Apa itu Investasi?         

Investasi merupakan sebuah kegiatan yang meningkatkan nilai aset yang dimiliki di masa depan dan bersumber dari return atau kenaikan nilai aset tersebut. Gol akhir dari kegiatan ini adalah untuk memperoleh penghasilan besar di masa depan. Ada banyak faktor yang membuat orang-orang tertarik melakukan investasi.

Seperti untuk kebutuhan dana pensiun, dana pendidikan, atau bahkan dana untuk hobi travelingnya. Namun sebelum Anda memilih jenis investasi, pastikan telah menentukan terlebih dahulu tujuan investasi Anda. Setelah menentukan tujuannya, Anda akan lebih mudah mencari kendaraan yang akan membantu Anda mewujudkannya.

Jadi, proses investasi itu bukan dipilih berdasarkan instrumen lalu tujuannya, justru sebaliknya. Di bawah ini akan kami bagikan beberapa contoh instrumen investasi yang bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Jenis-jenis Investasi Menguntungkan yang Minim Kerugian  

investasi yang menguntungkan

Beberapa jenis investasi menguntungkan berikut tidak hanya populer di kalangan masyarakat, tetapi juga menghasilkan return tinggi. Di antaranya ada:

  • Reksadana   

Investasi yang paling banyak dipilih oleh pemula adalah reksadana. Karena selain mudah dan murah, instrumen ini juga tidak memberikan risiko kerugian besar. Anda cukup memilih dan menempatkan dana saja, kemudian investasi tersebut akan dikelola sepenuhnya oleh Manajer Investasi. Proses investasi instrumen yang sudah mudah ini semakin mudah berkat kehadiran fintech (financial technology).

Berikut beberapa keunggulan reksadana:

  •       Minimal investasinya mulai dari Rp. 10 ribu, jumlah yang sangat terjangkau dan paling kecil dari instrumen lainnya.
  •       Akses investasinya terbuka lebar kepada siapa pun yang ingin mencoba, ditambah lagi sudah banyak aplikasi investasi yang bisa digunakan.
  •       Beberapa platform e-commerce seperti Bukalapak dan Tokopedia telah bekerjasama dengan pihak agen penjual investasi tersebut untuk menjangkau generasi milenial.

Sebelum menempatkan modal, Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti tujuan keuangan hingga manajer investasinya. Namun, Anda tidak perlu lagi khawatir karena saat ini ada teknologi yang mempermudah kegiatan ini.

  • Deposito     

Produk ini biasanya ditawarkan oleh bank kepada masyarakat yang ingin melakukan investasi. Deposito memiliki bunga lebih tinggi dari simpanan atau tabungan bank. Inilah keuntungan dari memasukan dana ke dalam instrumen investasi ini. Dengan perbedaan suku bunga yang signifikan, tentu Anda akan lebih diuntungkan saat menyimpan uang dalam bentuk ini daripada tabungan biasa.

Berikut beberapa keunggulan lainnya dari produk perbankan ini:

  •       Deposito aman dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Simpanan Anda akan tetap aman meskipun bank yang menjadi tempat investasi tersebut tutup atau bangkrut.
  •       Minim risiko karena tidak terpengaruh oleh pergerakan pasar. Sistem pengelolaan yang telah ditetapkan pihak perbankan juga tidak akan berubah secara mendadak.
  •       Keuntungan lain yang bisa didapat dari instrumen investasi ini adalah mendapat tambahan tetap dari bunga setiap tenornya. Tambahan bunga tersebut bisa kembali ke rekening Anda, dan meskipun ditarik juga tidak mengurangi jumlah investasi yang dilakukan.
  • Investasi Properti

Investasi paling terkenal di Indonesia dari dulu hingga sekarang adalah properti. Jenis ini dapat memberikan Anda banyak keuntungan, mulai dari harga jual properti yang semakin naik, maupun harga sewanya yang dapat memberi penghasilan rutin. Investasi properti paling awal adalah membeli rumah sendiri. Kenaikan nilai rumah sudah pasti akan terus melonjak akibat lahan yang semakin sempit.

Berikut keunggulan investasi properti:

  •       Hasil cenderung positif karena imbal hasilnya yang dapat menghasilkan keuntungan jangka panjang.
  •       Dapat dijadikan agunan atau jaminan saat Anda mengajukan pinjaman di bank.
  •       Mampu bertahan dari ancaman inflasi. Artinya, nilai investasi properti tidak akan turun seperti nilai mata uang yang terus tergerus inflasi.

Itulah beberapa pilihan investasi yang menguntungkan dan minim risiko. Adakah salah satunya yang menarik minat Anda?