prospek kerja teknik sipil

teknik sipil

Peluang pekerjaan atau prospek kerja teknik sipil sangat dibutuhkan dalam pembangunan yang terus berkembang maju. Untuk para mahasiswa mampu calon lulusan pada jurusan ini, tidak perlu untuk khawatir dalam memilih peluang pekerjaan dari jurusan kerja teknik sipil, pasalnya gaji pada prospek kerja teknik sipil sendiri cukuplah tinggi, apalagi untuk fresh graduate atau para lulusan baru. 

Beberapa macam Prospek Jurusan Teknik Sipil beserta gajinya

  • Teknik Sipil Berbeda Dengan Arsitektur

 Sebelum membahas tentang prospek kerja teknik sipil kita akan membahas terlebih dahulu mengenai perbedaan antara teknik sipil dengan arsitektur, walaupun memiliki persamaan dalam mempelajari ilmu konstruksi dan pembangunan sebuah gedung. Akan tetapi masih memiliki perbedaan yang jelas.

Jurusan dalam teknik sipil mempelajari mengenai cara pembuatan struktur suatu bangunan agar kokoh, ekonomis, dan juga mengenai medan atau lahan yang diperlukan. Jika jurusan dalam arsitektur maka akan lebih fokus pada eksteriornya atau tentang desain dari suatu bangunan yang menarik.

  • Hal yang Wajib untuk Dipelajari di dalam Jurusan Teknik Sipil 

Jurusan ini harus mempelajari tentang perhitungan matematik dengan detail dan juga sistematis, dikarenakan merupakan pelajaran yang sangat penting pada bidang konstruksi. Seperti contohnya fisika, matematika, kimia dasar, desain, irigasi dan perairan, teknik pondasi, struktur beton sampai mempelajari tentang IT atau Teknologi informasi dan lainnya. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi sebuah pembangunan pada gedung dan infrastruktur.

Dalam menekuni jurusan pada bidang teknik sipil ini, memerlukan minat besar pada bidang desain dan juga konstruksi. Dan juga harus memiliki sikap cermat maupun teliti kepada hal-hal detail lainnya. Berikut ini merupakan berbagai macam prospek kerja teknik mesin. 

Berikut prospek kerja lulusan jurusan Teknik Sipil beserta gajinya

peluang kerja teknik sipil

1. Teknisi Sipil

 Pekerjaan sipil yang pertama adalah menjadi seorang teknisi sipil, yang mana memiliki penerapan terhadap merancang, merencanakan, bahkan mengawasi suatu konstruksi dan juga dari struktur maupun fasilitas yang diarahkan oleh pihak staf teknik. Gaji yang diperoleh menjadi Teknisi sipil sendiri memiliki kisaran dari 4-6 juta.

2. Insinyur Sipil

Salah satu jenis pekerjaan sipil pada jurusan teknik sipil yang mempunyai tanggung jawab dalam mendesain, manajemen, serta melihat dan meninjau suatu proyek konstruksi yang sedang dikerjakan bersamaan dengan teknisi sipil dan juga pekerja lain. Seperti halnya dalam suatu proyek jalan, jembatan, bandara, rel kereta api, proyek irigasi, saluran, bendungan dan lainnya.

Insinyur sipil juga berperan dalam menentukan keputusan penting, memprediksi adanya masalah maupun tantangan yang timbul dalam sebuah proyek bahkan mencari solusi dari masalah-masalah tersebut. Gaji seorang insinyur sipil dimulai dari 4 juta sampai 7 juta.

3. Insinyur Sumber Daya Perairan

Pekerjaan ini hampir mirip seperti tugas pada bidang insinyur sipil. Akan tetapi lebih berfokus dalam pembangunan yang dioptimalkan dari sumber daya perairan, agar dapat menjauhi pembangunan yang salah dan menyebabkan suatu pencemaran.

 Dikarenakan air memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Proyek pembangunan sekarang ini sangat mementingkan tentang suatu sistem saluran maupun kualitas air yang baik. Maka dari itu insinyur dilibatkan pada proyek tersebut. Gaji pada jurusan ini mulai dari 4 hingga 7 juta. 

4. Konsultan Konstruksi

pekerjaan sipil yang memberikan saran dalam suatu proyek pembangunan. Dari memberikan saran tentang ide desain sampai teknik pembangunan. Proyek yang sering digunakan pada bidang ini yaitu seperti proyek jalan tol, sistem pembuangan, jembatan, sistem kontrol air, saluran pipa dan lainnya. Gaji yang dimiliki konsultan konstruksi dimulai dari 4 sampai 6 juta.

5. Pegawai Pemerintahan dan BUMN

 Bagi para lulusan dari jurusan teknik sipil bisa menjadi seorang pegawai di sebuah kantor pemerintahan. Bisa bekerja dalam contoh seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Nasional, Dinas Tata Kota dan Pertamanan, PMU-Bina Marga, dan juga memiliki pekerjaan dalam bidang teknik pada Badan Usaha Milik Negara, seperti halnya Waskita Karya, Cipta Karya, PLN, Telkom indonesia, dan Hutama Karya.

 Bagian yang biasanya akan ditempati adalah menjadi bagian dari Pengawas dan Penyelidik Properti serta Infrastruktur Pemerintah. Dengan bertugas untuk mengecek properti pemerintahan supaya dapat memastikan kepatuhan pada perjanjian kontrak dan juga peraturan yang ada. Dengan kisaran gaji mulai dari 4 juta yang belum termasuk di dalam tunjangan lainnya. 

6. Pengawas Konstruksi dan Bangunan

 Ilmu teknik sipil pada bidang ini akan diterapkan pada penentuan kualitas struktur dan juga menyesuaikannya terhadap peraturan yang berlaku . Memeriksa bangunan secara menyeluruh, mulai dari kelistrikan dan saluran air, pengecekan fisik, hingga pengecekan sistem. Gaji yang akan didapatkan pada profesi ini sekitar 4 sampai 6 juta.

7. Analis Kontrol Kualitas

Pekerjaan teknik sipil  yang memiliki tugas sebagai penguji dan juga menentukan atas kualitas suatu bahan baku atau produk tertentu. Analisis yang diperlukan untuk mengecek suatu kualitas komponen dari alat bangunan.

Hal yang wajib supaya produsen dapat memproduksi suatu produk dengan baik dan juga siap untuk dipakai menurut standar yang berlaku. Apalagi standar yang memiliki sangkutan akan keamanan pekerjaan. Prospek Kerja Teknik Sipil ini memiliki gaji dari 4 sampai 5 juta.