Pilihan Pinjaman Bank BRI, Mulai dari KTA sampai Pinjaman Usaha

KTA BRI

Pemerintah bekerja sama dengan beberapa bank di Indonesia untuk bisa memberikan pendanaan untuk masyarakat, salah satunya adalah Bank BRI. Di mana bank milik pemerintah ini sendiri mempunyai beberapa jenis pinjaman yang bisa dipilih. Pinjaman Bank BRI sendiri adalah salah satu yang paling banyak dicari karena memang memiliki kelebihan masing-masing. 

Produk pinjaman yang diberikan sendiri dimulai dari pinjaman usaha hingga KTA BRI yang dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan. Tentu saja, syarat dan juga masa jangka waktu pembayaran berbeda-beda karena setiap pinjaman memiliki tujuan yang berbeda pula. 

Pilihan Pinjaman Bank BRI 

bunga kta bri

Bank BRI memiliki beberapa pilihan pinjaman yang bisa dipilih oleh masyarakat, di mana setiap pinjaman sendiri memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah pilihan pinjaman BRI yang perlu Anda ketahui: 

  • KPR Subsidi dan KPR BRI 

Jenis pinjaman pertama yang disediakan oleh Bank BRI adalah KPR BRI dan KPR Subsidi BRI. Jenis pinjaman yang satu ini sendiri memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat memilih properti yang diinginkan. Dimana jenis properti yang dapat dibeli bisa yang masih baru ataupun bekas dengan jangka waktu pembayaran maksimal 20 tahun.

KPR BRI sendiri memiliki syarat bagi Anda yang memiliki pendapatan 4 juta dalam sebulan dengan usia minimal 21 tahun dan memiliki tabungan Britama. Sedangkan untuk KPR Subsidi yang dikhususkan bagi masyarakat yang memiliki pendapatan di bawah 4 juta. Untuk masa tenor juga maksimal 20 tahun, hanya saja rumah yang bisa dibeli yang sudah bekerjasama dengan BRI. 

  • Briguna Karya 

Untuk pinjaman yang satu ini sendiri adalah jenis KTA BRI atau pinjaman tanpa jaminan. Ya, jika Anda ingin mengajukan pinjaman ini, Anda tidak perlu memberikan jaminan apapun. Tapi perlu diingat, bahwa ketika Anda ingin mengajukan pinjaman, profesi yang dilakukan adalah seorang pegawai atau karyawan yang bergaji tetap. 

Nantinya masa tenor pinjaman sendiri bisa mencapai 15 tahun dan syarat peminjaman pun harus disertai dengan identitas diri, surat rekomendasi dari atasan, SK pengangkatan, buku rekening, slip gaji dan juga pas foto. 

  • Briguna Purna 

Jenis pinjaman KTA BRI yang dikhususkan untuk pensiunan, di mana jumlahnya sendiri terbilang besar. Hanya saja untuk mengajukan pinjaman yang satu ini, tidak semua pensiunan bisa mendapatkannya, karena masa tenor adalah 15 tahun dan pada saat mengajukannya sendiri umur pada saat jatuh tempo adalah 75 tahun. 

Untuk pengajuannya sendiri Anda harus melengkapi dokumen seperti data diri, SK pensiun, SK pengangkatan jabatan dan daftar pembayaran pensiun. Nantinya pihak BRI akan melakukan pengecekan, di mana tentu saja ada beberapa syarat yang paling utama adalah dari segi umur yang harus sesuai dengan peraturan. 

  • Briguna Pendidikan 

Untuk pinjaman yang satu ini sendiri adalah jenis pinjaman yang dikhususkan bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi seperti S2 atay S3. Jumlah dana yang diberikan sendiri bisa bergantung pada UKT yang dibayarkan, di mana maksimal dana yang boleh diambil adalah 250 juta rupiah. Untuk masa tenor sendiri, bagi yang S2 adalah 6 tahun dan untuk S3 maksimal adalah 10 tahun. 

  • Briguna Umum 

Pinjaman BRI lainnya yang juga masuk KTA adala Briguna Umum. Untuk pinjaman yang satu ini dibuka untuk umum, tidak hanya pegawai atau pensiunan saja yang bisa mengajukannya. Secara garis besar, pinjaman Briguna Umum sama dengan dua produk Briguna lainnya, di mana tentu saja Anda harus memenuhi syarat yang telah diwajibkan. 

  • KKB BRI Referencing

Jika Anda ingin meminjam dana dengan jumlah yang tidak terlalu besar dengan jaminan kendaraan bermotor, dapat memilih produk pinjaman yang satu ini. Untuk jenis pinjaman yang satu ini, Anda bisa mengajukan dengan jaminan BPKB dan juga copy STNK. 

Di mana nantinya Anda akan menerima dana yang sebanding dengan jaminannya. Tapi perlu diperhatikan, bahwa Bank BRI hanya menerima BPKB yang pajaknya masih berlaku dan kendaraan yang digadaikan masih tipe yang baru.

  • KUR BRI 

Jenis pinjaman yang paling populer di kalangan UMKM adalah KUR BRI. Jumlah dana yang diberikan sekitar 25 juta rupiah hingga 500 juta, dengan masa tenor minimal 6 bulan. Bunga pertahunnya pun rendah yaitu 9%, di mana angka ini sangatlah rendah sehingga tidak memberatkan peminjam. Syaratnya sendiri selain data diri adalah surat izin usaha agar pinjaman dapat berjalan dengan lancar. 

Itulah jenis pinjaman Bank BRI yang bisa Anda pilih, di mana pinjaman-pinjaman tersebut memang memiliki tujuan berbeda-beda. Pinjaman ini sendiri bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan Anda yang sesuai dengan jenis-jenis produk yang ada. Tentu saja ini, akan sangat membantu masyarakat untuk kebutuhan pendanaan.