Rincian Biaya Kuliah Di Universitas Terbuka Makassar

universitas terbuka Makassar

Perkembangan Zaman yang sudah semakin maju membuat Universitas Terbuka yang dulunya kurang populer, kini semakin diminati oleh masyarakat umum. Tidak hanya akan meningkatkan kualitas, tetapi juga akan lebih mudah untuk belajar dari mana saja. Pendidikan yaitu investasi terbaik di masa depan, jadi wajar saja jika  bersikeras ingin kuliah. Tertarik untuk kuliah di Universitas Terbuka? Anda perlu mengetahui semua detail pendidikan perguruan tinggi terbuka.

Mengapa Harus Universitas Terbuka? 

Banyak sekali alasan memilih Universitas Terbuka menjadi salah satu cara untuk menimba ilmu. Banyak orang yang sudah bekerja, sehingga memerlukan fleksibilitas waktu. Tentu sangat sulit bagi seseorang yang sudah bekerja full time untuk mengikuti perkuliahan reguler. Sangat mungkin bahwa ada konflik antara pekerjaan dan studi. Untuk alasan ini, Universitas Terbuka dipilih sebab hampir seluruh perkuliahan dilakukan secara online dan tidak memerlukan kehadiran di kampus. 

Selain masalah jam, beberapa orang memilih Universitas Terbuka sebab metode pembelajaran yang dinamis. Ya, tidak dapat disangkal bahwa metode pembelajaran ekstensi lebih menekankan pemahaman teoritis daripada fokus dengan praktik. Nah, Universitas Terbuka punya banyak teori. Namun, ada opsi lain untuk melamar langsung di lapangan. Jika pekerjaan Anda sesuai dengan bidang studi yang Anda pilih, Anda dapat  lebih banyak keuntungan dengan belajar sambil bekerja. 

Dari banyaknya pertimbangan lainnya, uang kuliah dapat menjadi alasan utama kebanyakan orang  memilih Universitas Terbuka. Ya, biaya kuliah di Universitas Terbuka sebenarnya sangat ringan dibandingkan dengan di universitas konvensional.

Biaya Kuliah di Universitas Terbuka Makassar 

Nah, entah kenapa biaya  kuliah di Universitas Terbuka terbilang sangat murah daripada di universitas konvensional lainnya. Lalu berapa uang kuliah di Universitas Terbuka? Secara umum, biaya kuliah yang Anda keluarkan dikategorikan menurut program dan fakultas. Universitas Terbuka menawarkan sejumlah program studi, termasuk diploma, gelar sarjana, dan gelar master. 

Menurut informasi di situs resmi Universitas Terbuka, biaya  kuliah dapat dibagi menjadi tiga kategori. Yakni program sarjana dan diploma FE, FHISIP, FMIPA, dan FKIP. Selanjutnya untuk program sarjana PGSD dan PGPAUD FKIP. Dan untuk kursus master. Kemudian ketiga kategori ini dibagi menjadi sejumlah sub kategori. Sekarang lihat detailnya di bawah ini.

Biaya kuliah program Diploma dan Sarjana (FISIP, FE, FKIP dan FMIPA)

  • Sistem Paket Semester (SIPAS) Plus dikenakan biaya  Rp 2.400.000 per semester. 
  • Sistem Paket Semester Penuh (SIPAS) dikenakan biaya pendidikan sebesar Rp2.220.000 untuk Program Perpustakaan DII  dan Arsip DIV. Program sarjana setara dengan Rp 2.200.000. 
  • Sistem Paket Semester Semester (SIPAS)  Perpustakaan dan Arsip D-II dan D-IV dikenakan biaya  Rp 1.600.000 per semester. Untuk program sarjana, dikenakan biaya  Rp 1.750.000 untuk setiap semester. 
  • Program diploma  SIPAS Non TTM menelan biaya  Rp 1.150.000. Biaya  kuliah sarjana dibagi menjadi dua bagian. Artinya, Rp per semester program penelitian perencanaan kota dan perencanaan wilayah. Rp 1.750.000  dan program sarjana lainnya. Ini 1.300.000. 
  • Sarjana Online Program SIPAS S1 Administrasi, S1 Matematika, S1 Matematika Didaktik, dan S1 Sastra Inggris  Penerjemahan dikenakan biaya  kuliah sebesar Rp 1.950.000 per semester. 
  •  Sistem Paket Diploma dan Sarjana (NON SIPAS) dikenakan biaya  Rp 36.00078.000 per kredit.

Biaya kuliah program Sarjana PG PAUD FKIP dan PGSD

Hanya ada tiga sistem pengemasan yang berbeda dalam kategori ini, sedikit berbeda dari program sarjana dan diploma. Biaya yang dikeluarkan juga tergantung dari paket yang Anda pilih. 

  • Biaya kuliah Sistem Paket Semester (SIPAS) Program Sarjana PGSD adalah Rp 1.700.000 per semester, dibandingkan dengan Rp 2.500.000 per semester untuk program PGPAUD S1.
  • SPP PGSD untuk mahasiswa S1 berbagai disiplin ilmu adalah  Rp 2.700.000 per semester. 
  • Biaya kuliah S1 PGPAUD untuk mahasiswa S1 berbagai bidang ilmu adalah Rp3,300,000 per semester. 

Biaya kuliah untuk program Magister 

Gelar master menjadi jenjang tertinggi di Universitas Terbuka sebenarnya jauh lebih mahal dibandingkan jenjang yang lebih rendah. Namun, biaya kuliah semester jauh lebih rendah daripada program magister di universitas lain. Ada sejumlah paket yang membedakan jumlah biaya kuliah setiap semesternya. 

  • Biaya kuliah Program Pascasarjana Tipe A sebesar Rp7.450.000 per semester, dan biaya ujian tesis magister sebesar Rp6.000.000 per mahasiswa. Lahir 
  • Biaya kuliah Program Pascasarjana Tipe B  sebesar Rp9.350.000 per semester dan biaya ujian akhir Program Magister sebesar Rp7.900.000 per mahasiswa. 

Selain biaya  kuliah yang sudah dibahas sebelumnya, terdapat biaya lain yang  tidak setinggi biaya kuliah. Biaya ini termasuk biaya masuk, biaya magang, dan biaya ujian. Biaya ini bervariasi menurut fakultas dan mata pelajaran. Silakan lihat situs web resmi untuk detailnya.