Pilihan Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan

usaha modal kecil

Berbicara mengenai usaha modal kecil yang menjanjikan di tahun 2021, tentu ada banyak sekali. Kini, memiliki usaha sendiri adalah impian banyak orang. Mulai dari mereka yang belum bekerja hingga orang-orang yang sudah mendapat pekerjaan tetap ingin membuka usahanya sendiri. Menjalankan usaha sampingan memang tampak menarik, karena selain menjadi sumber penghasilan tambahan juga bisa mendatangkan keuntungan besar apabila dijalankan secara konsisten.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mewujudkan impian tersebut. Banyak sekali faktor yang menyebabkan mereka ragu untuk mencoba, mulai dari masalah modal, pengalaman, bahkan jenis usaha saja masih bingung. Inilah yang membuat mereka mundur, orang-orang tersebut merasa tidak yakin dapat menjalankan bisnisnya dengan serius.

Apakah Anda juga berpikir seperti itu ketika ingin memulai usaha? Semakin banyak keraguan yang tertanam di benak Anda, maka semakin lama pula impian bisa terwujud.  Padahal, Anda bisa menemukan banyak peluang usaha menjanjikan dan bahkan ada yang tanpa modal sepeserpun jika benar-benar serius.

Bagi Anda yang memiliki keterbatasan tempat, bisa mencoba menjalankan bisnis dari rumah. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi masa kini, ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan. Peluang usaha menjadi lebih luas, dan Anda bisa mendapat keuntungan yang menggiurkan darinya. Berikut ini beberapa pilihan usaha yang tidak memerlukan banyak modal namun menjanjikan keuntungan. Silahkan diperhatikan.

contoh usaha modal kecil

Dropshipper    

Dropshipper menjadi peluang bisnis baru yang menjanjikan saat dunia e-commerce semakin berkembang pesat. Bisnis online ini tidak mengharuskan Anda menyimpan atau menyetok produk jualan. Seorang dropshipper hanya akan berperan sebagai perantara antara produsen dan pembeli. Dengan kata lain, saat mendapatkan order Anda hanya perlu meneruskannya ke pihak produsen untuk melakukan pengiriman barang ke pembeli.

Modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang dropshipper hanyalah koneksi internet, smartphone, atau laptop. Hal lain yang dibutuhkan dalam usaha tanpa modal ini adalah kemampuan menjual. Untuk menjamin kesuksesan bisnis ini, silahkan temukan supplier atau e-commerce terpercaya yang bisa diajak bekerja sama.

Catering Harian              

Bisnis catering harian cocok dengan orang yang jago masak. Peluang bisnis ini muncul ketika aktivitas masyarakat semakin padat. Kesibukan sehari-hari membuat pola hidup pun berubah. Banyak orang jadi jarang memasak untuk makanan sendiri dan memilih berlangganan catering karena dianggap paling praktis.

Jika tertarik mencobanya, Anda bisa mengkreasikan masakan lezat dan suguhkan semenarik mungkin ke pembeli. Anda juga bisa memilih menu-menu sehat untuk pembeli yang sedang menjalankan diet. Bisnis kuliner memang memiliki peluang besar untuk maju, asalkan para pelakunya mampu memberikan pelayanan dan kualitas terbaik kepada pelanggan.

Jual Pulsa dan Paket Internet 

Hampir setiap orang sudah memiliki handphone. Artinya mereka akan membutuhkan paket internet dan pulsa untuk dapat berkomunikasi. Usaha ini bisa dimulai dengan modal kecil saja. Caranya juga mudah, cukup pasang etalase kecil dan spanduk di depan rumah. Para pelanggan yang membutuhkan pulsa dan paket internet akan membeli ketika melihatnya. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menjual aksesoris handphone.

Reseller              

Sistem kerja reseller hampir mirip dengan usaha tanpa modal yang populer di Indonesia, yaitu dropshipper. Bedanya jika dropshipper tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu, maka reseller harus membeli barang supplier sebelum menjualnya kembali ke konsumen. Tugas dari seorang reseller adalah mencari produk bagus dan potensial, menemukan supplier terpercaya memasarkan dan menjual produk, hingga melayani konsumen dengan baik.

Usaha tanpa modal atau modal kecil ini cukup mudah dilakukan. Anda bisa memanfaatkan sosial media yang banyak digunakan masyarakat untuk memasarkan produk jualan.

Jasa Buat Hampers/ Bingkisan

Jika Anda senang dengan melakukan pekerjaan tangan, maka peluang usaha hampers patut dicoba. Bisnis ini biasanya ramai ketika menjelang hari-hari besar, misalnya lebaran dan hari natal. Selain itu, hampers juga banyak dibutuhkan di beberapa event. Sebut saja anniversary, ulang tahun, kelahiran bayi, baby shower, lamaran, bahkan pernikahan. Bentuk dan isinya juga beragam, bisa dikustomisasi sesuai pesanan konsumen. Anda cukup mengkreasikan dekorasinya saja untuk mendapatkan hampers yang menarik.

Frozen Food     

Makanan beku sudah lama menjadi favorit masyarakat kita. Rasanya yang lezat dan variannya yang banyak membuat orang-orang suka dengan makanan yang praktis disajikan ini. Beberapa tahun belakangan usaha frozen food banyak dilirik karena pasarnya yang terus meningkat. Anda bisa menjual berbagai jenis makanan beku seperti sosis, nugget, dan olahan lainnya secara online dan offline. Tentunya Anda harus menyediakan peralatan yang memadai untuk menjaga makanan tersebut awet dan tidak rusak.

Pilihlah produk frozen food yang tidak mengandung pengawet, MSG, atau bahan lainnya yang tidak sehat. Dengan demikian, konsumen akan lebih tertarik membeli produk yang dijual.

Tidak perlu bingung memulai usaha modal kecil, karena ada banyak sekali referensi yang bisa digunakan dalam membantu kesuksesan bisnis Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir.