Pinjam Uang di Bank untuk Beli Motor

pinjam uang di bank

Biasanya masyarakat memiliki 2 pilihan terkait cara membeli motor yang mereka inginkan, yaitu membayar secara cash atau mengambil kredit melalui leasing. Pembelian secara tunai sepertinya sudah tidak perlu lagi dijelaskan sebab langkah yang dilakukan sangat mudah, dimana Anda bisa langsung mengunjungi dealer terdekat lalu membayar lunas motor yang Anda ingin beli.

Sementara pembelian motor melalui metode kredit memang terdapat beberapa poin yang harus diketahui. Namun biasanya pihak leasing akan sedang hati untuk membantu menyelesaikan semua proses yang ada.

Terlepas dari dua cara diatas, sebetulnya masih ada opsi lain yang dapat diambil, yakni meminjam uang di bank untuk membeli motor. Nah, pasti Anda penasaran terkait caranya. Maka dari itu simak semua penjelasannya pada artikel ini sampai habis.

Pinjaman Uang di Bank untuk Membeli Motor

Transaksi pinjam meminjam sejumlah dana bukanlah hal baru, apalagi orang-orang sekarang semakin banyak terfasilitasi oleh berbagai tawaran pinjol. Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar KTA atau Kredit Tanpa Agunan?

Untuk masyarakat yang awam, Kredit Tanpa Agunan yang merupakan pinjaman tanpa memberikan jaminan adalah salah satu produk perbankan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat agar dapat memenuhi kebutuhan finansialnya.

Sebenarnya layanan tersebut memungkinkan Anda untuk bisa memperoleh pinjaman dari bank, setelah itu memakai dananya untuk beberapa keperluan pribadi. Seperti berlibur, membayar pendidikan, memenuhi keperluan mendadak dan lain sebagainya.

Dengan kegunaannya yang lumayan luas, tidak menutup kemungkinan digunakan untuk membeli motor yang diinginkan. Jumlah uang yang dapat diperoleh cukup bervariasi, dan bahkan bank dapat memberi pinjaman tanpa agunan hingga 200 juta lebih.

Hingga tahap ini meminjam uang ke bank untuk membeli motor melalui produk KTA terdengar sangat menggiurkan. Namun sebelum dibahas lebih lanjut, harus diingat bahwa sekarang ini sudah banyak oknum yang tidak bertanggung jawab dan berani menawarkan produk KTA. Umumnya di iming-imingi oleh besaran bunga yang ringan dan cepat cair.

Hindari penipuan, dan disarankan untuk Anda menggunakan layanan atau produk KTA dari bank resmi dan reputasinya telah diakui.

Sebenarnya layanan KTA ini hanya dapat diberikan oleh pihak bank, terlepas dari proses yang dapat dilakukan melalui online.

Terlepas dari hal tersebut masyarakat juga perlu tahu bedanya KTA dan pinjaman online. Disamping itu, pinjaman online cenderung lebih banyak ditawarkan oleh pihak fintech. Keduanya memiliki kemiripan dari segi sama-sama tidak memerlukan yang namanya jaminan.

Persyaratan Mengajukan Pinjaman

Meminjam uang bank untuk membeli motor menggunakan produk KTA tentunya ada tahap yang wajib dilewati. Seperti melakukan pengajuan pinjaman. Pada ulasan ini akan di beberkan beberapa persyaratan yang diberlakukan oleh perusahan bank secara umum. Terlihat sedikit perbedaan dari setiap bank satu dan lainnya.

Misalnya harus mempunyai kartu kredit bank terkait. Apabila tidak, calon peminjam wajib mempunyai rekening payroll. Berikut ini contoh persyaratan pengajuan pinjaman bank, antara lain:

Syarat pinjaman di Bank BNI

  1.       Peminjam merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  2.       Peminjam adalah pegawai setara dengan pegawai tetap
  3.       Batas usia 21 hingga 65 tahun dibuktikan lewat Surat Keputusan Instansi
  4.       Mempunyai pembayaran payroll di Bank BNI
  5.       Harus melengkapi formulir serta dokumen yang sudah ditetapkan

Persyaratan dokumennya, antara lain:

  •         Fotokopi KTP calon debitur
  •         Fotokopi NPWP pribadi
  •         Melampirkan Slip gaji asli
  •         Melampirkan Rekening koran dan tidak diperlukan bila mempunyai rekening payroll Bank BNI
  •         Surat Keterangan Masa Kerja
  •         Pas foto 4×6 paling baru

Dilihat dari daftar persyaratan di atas terlihat bank BNI tidak mewajibkan calon peminjam untuk mempunyai kartu kredit BNI. Akan tetapi diharuskan mempunyai rekening payroll. Lewat situs website resmi mereka, plafon pinjam tersebut dapat menyentuh angka 500 juta dan dengan jangka waktu sampai 15 tahun.

Syarat Pinjaman di Bank Central Asia (BCA)

  1.       WNI yang bertempat tinggal di Jabodetabek, Palembang, Makassar, Batam, Bali, Medan, Jogja-Solo, Surabaya, Bandung Semarang, , dan Jabodetabek
  2.       Untuk Pemegang kartu BCA wiraswasta, Karyawan tetap atau profesional minimal dengan masa kerjanya 2 tahun
  3.       Minimal pendapatan 2.5 juta per bulan khusus wilayah Jabodetabek, Bandung, Medan, Batam dan Surabaya,
  4.       Minimal penghasilan sebesar 2 juta untuk daerah lain
  5.       Usia kisaran 21 sampai 55 tahun ketika lunas

Beberapa Syarat Dokumen, antara lain:

  •         Fotokopi KTP
  •         Melampirkan Slip gaji terakhir
  •         Melengkapi formulir aplikasi
  •         Rekening koran untuk 3 bulan terakhir
  •         NPWP khusus jumlah pinjaman lebih dari 50 juta
  •         Fotokopi kartu kredit dari sisi depan dan juga belakang

Sudah dapat dilihat, BCA mewajibkan calon peminjam untuk mempunyai kartu kredit saat akan mengambil fasilitas KTA. Untuk plafon pinjamannya menyentuh angka 100 juta dan jangka waktu sampai 36 bulan. Besaran bunga pinjaman di BCA antara 1 hingga 1.07 persen perbulannya.