Rekomendasi Usaha dengan Modal Hanya 15 Jutaan Saja

usaha modal 15 juta

Membuka usaha adalah mimpi sebagian orang, mungkin Anda pun juga mempunyai mimpi untuk bisa membangun bisnis. Tapi, kendala yang paling sering terjadi adalah dari modal yang harus disiapkan. Dalam berbisnis tidak mungkin Anda tidak membutuhkan modal. Bagi Anda yang hanya mempunyai modal sekitar 15 jutaan, di bawah ini ada beberapa rekomendasi yang mungkin bisa menjadi ide bisnis yang tepat. Ikuti terus ulasannya, ya. 

Rekomendasi Usaha Modal 15 Juta 

Membuka bisnis tentu saja harus menyediakan modal. Banyak yang mengatakan bahwa modal yang dibutuhkan untuk berbisnis terbilang besar. Tapi jika Anda pintar memilih ide bisnis maka cukup dengan 15 jutaan saja, Anda sudah bisa mempunyai bisnis yang menguntungkan. Berikut ini adalah ide bisnis yang hanya butuh 15 juta rupiah untuk modalnya: 

Frozen Food 

Bisnis pertama yang bisa Anda jalankan hanya dengan modal 15 juta adalah frozen food. Bisnis yang satu ini sendiri sangatlah menjanjikan, apalagi dengan kondisi seperti sekarang yang sedang terjadi pandemi. Sudah pasti orang akan mengurangi untuk makan di luar rumah. Sehingga makanan frozen food merupakan solusi yang tepat. 

Anda mungkin bisa menjual frozen food yang diambil dari supplier dan Anda jual kembali. Tapi, jika memang mempunyai kemampuan untuk membuat homemade frozen food juga tidak ada salahnya. Hanya saja yang harus Anda perhatikan adalah kualitas dan kesiapan untuk bisa membuat frozen food yang disukai. 

Beberapa alat yang jelas harus Anda butuhkan adalah kulkas atau mesin pendingin. Dimana harganya berkisar dari 3 juta hingga 5 juta rupiah tergantung jenis yang ingin Anda beli. Tapi, karena ingin berjualan frozen food, sangat disarankan untuk membeli yang khusus freezer. Kemudian untuk bahan baku, Anda bisa memulai dengan 5 juta rupiah saja. Sisanya bisa digunakan untuk membayar pegawai jika perlu dan kebutuhan lainnya. 

Minuman dingin 

Iklim tropis yang dimiliki oleh Indonesia sendiri bisa Anda manfaatkan, dimana salah satunya adalah dengan menjual minuman dingin. Anda bisa menjual berbagai minuman dingin, mulai dari minuman kemasan seperti kopi, teh dan coklat. Bisa juga Anda membuka bisnis minuman yang diblender. 

Peluang dalam bisnis minuman ini sendiri pun masih sama besarnya, dimana yang terpenting Anda memberikan inovasi yang mampu menarik pembeli. Misalnya dengan memberikan tambahan topping. Untuk alat yang perlu Anda siapkan adalah termos es, akan lebih murah jika Anda membuat es batu sendiri. Lalu, jika ice blend, maka Anda membutuhkan blender. 

Kemudian bahan utama yaitu jenis minuman yang Anda akan jual beserta pelengkapnya. Dimana kira-kira yang Anda butuhkan sekitar 2-3 juta saja. Kalau Anda ingin memberikan tampilan yang lebih cantik, maka bisa menggunakan booth yang didesain semenarik mungkin. Total dari seluruh modal biasanya tidak akan sampai 15 juta. 

Kelemahan dari bisnis ini sendiri adalah ketika musim hujan datang. Dimana sudah pasti akan sepi peminat yang cukup membuat drop penjualan. Mungkin Anda bisa memberikan inovasi dengan menjual minuman hangat agar penjualan bisa stabill. 

Franchise 

Nah, untuk bisnis yang satu ini juga sangatlah menarik. Dimana Anda hanya perlu menyiapkan lokasi berjualan serta modal awal saja. Karena untuk bahan baku, alat serta kebutuhan lainnya yang akan menyediakan adalah perusahaan franchise. Anda hanya tinggal berjualan saja di tempat yang strategis. 

Kelebihan dari bisnis ini sendiri adalah keuntungan yang didapatkan 100% milik Anda. Walaupun ada yang meminta bagi hasil, tapi untuk franchise dengan harga 15 juta kebanyakan tidak meminta royalti. Sehingga dalam hal ini pun Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. 

Kekurangan bisnis franchise ini sendiri adalah biasanya ada saingan yang sama dalam satu kota. Sehingga penjualan bisa saja berkurang jauh bila Anda tidak memikirkan strategi yang tepat. Jika ingin bisnis franchise sukses, hal pertama yang Anda lihat adalah kebijakan dari perusahaan. Contohnya adalah radius masing-masing franchisee jika ingin membuka di kota yang sama. 

Katering makanan 

Bisnis selanjutnya yang juga bisa dijalankan hanya dengan modal 15 juta saja adalah katering makanan. Untuk bisnis yang satu ini sendiri akan sangat cocok bagi Anda yang memang memiliki bakat memasak. Karena hal paling penting dari sebuah usaha katering adalah menyajikan makanan yang lezat dan berkualitas. 

Jadi, Anda harus benar-benar memperhatikan seluruh bahan yang digunakan adalah yang masih segar dan bagus. Untuk modal awal dari usaha ini biasanya tidak lebih dari 15 juta, dimana yang paling penting adalah Anda mempunyai tenaga tambahan untuk membantu Anda dalam memasak. 

Itulah beberapa jenis usaha yang hanya membutuhkan modal sekitar 15 jutaan rupiah saja. Dimana Anda mungkin bisa melakukan inovasi lain agar bisnis bisa semakin menarik di pasaran.