Rekomendasi Tanaman Hias Yang Murah Dan Mudah Dirawat

tanaman hias mudah dirawat

Tren merawat tanaman hias kini makin populer, tepatnya setelah muncul pandemi. Agar tidak bosan selama berdiam diri di rumah, masyarakat mulai mencari kegiatan positif yang bisa dilakukannya. Nah, salah satu pilihan tepat yang mudah dan tidak memakan banyak biaya adalah memelihara tanaman hias. Apakah Anda termasuk orang yang memiliki hobi ini atau baru ingin mencobanya?

Merawat tanaman dapat mengubah tampilan rumah yang sebelumnya gersang jadi lebih rindang. Visual tanaman yang enak dipandang juga membantu meningkatkan suasana hati, sehingga menjadi lebih produktif dalam menjalani hari.

Tapi kok harga tanaman hias saat ini semakin mahal, ya? Bisa dikatakan penyebabnya adalah permintaan pasar yang tinggi.

Tak perlu kecewa, Anda bisa memiliki tanaman hias dengan harga murah kok. Berikut beberapa rekomendasi tanaman hias murah dan mudah dirawat.

Sansivera

Jenis tanaman ini tak hanya murah namun memberikan banyak manfaat untuk rumah. Seperti menyerap radiasi dan menjernihkan udara. Sansivera atau dikenal dengan lidah mertua bisa menjadi pilihan dekorasi hunian tercinta, dapat mempercantik tanaman dan harganya pun sangat terjangkau. Anda bisa membeli tanaman ini dengan merogoh kocek sedalam Rp. 20 ribu – Rp. 70 ribu saja.

Ruellia Ungu

Ruellia Ungu dapat dijadikan sebagai penghias taman rumah Anda. Tanaman hias satu ini diketahui berasal dari Meksiko yang memiliki manfaat lain sebagai alternatif obat herbal. Bunganya dapat mekar dalam kondisi lembab, tak terlau dingin atau kering dan bisa terjadi setiap tahunnya. Ruellia Ungu bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp. 20 ribu rupiah.

Rombusa

Rombusa termasuk jenis tanaman hias bunga yang memiliki karakteristik warna putih dengan ukuran kecil. Kalau Anda memiliki hunian tipe minimalis, sangat cocok melengkapi dekorasi ruangan dengan tanaman ini. Bentuk rombusa terkesan tertata, rapi, dan bentuknya cukup unik.

Untuk pilihan warna bunga ada silver, kuning, dan hijau. Di pasaran, tanaman rombusa masih dijual cukup murah, mulai dari Rp. 15 ribu rupiah untuk ukuran kecil.  

Gloriosa

Bunga Gloriosa kerap disebut kembang sungsang, termasuk tanaman bunga langka yang tampilannya sangat indah. Tanaman hias ini biasanya hanya dapat tumbuh I daerah Afrika, cukup sulit untuk menyebar di daerah lain. Makanya harganya cukup mahal dari tanaman lain. Namun tak perlu khawatir masalah biaya, kini Anda bisa membeli per tangkai bunga Gloriosa dengan harga Rp. 100 ribu.

Lili Paris

Mencari tanaman hias murah dan mudah dirawat? Anda bisa memilih lili paris. Tanaman ini cocok ditempatkan di berbagai sudut rumah, membuat suasana hunian Anda menjadi lebih sejuk dan asri. Harganya di pasaran juga sangat murah, mulai dari Rp. 5 ribu saja.

Tips Merawat Tanaman Hias untuk Pemula

Melihat tanaman hias yang tumbuh subur dan terawat tentu memberi kepuasan dan kebahagiaan tersendiri bagi sebagian besar orang. Tak hanya mendapat manfaat seperti menjaga kualitas udara, tanaman hias juga mampu meredakan rasa cemas dan stress yan dialami manusia. Berikut ini akan kami bagikan beberapa tips merawat tanaman hias yang mudah dilakukan sendiri di rumah. Silahkan simak informasinya.

Memiliki Komitmen Kuat

Komitmen Anda sangat dibutuhkan dalam merawat tanaman hias. Untuk itu, silahkan luangkan waktu khusus untuk memberikan perawatan terbaik pada tanaman kesayangan. Mulailah dari membuat jadwal rutin untuk menyiram, memberikan pupuk, dan mengganti tanahnya.

Kenapa harus memberikan pupuk? Sama seperti manusia, tanaman juga makhluk hidup yang membutuhkan nutrisi tambahan supaya bisa tumbuh segar dan subur.

Penggunaan pupuk dapat membantu meningkatkan nutrisi di dalam tanah, seperti kalium dan nitrogen. Anda bisa menggunakan pupuk alami dan berbahan kimia sesuai jenis tanamannya. Berikan dalam takaran secukupnya, jangan berlebihan karena dapat merusak tanaman.

Mengenali Kebutuhan Tanaman Hias

Sebelum membeli tanaman hias, Anda harus mencari tahu berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi mulai dari jumlah air yang perlu diberikan hingga intensitas cahaya matahari yang dibutuhkannya untuk terus bertumbuh.

Sebaiknya hindari menyiram tanaman terlalu banyak karena dapat membuat akarnya mati. Sebelum disiram, Anda dapat memastikan kondisi media tanaman masih basah atau sudah kering dengan cara disentuh. Ini menjadi salah satu cara merawat tanaman hias yang baik dan benar.

Memastikan Tanaman Hias Mendapat Sinar Matahari yang Cukup

Baik tanaman hias indoor maupun outdoor perlu dikeluarkan secara teratur agar dapat bertumbuh dengan baik. Karena selama proses pertumbuhannya membutuhkan sinar matahari yang cukup, maka dari itu silahkan keluarkan setidaknya sekali setiap dua minggu.

Memperhatikan Kelembaban Udara

Pastikan kelembaban udara tempat Anda meletakkan tanaman hias sudah pas, tidak terlalu kering ataupun lembab. Terutama bagi tanaman indoor, bisa mudah layu kalau terpapar oleh AC. Untuk menjaga kelembaban udara tanaman dalam ruangan, silahkan letakkan wadah berisi air di sekitarnya.

Demikian informasi tentang tanaman hias yang murah dan mudah dirawat. Kami juga sudah memberikan tips merawat tanaman hias supaya tumbuh subur dan segar. Silahkan di praktekan.