Prospek Kerja Teknik Industri

prospek kerja teknik industri

Pengertian dari prospek kerja teknik industri adalah teknik yang mencakup dalam bidang perbaikan, desain, dan juga pemasangan yang terintegrasi oleh sekelompok orang. Mereka memiliki tanggung jawab dalam perancangan suatu sistem agar efisien yang dikelola oleh informas, bahan-bahan, mesin, energi, dan juga para pekerja dalam membuat suatu produk maupun suatu layanan.

 Menurut survei, Gaji lulusan teknik industri rata-rata memiliki sekitar 10 jutaan setiap bulannya, dengan memiliki kontrak kerja kisaran 2 atau 3 tahun lamanya. Para mahasiswa di bidang ini akan belajar tentang prinsip-prinsip dan juga keterampilan dalam ilmu teknik industri. Maka dari itu, tidak heran apabila kuliah dalam jurusan Teknik industri memiliki pelajaran padaimata kuliah lainnya.

 Perbedaan dalam teknik industri dengan jurusan lain adalah dari segi pandang akan hasil produk akhir. Apabila teknik sipil membuat suatu rancangan sebuah bangunan, teknik informatika membuat program pada komputer, maka teknik industri dapat membuat sistem yang diintegrasikan dari keseluruhan tadi.

 Maka dari itu, lulusan dari jurusan teknik industri mempunyai peluang pekerjaan dalam bermacam-macam bidang yang memerlukan sebuah sistem. Dengan dibekali ilmu yang luas bisa mendapatkan posisi manajemen dalam pekerjaan di semua bidang. Contohnya seperti pada pertambangan,otomotif, perbankan, periklanan, ataupun layanan kesehatan.

 Selanjutnya kita akan membahas teknik industri prospek kerja dalam prospek pekerjaan pada teknik industri, berikut beberapa informasi yang dapat Anda ketahui

Prospek Kerja Teknik Industri beserta Gajinya

1. Engineering Manager

 Merupakan suatu profesi yang memiliki tugas dalam merancang suatu rencana kerja dan juga mengelola sumber daya yang dimiliki sebuah proyek. Biasanya gaji lulusan teknik industri pada bidang Engineering manager berpengalaman, dapat mencapai kisaran 35 juta rupiah dalam setiap bulan.

2. Logistics Specialist

 Merupakan suatu profesi yang memiliki tanggung jawab dalam menganalisis rantai pasokan suatu kegiatan produksi. Gaji lulusan teknik industri dalam logistics specialist memiliki rata-rata penghasilan sekitar 7 jutaan.

3. Cost Control Engineer

 Profesi yang memiliki tugas penyusunan dalam perhitungan suatu biaya, tenaga, juga berperan dalam menjalankan suatu produksi. Gaji yang dimiliki seorang Cost Control Engineer sendiri memiliki kisaran angka mulai dari 15 juta dan juga dapat meningkat jika dilihat dari pengalaman yang dimiliki. 

4. Project Manager

 Profesi yang bertanggung jawab atas pengaturan dari seluruh tim mengenai sebuah proyek. Teknik industri prospek kerja dalam bidang ini mempunyai gaji sekitar 35 juta dan juga dapat naik dengan pengalamanan yang sudah dimiliki. 

5. Quality Control Engineer

 Gaji yang dimiliki teknik industri prospek kerja dalam bidang ini dapat mencapai 10 juta bagi seorang Quality Control Engineer, yang dimana berperan dalam melakukan pengecekan kualitas suatu produk menurut standar.

6. Project Management Analyst

Prospek Kerja Teknik Industri dalam bidang Project Management Analyst bertugas dalam menganalisis proses sebuah produk agar lebih efisien lagi, Gaji yang didapat di bidang ini adalah 17 juta.

7. Akademis

Contoh pekerjaan dalam bidang akademis yaitu menjadi seorang dosen. Akan tetapi sudah menempuh jenjang master sebelumnya. Masa depan seorang dosen dapat menjanjikan bagi masa depan. Gaji yang dimiliki seorang dosen sekitar 5 juta dan juga akan mengalami kenaikan dari segi pengalaman. 

8. Pengusaha

Lulusan teknik industri pastinya mempunyai perbekalan pengetahuan tentu saja dengan dunia industri, produksi dan juga tenaga kerja. Dengan memiliki ilmu pengetahuan itu maka bisa saja menjadi salah satu seorang pengusaha yang sukses. Pendapatan yang dimiliki pun tidak mempunyai batasan jika menjadi salah satu seorang pengusaha. 

Beberapa poin-poin yang perlu dimiliki seorang insinyur industri :

alumni teknik industri

  • Kemampuan dalam berpikir kritis, bagi seorang insinyur industri perlu dimiliki untuk menciptakan suatu sistem agar dapat memecahkan suatu masalah, seperti halnya mengenai limbah maupun ketidakefisienan. Maka dari itu untuk menyelesaikan masalah tersebut dibutuhkan penalaran maupun logika yang baik. Dengan tujuan dapat mengidentifikasi kekuatan maupun kelemahan dan kekuatan dari kesimpulan, solusi alternatif, maupun pendekatan dalam suatu masalah.
  • Kemampuan dalam kreativitas. Kreativitas dan juga kecerdikan seorang insinyur industri berguna dalam merancang suatu proses sebuah produksi baru kedalam beberapa jenis pengaturan yang memiliki peran dalam mengurangi dalam pemakaian sumber daya material, waktu maupun tenaga.
  • Kemampuan dalam mendengarkan. Insinyur industri perlu mendengarkan dengan kesabaran dalam memahami klien atau pelanggan ide dan juga masalah. Barulah seorang insinyur industri dapat memahami apa tindakan selanjutnya akan dilakukan.
  • Kemampuan didalam memecahkan masalah, pada saat sedang merancang suatu fasilitas dalam manufaktur dan juga proses yang digunakan dalam penyedia layanan, seorang insinyur industri diwajibkan agar bisa menangani berbagai macam masalah sekaligus, seperti masalah keamanan pekerjaan maupun jaminan kualitas.
  • Kemampuan dalam berbicara. Insiyur perlu untuk menjelaskan suatu instruksi kepada para staf produksi dan juga teknisi sebelum membuat instruksi secara tertulis yang akan disediakan. Dapat menjabarkan konsep secara jelas, ringkas, dan juga cepat tentu saja berperan penting demi mencegah kesalahan.

 Itulah tadi merupakan pengertian dari Prospek Kerja Teknik Industri beserta dengan gajinya, dan juga poin-poin penting yang harus dimiliki oleh seorang insinyur industri, Semoga bermanfaat.