Punya e-Wallet? Begini Cara Upgrade dan Keuntungannya

keuntungan ewallet

Di era yang serba digital ini, tentunya Anda sudah tidak asing dengan istilah dompet digital atau e-Wallet. Sesuai dengan namanya yaitu dompet digital, saat ini e-Wallet dijadikan sebagai alat bukti pembayaran yang sah. Pastinya, e-Wallet ini dikembangkan untuk memudahkan kehidupan manusia dalam usaha memenuhi kebutuhannya.

Adanya e-Wallet ini dinilai memiliki dampak positif bagi sistem pembayaran manusia. Nah, apa saja e-Wallet yang ada di Indonesia dan cara up grade-nya? Selain itu, apa saja keuntungan menggunakan e-Wallet? Pastikan, Anda tidak ketinggalan informasi berikut ini.

Lebih Dekat dengan e-Wallet

Bisa dibilang, e-Wallet merupakan layanan digital yang memiliki fungsi sebagai instrumen pembayaran yang sah. Selain itu, fungsi lain e-Wallet adalah sebagai alat penyimpan data dan penampung dana. Oleh karena itu, wujud dari e-Wallet ini berupa program atau aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi keuangan.

Cara Up Grade e-Wallet Populer dan Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia

Di Indonesia sendiri, e-Wallet ini marak digunakan. Namun, ada beberapa jenis e-Wallet yang populer di masyarakat. Tidak heran, jika jenis e-Wallet ini banyak digunakan di masyarakat. Adapun  jenis e-Wallet yang banyak digunakan di masyarakat adalah Gopay, Ovo dan Link Aja.

Tentunya, Anda yang sudah menggunakan e-Wallet tersebut sudah merasakan manfaatnya. Perlu diketahui, e-Wallet tersebut dapat di up grade penggunaannya menjadi e-Wallet plus. Nah, bagaimana caranya? Yuk, simak caranya di sini. 

1. Gopay

Pada awalnya, e-Wallet jenis ini digunakan sebagai aplikasi untuk memesan ojek online. Seiring perkembangannya, Gopay dapat digunakan sebagai dompet digital untuk melakukan pembayaran. 

Kabarnya, Gopay dugunakan oleh hampir puluhan juta pengguna di play strore. Tidak heran, jika pihak Gopay terus mengembangkan aplikasinya. Nah, bagi Anda yang sudah memiliki Gopay dan ingin up grade ke versi terbaru. Simak cara up grade Gopay berikut ini.

  • Buka aplikasi Gopay. Kemudian, di bagian menu pili up grade Gopay plus
  • Selanjutnya, klik up grade sekarang. 
  • Di layar ponsel akan tampil permintaan, ambil foto kartu identitas (e-KTP atau paspor untuk WNA).
  • Lanjutkan ke menus foto wajah. Di menu ini, Anda diminta untuk melakukan selfie dengan menunjukkan kartu identitas.
  • Setelah selesai pengambilan foto, klik up grade Gopay plus. Nah, Gopay Anda sudah selesai di-upgrade.

2. OVO

Satu lagi e-Wallet yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu OVO. Perlu diketahui, OVO ini tidak hanya dapat digunakan untuk transaksi online saja, melainkan juga pembayaran offline. Namun, Anda harus melakukan up grade terlebih dahulu untuk menikmati OVO Premium.

Adapun cara up grade OVO Premium  adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi OVO. Kemudian klik up grade.
  • Selanjutnya, klik tombol up grade sekarang. Pastikan, Anda memilih up grade online. Lalu, klik mulai.
  • Jika OVO sudah di up grade, Anda akan diminta untuk melakukan foto identitas dan foto selfiie. Pastikan, Anda mengikuti permintaan sesuai dengan yang diminta di layar aplikasi OVO

Pastinya, jika Anda sudah selesai melakukan up grade, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa OVO Anda sudah menjadi OVO Premier. Oleh karena itu, ikuti petunjuk up grade step by step supaya aplikasi up grade dengan sempurna.

2. Link Aja

Selain OVO, e-Wallet yang juga populer di Indonesia adalah Link Aja. Perlu diketahui, aplikasi ini merupakan salah satu dari produk badan usaha milik negara yaitu Telkomsel. Kabarnya, Link Aja termasuk dalam 5 besar dompet digital yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Nah, bagi Anda yang masih memegang Link Aja yang basic service, Anda dapat melakukan up grade sebagai pengguna Link Aja Full Service. Adapun cara up grade adalah sebagai berikut.

  • Buka Link Aja di smartphone Anda. Lalu, pilih menu up grade di bagian profil akun
  • Klik up grade, kemudian klik daftar untuk melanjutkan proses pendaftaran ke layanan Link Aja Full Service
  • Untuk memenuhi syarat pendaftaran layanan up grade, Anda akan diminta mengunggah foto KTP. Kemudian, Anda diminta selfie
  • Tahapan selanjutnya, di layar smartphone Anda akan muncul tampilan isi data diri Anda, seperti: nomor KTP dan alamat domisili Anda.
  • Selanjutnya, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa proses up grade Link Aja Full Service akan diproses paling lambat 3 x 24 jam. 

Perlu diketahui, jika layanan Link Aja sudah berhasil di up grade, akan terlihat pada keterangan di profil akun Link Aja Anda. Keterangan tersebut akan tertulis Link Aja Full Service.

Keuntungan Menggunakan e-Wallet

Bukan rahasia lagi, menggunakan e-Wallet memiliki banyak keuntungan. Adapun keuntungan menggunakan e-Wallet adalah sebagai berikut.

  1. e-Wallet praktis dan mudah digunakan atau user friendly. Perlu diketahui, kebanyakan e-Wallet yang ada di Indonesia disesuaikan dengan kultur masyarakat Indonesia.
  2. Transaksi menggunakan e-Wallet dinilai aman. Apalagi di masa pandemi yang melarang masyarakat untuk menjaga jarak.
  3. Transaksi menggunakan e-Wallet dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. 
  4. Terdapat history transaksi, jadi Anda bisa melakukan cek transaksi keuangan yang sudah terjadi.
  5. Lebih hemat karena e-Wallet sering memberikan banyak promo. Jadi, dengan adanya promo tersebut, pengguna e-Wallet dapat menghemat anggaran untuk belanja atau membayar tagihan setiap bulannya.

Tersebut adalah cara melakukan up grade dan keuntungan yang Anda dapatkan,jika Anda menggunakan e-Wallet. Pastikan, Anda memilih e-Wallet yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, gunakan e-Wallet secara bijaksana dan hindari tergiur dengan promo yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.