Saldo Minimal Rekening Terkini di Bank Mandiri untuk Semua Jenis Tabungan

saldo rekening bank Mandiir

Produk perbankan Mandiri menjadi salah satu pilihan masyarakat saat ini. Kalau ditanya alasannya tentu karena kemudahan dalam membuka rekening yang dapat dilakukan secara online maupun offline langsung ke kantor cabang terdekat domisili. Aksesibilitas Bank Mandiri juga tinggi, sudah tersebar dari sabang sampai merauke sehingga masyarakat Indonesia bisa menjangkaunya.

Untuk minimal saldo rekening tergantung jenis tabungan yang dipilih nasabah, hal ini kerap jadi pertimbangan utama. Kebanyakan orang lebih memilih produk perbankan dengan minimal saldo pembukaan paling rendah sehingga mereka tidak perlu mengumpulkan banyak uang terlebih dahulu. Sama seperti bank pada umumnya, Bank mandiri juga menerapkan syarat serta ketentuan nominal tertentu di rekening.

Apabila rekening tersebut tidak melakukan aktivitas apapun selama beberapa waktu dan tidak memenuhi ketentuan nominal maka secara otomatis pihak bank akan menutup rekening yang bersangkutan. Setelah saldo minimal, barulah ketersediaan buku tabungan, kartu ATM, bunga dan biaya administrasi bulanan yang jadi bahan pertimbangan tambahan.

Aturan Terbaru Bank Mandiri Terkait Saldo Minimal Rekening Nasabah

Setiap bank di Indonesia baik konvensional maupun yang berbasis syariah telah menentukan saldo minimal rekening sesuai dengan jenis tabungan dan ATM yang dipilih nasabah. Ada yang mulai dari 50 ribu rupiah sampai jutaan rupiah. Untuk Bank Mandiri sendiri berkisar antara 100 ribu rupiah sampai jutaan rupiah.

Kenapa harus ada saldo minimal di rekening? Tujuan sebenarnya adalah menjadikan dana yang mengendap sebagai biaya administrasi penutupan rekening jika nantinya nasabah tidak lagi menggunakan rekening tersebut. Dengan demikian, pihak bank tak perlu meminta dan nasabah pun tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk menutup rekeningnya. Tapi apabila saldo minimal tidak mencukupi, maka nasabah harus membayar denda yang ditetapkan oleh pihak bank.

Selain itu, fungsi dari saldo minimal rekening digunakan sebagai sarana edukasi agar masyarakat paham cara memanfaatkannya dengan maksimal. Uang yang masih tersimpan dan mengendap akan lebih berguna kalau dipakai untuk membiayai semua transaksi keuangan. Kebanyakan mahasiswa atau generasi muda akan mencari jenis rekening dengan saldo minimal terkecil.  Karena menurut pertimbangan mereka, uang yang masuk dalam rekening harus bisa dipakai semaksimal mungkin. Tapi bagi kalangan entrepreneur atau pebisnis, biasanya sedikit berbeda dari segi pertimbangan.

Berikut ini daftar minimal saldo rekening Bank Mandiri terbaru.

1. Tabungan Bank Mandiri Reguler

Bank Mandiri menawarkan banyak jenis rekening yang bisa dipilih sesuai kebutuhan nasabah. Tentu besar setoran awal dan minimal saldo rekening nasabah bisa berbeda. Masing-masing produk mempunyai fungsi yang berbeda, salah satu yang difavoritkan masyarakat adalah tabungan bank mandiri Reguler.

Untuk membuka tabungan, nasabah harus menyetorkan uang sejumlah 500 ribu rupiah. Setelah melakukan transaksi, sisa uang di tabungan tersebut paling sedikit 100 ribu rupiah.

2. Tabunganku Bank Mandiri

Produk tabungan paling murah dari Bank mandiri karena nasabah hanya perlu menyetor uang pembukaan sebesar 20 ribu rupiah saja. Tabunganku bank Mandiri menjadi favorit para pelajar dan mahasiswa yang ingin menabung. Prosesnya juga tidak sulit, hanya perlu KTP saja. Untuk jumlah saldo minimal dalam rekening ini juga hanya 20 ribu.

3. Mandiri Tabungan Bisnis

Bagi perusahaan atau pengusaha perorangan yang menjalankan bisnis dapat menggunakan produk mandiri tabungan bisnis untuk keperluan usahanya. Setoran awal sangat terjangkau, minimal 1 juta rupiah. Tapi saldo minimal yang harus ada di rekening setiap bulan adalah 10 juta rupiah.

4. Mandiri Tabungan Valas

Bagi nasabah yang ingin menabung dengan mata uang asing bisa memanfaatkan produk Mandiri Tabungan Valas. Beberapa mata uang asing yang disediakan bank ini antara lain ada poundsterling, yen, euro, dollar, dan masih banyak lagi. Mandiri tabungan valas dapat memudahkan nasabah yang menerima gaji selain mata uang rupiah. Produk simpanan ini dijamin aman, untuk saldo minimal yang ditentukan 100 dolar.

5. Mandiri Tabungan TKI

Tabungan ini disediakan khusus untuk para pekerja yang menjadi TKI. Mandiri Tabungan TKI memungkinkan nasabah bisa menabung untuk keluarganya di Indonesia dalam mata uang rupiah. Ada beberapa fitur yang disediakan, bisa disesuaikan dengan kebutuhan keuangan masing-masing. Saldo minimal Mandiri Tabungan TKI hanya 10 ribu rupiah saja. Memang sengaja diberi murah agar tak mempersulit kelangsungan hidup para pekerja Indonesia di luar negeri.

6. Mandiri Tabungan Investor

Produk tabungan paling unik karena disediakan untuk para pemain pasar modal. Keuntungan yang ditawarkan oleh Mandiri Tabungan Investor adalah bebas setoran awal dan tanpa adanya saldo minimal dalam rekening.

7. Mandiri Tabungan Haji dan Umrah

Syarat buka rekening maupun minimal saldo tabungan haji dan umrah mirip dengan tabungan reguler. Hanya saja untuk tabungan satu ini baru dapat diambil saat akan membayar keberangkatan. Dengan memilih tabungan mandiri haji dan umrah, perjalanan ibadah nasabah akan lebih terencana.

8. Mandiri Tabungan Rencana

Kalau Anda punya rencana di masa depan, bisa diwujudkan dengan produk perbankan satu ini. Jumlah setoran minimum 100 ribu rupiah dan tidak ada minimal saldo dalam rekening bagi nasabahnya.

Sekian informasi kami tentang saldo minimal rekening terkini di Bank mandiri untuk semua jenis tabungan. Semoga bermanfaat.