Saham Terbaik di Indonesia – Bluechip dan Fundamentalnya

saham bluecip

Saat ini, banyak masyarakat Indonesia yang suka bermain saham. Itu karena saham dinilai menguntungkan dan dapat mendatangkan passive income untuk jangka panjang. Namun, alangkah baiknya sebelum bermain saham, Anda mengetahui saham terbaik yang ada di Indonesia.

Apa sih sebenarnya saham terbaik yang ada di Indonesia itu? Menurut para investor saham, saham terbaik merupakan saham yang memiliki kinerja stabil. Artinya, harga saham ini terus meningkat dan jarang mengalami penurunan.

Kabarnya, untuk istilah saham terbaik ini populer dengan nama bluechip. Apa sebenarnya bluechip  itu? Berikut disajikan pengetahuan dasar tentang bluechip, daftar saham terbaik di Indonesia beserta fundamentalnya. Mari, simak informasi tentang bluechip beserta fundamentalnya berikut ini.

Mengenal Bluechip yang Dikenal dengan Saham Terbaik

Sebelum mengenal bluechip, sebaiknya Anda perlu mengetahui dasar-dasar saham terlebih dahulu. Pada dasarnya, saham yang ada di dunia ini dikelompokkan berdasarkan kapitalisasi pasar. Adapun pengertian kapitalisasi pasar merupakan nilai pasar yang bersumber dari jumlah keseluruhan dari saham yang beredar di pasaran.

Perhitungan kapitalisasi pasar ini tidak muncul dengan sendirinya, namun dihitung menggunakan rumus. Rumusnya adalah harga per lembar x jumlah seluruh saham yang beredar di pasar saham. Berdasarkan perhitungan kapitalisasi pasar, tersebut maka saham yang beredar dapat dikelompokkan sebagai berikut.

  1. Saham lapis 1 (bluechip) merupakan bentuk kapitalisasi pasar yang memiliki nilai > 10 trilliun rupiah.
  2. Saham lapis 2 (second liner) merupakan salah satu jenis kapitalisasi pasar dengan nilai antara 500 milliar rupiah sampai dengan 10 trilliun rupiah.
  3. Saham lapis 3 (third liner) merupakan salah satu bentuk kapitalisasi yang bernilai kurang dari 500 milliar rupiah.

Berdasarkan pengelompokkan tersebut, tentunya Anda dapat membuat kesimpulan bahwa bluechip merupakan saham terbaik dan istimewa. Adapun keunggulan bluechip dibandingkan dengan jenis saham lainnya adalah sebagai berikut.

  • Emiten bluechip merupakan golongan perusahaan besar yang memiliki reputasi dan kinerja yang bagus.
  • Rata-rata emiten bluechip dapat melakukan pembagian dividen secara rutin.
  • Bluechip sering kali menjadi market leader dan penggerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).
  • Harga bluechip tidak gampang terpengaruh seperti jenis saham lainnya, yaitu second liner dan third liner.

Daftar Saham Terbaik yang Ada di Indonesia Berdasarkan IHSG

Setelah memahami tentang bluechip, tentunya Anda dibuat penasaran apa saja yang termasuk dalam saham terbaik di Indonesia ini? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu memahami pengertian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). IHSG merupakan indeks pasar saham yang tersedia di Bursa Efek Indonesia atau disingkat BEI.

Perlu diketahui, IHSG ini dinilai penting supaya kinerja pasar saham di Indonesia dapat terukur dengan baik. Pergerakan IHSG di Indonesia banyak dipengaruhi oleh 10 besar saham. Adapun daftar saham tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Bank Central Asia, Tbk (BBCA) memiliki kapitalisasi sebesar 815,85 trillium rupiah. Saham ini bergerak di sektor finance.
  2. Bank Rakyat Indonesia, Tbk (BBRI) memiliki kapitalisasi sebesar 537,29 trillium rupiah. Saham ini bergerak di sektor finance.
  3. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (TLKM) memiliki kapitalisasi sebesar 393,28 trillium rupiah. Saham ini bergerak di sektor Infrastructure, Utilities, and Transportation.
  4. Bank Mandiri, Tbk (BVRI) memiliki kapitalisasi sebesar 354,58 trillium rupiah. Saham ini bergerak di sektor finance.
  5. Unilever Indonesia, Tbk (UNVR) memiliki kapitalisasi sebesar 320,46 trillium rupiah. Saham ini bergerak di sektor consumer goods industry.
  6. Astra Internasional, Tbk (ASII) memiliki kapitalisasi sebesar 280,35 trillium rupiah. Saham ini bergerak di sektor miscellaneous industry.
  7. H.M. Sampoerna, Tbk (HMSP) memiliki kapitalisasi sebesar 244,27 trillium rupiah. Saham ini bergerak di sektor consumer goods and industry.
  8. Chandra Asri Petrochemical, Tbk (TPIA) memiliki kapitalisasi sebesar 185,02 trillium rupiah. Saham ini bergerak di sektor basic industry and chemicals.
  9. Bank Negara Indonesia, Tbk (BBNI) memiliki kapitalisasi sebesar 144,93 trillium rupiah. Saham ini bergerak di sektor finance.
  10. Barito Pacific, Tbk (BRPT) memiliki kapitalisasi sebesar 134,41 trillium rupiah. Saham ini bergerak di sektor basic industry and chemicals.

Bluechip Beserta Fundamentalnya yang Perlu Anda Ketahui

Adapun beberapa jenis bluechips beserta fundamentanya yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut.

1. Saham Terbaik di Sektor Keuangan (Finance)

Perlu diketahui, di sektor keuangan (finance) rata-rata nilai saham termasuk dalam top constituents. Saham terbaik yang termasuk top dalam sektor keuangan ini adalah sebagai berikuti.

  • Bank Central Asia, Tbk (BBCA) memiliki kapitalisasi sebesar 793,27 trillium rupiah.
  • Bank Rakyat Indonesia, Tbk (BBRI) memiliki kapitalisasi sebesar 451,45 trillium rupiah. 
  • Bank Mandiri, Tbk (BMRI) memiliki kapitalisasi sebesar 283,5 trillium rupiah. 

2. Saham Terbaik di Sektor Industri dan Kimia (Basic Industry and Chemicals)

Selain di sektor keuangan, ada juga saham terbaik di sektor industri dan kimia. Artinya, emiten saham ini bergerak di bidang industri dan kimia. Adapun daftar saham terbaik di sektor ini yang termasuk dalam top saham adalah sebagai berikut.

  • Chandra Asri Petrochemical, Tbk (TPIA) memiliki kapitalisasi sebesar 124, 39 trillium rupiah.
  • Barito Pacific, Tbk (BRPT) memiliki kapitalisasi sebesar 77,51 trillium rupiah. 
  • Charoen Pokphand Indonesia, Tbk (CPIN) memiliki kapitalisasi sebesar 100, 85 trillium rupiah. 

3. Saham Terbaik di Sektor Pertanian (Agriculture)

Sementara di sektor pertanian, tidak semua saham yang beredar masuk dalam kategori saham terbaik atau bluechip. Adapun emiten yang memiliki kapitalisasi pasar melebihi 10 trilliun rupiah adalah Astra Agro Lestari, Tbk (AALI) dengan nilai kapitalisasi 21, 17 trilliun rupiah.

Nah, itulah beberapa saham terbaik atau bluechip beserta fundamentalnya yang perlu Anda ketahui. Pastinya, informasi ini penting bagi Anda yang ingin melakukan investasi saham. Semoga informasi ini bermanfaat dan mendorong Anda untuk melakukan investasi dalam jangka panjang.