Profesi untuk Lulusan Perencanaan Wilayah dan Kota

lulusan tata kota

Pasti banyak orang yang masih tidak familiar pada jurusan ini dan karena hal tersebut banyak yang mengira bila peluang kerjanya tidak banyak, padahal sebenarnya prospek kerja dari jurusan ini cukup luas. Bahkan terbuka sangat lebar bagi para lulusannya, baik pada sektor swasta maupun pemerintahan.

Profesi dan peluang kerja bagi lulusan perencanaan kota dan wilayah

Berikut ini merupakan daftar profesi bagi Anda lulusan dari jurusan perencanaan kota dan wilayah :

Perencana kota dan wilayah

Profesi pertama tentunya adalah pada sektor yang sesuai dengan jurusan Anda, yaitu perencana kota dan wilayah yang ada di tempat tinggal Anda. Dimana pada kesehariannya, Anda akan banyak melakukan berbagai survei, penelitian dan kunjungan di suatu wilayah ke area lainnya guna menyusun perencanaan atau layout.

Nantinya Anda akan bekerja dalam tim supaya dapat memenuhi kebutuhan dari klien yang biasanya berasal dari lembaga swasta, masyarakat, pemerintah dan developer. Mengerjakan proyek-proyek, seperti rumah, ruko, apartemen dan bangunan lainnya akan menjadi pekerjaan Anda.

Konsultan

Kebanyakan lulusan dari jurusan ini memiliki kesempatan untuk menjadi konsultan, namun yang pasti bukan konsultan keuangan melainkan sebagai konsultan arsitektur atau properti.

Dimana tugas Anda nantinya adalah memberikan gambaran, arahan maupun ide tentang desain sebuah bangunan secara lengkap beserta estimasi biayanya sesuai kebutuhan dan keperluan untuk pembangunan hingga selesai.

Sekretariat Internasional

Ini profesi paling menggiurkan, karena bisa mendapatkan posisi pada salah satu instansi yang bergerak pada kancah internasional, misalnya sebagai sekretariat.

Untuk tugas serta tanggung jawab Anda tidaklah terlalu jauh dan pasti berkaitan dengan pembangunan. Namun, dengan ruang lingkup lebih besar. Apabila Anda nantinya ditempatkan pada area Jakarta.

Maka Anda akan lebih fokus dalam pembangunan di ibukota. Begitu juga bila Anda ditempatkan pada negara lain. Untuk di Indonesia, profesi ini memiliki gaji yang cukup besar yaitu sekitar Rp 20.000.000 tiap bulannya.

Pengembang properti

Selanjutnya, yaitu pengembangan properti. Dimana memiliki tugas untuk mencari tanah atau lahan kosong guna mendirikan bangunan atau properti yang berkaitan dengan kepentingan komersial. Misalnya seperti ruko, gedung perkantoran, perumahan hingga pusat perbelanjaan.

Peran sebagai pengembang juga sangat dibutuhkan ketika akan menjual salah satu properti yang sudah dibangun. Anda harus dapat menjelaskan mengenai keunggulan dari bangunan tersebut agar masyarakat serta pebisnis tertarik membelinya.

Bila bertanya tentang gaji, karena sebagai pengembang properti Anda pasti akan bekerja pada developer. Apabila bisa mendapatkan wadah yang tepat setiap bulannya Anda bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 10.000.000,-

LSM

Anda juga dapat bekerja sebagai karyawan LSM. Di sini Anda akan bertanggung jawab untuk menampung aspirasi dari rakyat yang berhubungan dengan pembangunan pada daerah tertentu. Umumnya adalah kawasan yang kurang diperhatikan oleh pihak pemerintah.

Selain itu, Anda juga memegang tanggung jawab dalam memproses serta mengelola seluruh aspirasi yang telah masuk. Dengan demikian, maka pembangunan pada suatu daerah akan menjadi rata seperti di perkotaan.

Dengan begitu, masyarakat dapat menikmati adanya sarana juga prasarana yang disediakan oleh pemerintah di daerah mereka. Untuk gaji, jumlahnya lumayan besar. Bila sudah berpengalaman, Rp 10.000.000 bisa Anda kantongi.

PNS

Untuk Anda yang memiliki keinginan menjadi seorang PNS, Anda jangan khawatir karena jurusan Anda tersebut merupakan bidang yang selalu masuk dalam daftar. Apabila berhasil lolos Anda bisa bekerja di instansi kementerian. Berikut beberapa lembaga pemerintah yang mungkin akan menjadi tempat kerja Anda, BPPT, Perhubungan, LHK dan PUPR.

Namun, tentu saja tidak mudah. Karena saingannya pasti banyak sekali, sebab memang orang yang menginginkan profesi ini. Bila berbicara tentang gaji, walau tidak besar tetapi tunjangannya cukup besar, bahkan bisa lebih besar dari gaji pokok.

Dosen

Tidak akan lengkap rasanya bila tidak memasukkan pekerjaan atau profesi ini pada daftar. Karena sebagai salah satu tenaga pengajar, Anda dapat memberikan pelajaran mengenai banyak hal mengenai perencanaan pembangunan pada mahasiswa.

Tentu saja bidang ilmu yang diajarkan sama seperti yang pernah Anda pelajari ketika berkuliah. Apabila Anda tertarik untuk menjadi seorang dosen, tentunya harus memiliki jiwa mengajar serta kesabaran yang tinggi.

Karena ada kemungkinan mahasiswa yang Anda didik tidak langsung memahami tentang apa yang Anda jelaskan ketika jam pelajaran. Menjadi dosen juga mengharuskan Anda untuk selalu belajar dan jangan sampai Anda kalah dengan mahasiswanya.

Demikianlah informasi mengenai beberapa profesi bagi Anda yang baru lulus dari jurusan perencanaan kota dan wilayah. Selalu bekali diri Anda dengan berbagai ilmu mengenai profesi yang Anda inginkan, karena dengan begitu Anda akan lebih siap untuk memasuki dunia kerja profesional.