Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan

prospek kerja Ekonomi Pembangunan

Bagi para lulusan SMA sederajat dan ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, pasti bingung ingin memilih jurusan yang cocok. Banyak sekali fakultas yang ada di universitas, salah satunya adalah Fakultas Ekonomi. Di dalam fakultas ini masih terbagi menjadi beberapa jurusan, salah satunya adalah Ekonomi Pembangunan. Masih banyak yang tidak tahu akan jurusan ini, padahal prospek kerja Ekonomi Pembangunan sangatlah luas. Apa saja prospek kerjanya? Simak terus ulasannya di bawah ini.

Apa itu Jurusan Ekonomi Pembangunan?

Sebelum mengetahui apa saja prospek kerja bagi lulusan Ekonomi Pembangunan, lebih baik memahami lebih jauh tentang jurusan ini. Ekonomi Pembangunan adalah ilmu yang mempelajari tentang pembangunan pada bidang ekonomi dari negara-negara yang masuk dalam kategori negara berkembang. Fokus pelajaran pun tentang pembangunan pada sebuah negara.

Tujuan dari adanya ilmu ini adalah untuk meneliti faktor-faktor yang menyebabkan ketertinggalan proses pembangunan di negara berkembang. Dengan adanya penelitian ini, maka nantinya akan dicarikan sebuah solusi yang paling efektif agar program pembangunan dapat berjalan tanpa adanya hambatan. Sehingga nantinya, kemajuan pun dapat tercapai di negara berkembang tersebut.

Dari penjelasan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ilmu Ekonomi Pembangunan mempelajari tentang pembangunan dalam negara berkembang dan akan melakukan penelitian lebih jauh agar bisa mendapatkan cara efektif supaya terjadi kemajuan. Dengan kata lain, ilmu yang satu ini sangatlah penting di Indonesia, supaya kemajuan terus berlangsung dan tidak ada hambatan.

Prosepek Kerja Ekonomi Pembangunan

ekonomi pembangunan

Meski memiliki peran penting dalam pembangunan negara, tapi tidak banyak yang mengetahui tentang ilmu yang satu ini. Padahal, lapangan pekerjaan bagi lulusan Ekonomi Pembangunan sangatlah luas. Terlebih untuk Indonesia yang juga masih masuk kategori negara berkembang. Lalu prospek pekerjaan apa saja bagi lulusan jurusan yang satu ini? Berikut ini adalah lapangan pekerjaan yang cocok untuk lulusan Ekonomi Pembangunan:

  • Ahli Ekonomi Pembangunan

Lapangan pekerjaan pertama yang cocok untuk lulusan jurusan ini adalah menjadi seorang ahli Ekonomi Pembangunan. Bidang pekerjaan yang melingkupi adalah menganalisa ekonomi dalam tujuan pengembangan wilayah. Secara luas, ahli dalam bidang ekonomi pembangunan akan bekerja untuk melakukan analisa pada sektot di pereekonomian kawasan.

Tidak hanya itu saja, mereka juga bekerja untuk mencari cara meningkatkan pendapatan ekonomi pada sebuah wilayah, menganalisa tentang pergeseran serta peluang perkembangan kota, menyusun strategi yang tepat dalam pembiayaan sarana serta prasana dalam wilayah dan masih banyak lagi. Gaji yang bisa diterima oleh seorang ahli Ekonomi Pembangunan bisa mencapai 17 jutaan rupiah perbulannya.

  • Analisis Kredit

Prospek kerja untuk para lulusan Ekonomi Pembangunan yang selanjutnya adalah Analisis Kredit. Menjadi seorang analisis kredit akan mengerjakan beberapa tugas yang berhubungan dengan keuangan. Seperti menganalisa serta mengkaji tentang laporan keuangan pada sebuah perusahaan.

Tidak hanya itu saja, seorang analisis kredit juga akan mengkaji laporan laba dan rugi, laporan tahunan, investasi dalam uang tunai dan lain sebagainya. Analisis kredit pun akan menganalisa masalah resiko keuangan pada sebuah perusahaan. Lalu nantinya pun perusahaan akan dipandu oleh seorang analisa kredit dalam urusan kredit yang melibatkan nominal uang yang besar. Untuk gajinya pun bervariasi, tapi bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

  • Staf Penelitian dan Pengembangan

Anda yang merupakan lulusan dari Ekonomi Pembangunan dan ingin mencari pekerjaan, mungkin bisa mencari posisi sebagai Staf Penelitian dan Pembangunan. Posisi ini sendiri nantinya akan berfokus pada penelitan serta pembangunan dalam jangka panjang. Pada dasarnya, pekerjaan ini akan berkutat pada pengaturan dana dalam sebuah perusahaan untuk mendukung riset.

Tidak hanya itu saja, seorang staff penelitian dan pengembangan juga melakukan serta mengembangkan teknologi agar dapat meningkatkan produksi. Bahkan memastikan bahwa kualitas produksi terjaga dengan baik. Gaji untuk pekerjaan ini sendiri juga beragam, sekitar 5 juta rupiah hingga 7 juta rupiah per bulan.

  • Aktuaris

Mungkin sebagian dari Anda masih belum terlalu mengenal profesi Aktuaris. Profesi ini banyak sekali dibutuhkan oleh perusahaan, di mana seorang Aktuaris akan merancang sebuah produk asuransi serta preminya. Tidak hanya itu saja, Aktuaris juga memproyeksikan keuangan dan menetapkan status keuangan dalam sebuah perusahaan asuransi.

Tidak hanya dibutuhkan untuk perusahaan asuransi saja, Aktuaris pun juga diperlukan di bidang lain seperti investasi, manejemen resiko, perbankan, dana pensiun dan lain sebagainya. Gaji sebagai aktuaris pun terbilang besar yaitu sekitar 7 jutaan rupiah per bulannya.

Itulah beberapa prosepek kerja Ekonomi Pembangunan. Dengan luasnya lapangan pekerjaan bagi lulusan jurusan ini, maka Anda tidak perlu khawatir jika memang mengambil bidang studi yang satu ini. Apalagi tidak hanya perusahaan swasta saja yang membutuhkan, BUMN pun juga sangat membutuhkan lulusan Ekonomi Pembangunan untuk membantu kemajuan negara.