Pilihan Tabungan Anak dari Bank Mandiri dan Simulasi Hitungnya

tabungan anak

Bukan rahasia lagi, saat ini biaya pendidikan anak bisa dibilang cukup tinggi. Oleh karena itu, disarankan bagi Anda untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak sejak dini. Caranya dengan membuat tabungan anak. Salah satu tabungan anak yang direkomendasikan adalah tabungan anak dari Bank Mandiri.

Perlu diketahui, Bank Mandiri menyediakan tabungan anak. Tabngan tersebut memang dibuat khusus untuk biaya pendidikan anak. Jadi, Anda dapat merencanakan biaya pendidikan anak sejak dini. Apa saja tabungan anak dari Bank Mandiri? Dan bagaimana simulasi perhitungannya? Berikut akan disajikan informasi tabungan anak dari Bank Mandiri dan simulasi perhitungannya.

Beberapa Jenis Tabungan Anak dari Bank Mandiri

Sebagai salah satu bank milik negara, Bank Mandiri selalu memberikan pelayanan terbaiknya. Salah satu layanan terbaik Bank Mandiri untuk masa depan pendidikan anak Anda adalah tabungan anak. Perlu diketahui, ada 2 jenis tabungan anak dari Bank Mandiri.

Adapun kedua jenis tabungan anak dari Bank Mandiri adalah sebagai berikut.

1. Tabungan Simpanan Pelajar Bank Mandiri

Bagi Anda yang ingin mendidik anak Anda supaya genar menabung, tabungan anak yang satu ini cocok sekali, yaitu tabungan simpanan pelajar atau disingkat SIMPEL. Tabungan yang satu ini khusus untuk pelajar, dari siswa TK sampai dengan SMA. 

Jadi, anak Anda dapat memiliki tabungannya sendiri atas nama anak. Bagaimana cara memiliki SIMPEL? Simak penjelasan berikut ini. Namun, sebelumnya simak terlebih dahulu syarat-syarat membuka rekening SIMPEL.

  • Syarat-syarat Membuka Rekening SIMPEL Mandiri

Syarat-syarat membuka rekening SIMPEL Mandiri adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan, anak Anda memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) atau dapat juga ditunjukkan dengan Kartu Pelajar.
  2. Kartu Identitas Anak yang bisa ditunjukkan dengan akte kelahiran.
  3. Kartu Keluarga (KK).
  4. KTP orangtua.
  5. Surat persetujuan dari orangtua. Selain itu, Anda juga bisa memberikan surat kuasa jika pembukaan dilakukan secara kolektif di sekolah.
  • Cara Membuka SIMPEL Mandiri

Tata cara membuka SIMPEL Mandiri ini cukup mudah, yaitu dengan datang ke kantor cabang Bank Mandiri di wilayah Anda berdomisili. Pastikan, Anda sudah mempersiapkan persyaratan pembukaan rekening SIMPEL.

Di kantor cabang Bank Mandiri, akan diberikan edukasi tentang SIMPEL Mandiri oleh customer service. Kemudian, Anda akan dipandu untuk mengisi formulir pembukaan rekening. Nah, bagaimana menurut Anda, mudah bukan membuka rekeneing SIMPEL?

2. Tabungan Rencana Mandiri

Selain SIMPEL Mandiri, ada juga tabungan anak lainnya, yaitu tabungan rencana Mandiri. Tabungan ini merupakan salah satu jenis tabungan berjangka. Adapun setoran awal untuk Tabungan Rencana Mandiri ini adalah Rp100.000,00 dalam jangka waktu selama 1 tahun sampai 20 tahun.

Bisa dibilang, Tabungan Rencana Mandiri ini cocok untuk masa depan pendidikan anak And. Itu karena bunga yang ditawarkan melebihi bunga dari tabungan biasa. Adapun syarat dan tata cara membuka rekening Tabungan Rencana Mandiri adalah sebagai berikut.

  • Syarat Membuka Rekening Tabungan Rencana Mandiri

Pada dasarnya, syarat-syarat untuk membuka rekening Tabungan Rencana Mandiri ini sama dengan membuka tabungan lainnya. Adapun syaratnya adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki rekening tabungan lainnya di Bank Mandiri.
  2. Sudah berusia 18 hingga 69 tahun.
  3. Mengisi formulir pembukaan Tabungan Rencana Mandiri yang dilengkapi dengan surat kuasa pendebetan dan surat pernyataan sehat.
  • Cara Membuka Rekening Tabungan Rencana Mandiri

Selain membuka rekening Tabungan Rencana Mandiri secara offline dengan datang langsung ke kantor cabang Bank Mandiri, pembukan tabungan ini juga dapat dilakukan secara online. Adapun cara membuka Tabungan Rencana Mandiri secara onlinei adalah sebagai berikut.

  1. Login di Liin by Mandiri.
  2. Kemudian, pilih menu Pembukaan Rekening Baru. Pilihlah menu Mandiri Tabungan Rencana.
  3. Selanjutnya, klik menu Buka Rekening. Isi kolom pada menu tersebut secara lengkap sesuai dengan kebutuhan Anda. 
  4. Tahap berikutnya adalah konfirmasi transaksi. Konfirmasi pembukaan rekening Tabungan Rencana Mandiri jika Anda sudah memahami syarat dan ketentuan yang berlaku.
  5. Kemudian masukkan MPIN dan selesai. Tabungan Rencana Mandiri untuk tabungan anak Anda selesai dibuka.

Simulasi Perhitungan Tabungan Anak dari Bank Mandiri

Tentunya, sebelum membuka rekening tabungan anak untuk pendidikan, Anda ingin memperhitungkannya terlebih dahulu. Hal tersebut supaya Anda dapat mempersiapkan dana. Perlu diingat, Tabungan Rencana Mandiri ini tidak dilakukan setoran langsung melainkan pendebetan automatis dari rekening utama Anda.

Artinya, saldo di rekening utama Anda harus mencukupi untuk pendebetan automatis. Adapun simulasi perhitungan tabungan anak dari Bank Mandiri adalah sebagai berikut.

  1. Jika saldo awal ditetapkan sebesar Rp12.000.000,00.
  2. Maka nilai akhir tabungan yang akan dicapai adalah Rp120.000.000,00.
  3. Nilai akhir tersebut menggunakan estimasi persentase bunga tahunan 6% dengan lama menabung 36 bulan atau 3 tahun.

Berdasarkan simulasi perhitungan tersebut, perkiraan tambahan Tabungan Rencana untuk anak Anda setiap bulannya sebesar Rp2.685.569,00. Nilai tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan bunga bank.

Itulah pilihan tabungan anak dari Bank Mandiri dan simulasi perhitungannya yang perlu Anda ketahui. Perlu diingat, simulasi perhitungan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan rata-rata bunga yang ditetapkan oleh bank. Semoga informasi ini bermanfaat dan masa depan pendidikan anak Anda menjadi terencana.