Prospek Kerja Teknik Mesin

karir teknik mesin

Dalam kehidupan banyak kegiatan yang telah dibantu dan bahkan digantikan dengan mesin. Maka dari itu, banyak dari perusahaan besar maupun industri yang memerlukan tenaga pekerja dalam bidang teknik mesin. Dan juga mempengaruhi akan tingginya prospek kerja teknik mesin.

Teknik mesin merupakan suatu ilmu yang dipelajari atas prinsip fisika maupun matematika dalam mendesain maupun menciptakan suatu mesin, baik mengenai aliran air untuk mesin, metode pengelola, manufaktur, analisis mengenai mesin, Dan bahkan mengenai pemeliharaan suatu sistem mekanik.

Teknik mesin juga menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati pada setiap tahunnya. Seperti halnya pada tahun 2019, Jurusan ini masuk kedalam urutan ke 5 dengan banyaknya peminat setelah jurusan ilmu komputer, hukum, ekonomi, dan kedokteran. 

Mata Kuliah yang biasanya Dipelajari pada Jurusan Teknik Mesin

teknik mesin

 Bagi para calon mahasiswa di bidang jurusan teknik mesin, berikut ini merupakan macam-macam mata kuliah yang akan dipelajari:

  • Mekatronika
  • Metode Numerik
  • Kinematika dan Dinamika
  • Material Teknik
  • Fisika Dasar
  • Pengantar Teknik Mesin
  • Kalkulus dan banyak lagi

Setelah lulus dari jurusan teknik mesin, biasanya akan mempunyai pengetahuan seperti halnya tentang pemahaman matematika, fisika, pemahaman dalam gambar 2D maupun 3D, Kemampuan dalam menggambar teknik, pengoperasian AutoCad, kemampuan bekerja pada suatu kelompok atau tim, kemampuan dalam menganalisis, dan kemampuan meneliti. Berikut beberapa macam prospek kerja teknik mesin dan gajinya.

1. Industri atau perusahaan Otomotif

prospek kerja teknik mesin yaitu menjadi dari bagian suatu industri otomotif. Bekerja pada profesi ini membahas mengenai hal-hal yang pastinya berhubungan pada otomotif, seperti sepeda motor, bus, mobil, bahkan sampai truk. Pada bidang industri otomotif juga memerlukan sangat banyak komponen-komponen untuk dibuat maupun digunakan. Maka dari itu, dibutuhkan banyaknya tenaga kerja pada lulusan teknik mesin untuk perusahaan otomotif ini.

Akan tetapi, bekerja pada bidang industri otomotif tidak sama dengan bekerja di sebuah bengkel dealer. Dikarenakan, lulusan dari teknik mesin sangat diperlukan dalam merancang seperti pada motor, yang dimulai dari bodi, transmisi kendaraan, sasis, bahkan sampai pada spesifikasi mesinnya. Jika mengenai gajinya, jika bekerja dalam industri otomotif pendapatan rata-rata yang akan dihasilkan berkisar mulai dari 5 hingga 7 juta. 

2. Teknisi dan Operator Mesin

 Prospek kerja teknik mesin dan gajinya yang kedua yaitu menjadi seorang teknisi dan juga operator pada suatu pabrik yang aktif dalam mengolah dan juga memproduksi suatu barang yang telah jadi atau juga setengah jadi. Tanggung jawab serta tugas yang dimiliki oleh seorang teknisi adalah dalam mengerjakan perawatan terhadap suatu mesin produksi, mendata dan juga menyiapkan sparepart mesin, bahkan dalam perbaikan mesin produksi.

Maka dari itu, apabila tidak ada seorang teknisi, suatu pabrik atau perusahaan tidak dapat beroperasi dengan baik. Karenanya lulusan dalam jurusan teknik mesin pada profesi ini sangat dibutuhkan. Gaji dari seorang teknisi dan juga operator mesin pada suatu pabrik sebanyak 20 ribu sampai 60 ribu per jamnya .

3. Industri Bioteknologi 

Prospek kerja teknik mesin dan gajinya selanjutnya yaitu bekerja pada bidang industri bioteknologi. Dikarenakan segelitir dari lulusan teknik mesin tidak hanya berfokus dalam mesin penggerak suatu kendaraan maupun hal lainnya, akan tetapi juga menciptakan alat bioteknologi. Yang dimana dapat membantu mengenai kelangsungan manusia, dan juga dapat membuat berbagi hal yang diperoleh melalui hasil bumi.

 Alat bioteknologi sendiri terdiri dari peralatan kedokteran, farmasi dan lainnya. Yang mana alat-alat tersebut sangat diperlukan agar mahluk hidup dapat bertahan. Gaji untuk pekerja di industri bioteknologi sendiri mulai dari angka 7 hingga 10 juta yang mana diperoleh berdasarkan pengalaman. 

4. Mekanik Pesawat pada suatu Industri Penerbangan 

Prospek berikutnya yaitu menjadi mekanik pesawat. Apabila dilihat lagi, industri penerbangan tidak beda jauh dari industri otomotif karena, perbedaannya hanya untuk merancang pesawat saja. Dan juga memiliki tanggung jawab seperti halnya dalam membuat kerangka, menentukan material, bahkan membuat spesifikasi dari mesin pesawat. Gaji yang diperoleh sebagai mekanik pesawat bisa mencapai 5 juta keatas. 

5. Dosen

Prospek pilihan selanjutnya yaitu menjadu seorang dosen maupun pengajar di suatu sekolah atau perguruan dalam jurusan teknik mesin. Akan tetapi agar dapat menjadi seorang dosen, diperlukan untuk menyelesaikan pendidikan dalam tingkar master. Dikarenakan, ilmu yang wajib dimiliki perlu untuk dipelajari lebih dalam. Agar dapat menjadi ilmu yang bermanfaat yang diberikan kepada para mahasiswa yang diajar.

 Untuk gaji seorang dosen, mempunyai rata-rata penghasilan sampai 5 juta ke atas, dan juga akan diberikan bonus maupun tunjangan yang akan diterima.

 Itulah beberapa Prospek Kerja Teknik Mesin beserta dengan gaji yang akan diperoleh, semoga dapat bermanfaat bagi para calon-calon pekerja dalam menentukan bidang profesi yang diminati.