Prospek Kerja Teknik Kimia

pekerjaan teknik kimia

Sebelum yakin dalam memilih jurusan kimia, akan lebih baik lagi jika mengetahui seperti apa prospek kerja teknik kimia. Maka dari itu sebelum menentukan jurusan kuliah diperlukan juga untuk memikirkan peluang yang dimilikinya.

Ada kalanya perlu memikirkan tentang memilih jurusan yang dapat memiliki peluang karir yang bagus beserta gaji yang menjanjikan. Maka dari itu, berikut ini beberapa contoh peluang pekerjaan teknik kimia yang wajib diketahui.

1. Environmental Risk Assessor

 Menjadi seorang lulusan dalam jurusan teknik kimia dapat bekerja pada posisi environmental risk assessor. Profesi yang mempunyai tugas dalam memeriksa risiko apabila terjadi pada suatu lingkungan yang diakibatkan dari aktivitas sebuah industri, yang memerlukan seorang yang kompeten. Gaji yang ditawarkan untuk posisi environmental risk assessor berupa mulai dari 5 juta rupiah. 

2. Peneliti

Lulusan dari jurusan Teknik kimia juga dapat bekerja menjadi peneliti, dimana merupakan salah satu profesi yang cocok untuk jurusan kimia yang dipelajari. Terlebih lagi jika memang mempunyai passion dalam melakukan analisis maupun dalam meneliti. Gaji besar yang didapati sebagai seorang peneliti sampai mencapai puluhan juta.

3. Research And Development 

Peluang pekerjaan teknik kimia atau prospek yang bisa didapatkan adalah dengan bekerja pada suatu perusahaan yang memiliki penempatan pada posisi R&D, posisi yang banyak kepada lulusan jurusan teknik kimia. Menjadi staf pada R&D bisa menghasilkan gaji sebesar 3 juta. Gaji tersebut dapat meningkat berdasarkan pengalaman maupun kredibilitas dari perusahaan yang ditempati.

4. Pebisnis

Tidak perlu risau untuk mencari pekerjaan dimana-mana, dikarenakan lulusan pada jurusan teknik kimia juga dapat menekuni profesi untuk menjadi seorang pebisnis. Profesi dari berbagai jenis jurusan yang sangat terbuka lebar. Menjadi seorang pebisnis juga dapat memiliki kebebasan dan juga dapat dengan fleksibel dalam mengatur jam kerja dan juga penghasilannya. Penghasilannya pun sangatlah tinggi.

5. PNS

Apabila menginginkan hidup yang jamin dan juga mapan, salah satu caranya yaitu bekerja sebagai seorang PNS. Jika memiliki kemampuan dengan disertai usaha maka ada kemungkinan untuk dapat lolos dalam seleksi PNS.

Menjadi seorang PNS maka akan diberikan gaji pokok. Gaji yang akan diterima mulai dari 3 juta dan bisa naik sesuai golongannya. Selain menerima gaji pokok akan diberikan tunjangan, dan juga akan memiliki uang pensiun untuk jaminan di hari tua nantinya.

6. Quality Control

teknik kimia

 Menjadi lulusan dalam jurusan teknik kimia juga dapat bekerja di bidang quality control pada suatu perusahaan. Caranya dengan memilih perusahaan yang terdapat kredibel dan mampu dalam membantu dalam mencapai jenjang karir yang diinginkan di masa depan. Profesi quality control sendiri mendapatkan gaji mulai dari 3 juta sampai 6 juta.

7. Environmental, Safety, And Health Engineer

 Apabila masih memiliki keinginan bekerja pada suatu perusahaan, maka dari itu ada suatu posisi yang akan diberikan kepada lulusan dalam jurusan teknik kimia. Yaitu dengan cara melamar untuk mendapatkan posisi sebagai environmental, safety, and health engineer. Kemampuan yang dimiliki akan dapat diaplikasikan ke dalam profesi tersebut. Gaji yang didapat mulai dari 3 juta dan akan naik seiring bertambahnya dari kebijakan perusahaan tersebut.

8. Project Engineer

 Bidang profesi selanjutnya untuk para lulusan teknik kimia dapat bekerja di suatu perusahaan dalam project engineer. Posisi yang paling banyak dibutuhkan dan menjadi salah satu profesi bagi lulusan teknik kimia. Jenjang karir yang akan diberikan juga membanggakan dan juga sangat menggiurkan.

Gaji yang akan diterima mulai dari 5 juta dan juga akan meningkat. Seberapa banyaknya jumlah gaji tergantung berdasarkan suatu perusahaan yang ditempati. Dan juga skala proyek yang akan ditangani dapat mempengaruhi dalam jumlah gaji.

9. Dosen

 Menjadi seorang dosen merupakan salah satu profesi dalam jurusan bidang teknik kimia, untuk dapat menjalani profesi tersebut, maka hal yang diperlukan yaitu dengan berkuliah lagi pada jenjang master. Menjadi dosen juga dapat membantu dalam memberikan ilmu yang diperoleh agar menjadi suatu manfaat. Gaji yang didapat menjadi seorang dosen mulai dari 3-5 juta dan juga akan diberikan tunjangan.

10. Guru

 Apabila tidak memiliki keinginan menjadi dosen, salah satu alternatifnya yaitu menjadi guru di suatu sekolah. Profesi ini pun banyak diminati oleh karena tidak hanya mendapatkan penghasilan berupa gaji dan juga akan menjadi pahala. Jika tidak ada keinginan dalam menyambung pendidikan pada jenjang master akan tetapi hanya ingin mengajar. Pilihannya adalah menjadi salah satu guru baik di SMP atau SMA dengan perolehan gaji sekitar 3 juta.

 Itulah informasi mengenai peluang pekerjaan teknik kimia atau juga prospek kerja teknik kimia  beserta dengan gajinya yang mungkin bisa bermanfaat untuk dijadikan sebagai referensi.