Sebelum Berinvestasi di Bidang Kripto, Cek Dulu Izinnya lewat Bappebti

Saat ini sedang marak tren berinvestasi secara online menjadikan banyak masyarakat mempunyai akses untuk berbisnis. Supaya tidak terjebak investasi ilegal yang merugikan, maka Anda harus cek perusahaan nya lebih dahulu.

Sekarang investasi dapat Anda lakukan kapanpun dan dimanapun. Kemudahan tersebut menjadikan banyak orang berbondong-bondong dan tergiur untuk ikut mendapatkan keuntungan dari investasi yang tampak menggiurkan ini.

Anda harus membekali diri dengan ilmu pengetahuan yang banyak tentang jenis investasi dan seperti apa bisnis yang ingin Anda investasikan. Nah, terdapat cara yang dapat Anda lakukan yaitu mengecek keberadaan dari perusahaan tersebut. Sebelum mengetahui cara mengecek legalitas perusahaan, Anda perlu tahu perbedaan dari OJK dan Bappebti seperti berikut ini.

Apa Itu Bappebti?

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau biasa dikenal dengan Bappebti merupakan lembaga pemerintah yang fungsi umumnya yaitu regulasi berjangka, valuta asing dan perdagangan komoditi.

Lembaga ini dinaungi oleh Kementerian Perdagangan RI, lalu bertugas untuk mengawasi dan mengatur perdagangan berjangka. OJK dan Bappebti memiliki tugas yang mirip, tetapi berbeda. Jika OJK mengawasi perbankan, pasar modal, lembaga jasa keuangan, fintech dan asuransi.

Sementara itu, Bappebti akan mengawasi hasil pertambangan, pertanian dan energi serta aset kripto, suku bunga, valuta asing, dan obligasi. Selain itu, Bappebti juga mempunyai kewenangan tentang penerbitan izin usaha dan aturan tentang perdagangan berjangka.

Di dalamnya termasuk, membantu solusi persoalan perdagangan berjangka, memantau promosi pemilik izin dan memeriksa dugaan pelanggaran izin.

Cara Cek Perusahaan Kripto di Bappebti

Sebelum Anda menaruh modal di sebuah perusahaan untuk berinvestasi, pastikan Anda mengetahui apakah perusahaan sudah sah dan legal. Cara untuk mengetahuinya juga sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Masuk ke web Bappebti di www.bappebti.go.id
  • Pilih menu di kanan atas.
  • Klik “Pelaku Pasar”.
  • Pilih Perdagangan Fisik, Pasar Lelang, SRG atau BPK.
  • Lalu, akan keluar daftar seluruh perusahaan yang sudah legal dan terdaftar.

Halaman nya memang banyak tetapi bila dapat menemukannya, maka Anda pun dapat lebih tenang dan aman bila ingin berinvestasi di perusahaan yang Anda tuju.

Cara Terhindar dari Investasi Bodong

Mungkin Anda pernah ditawarkan investasi dengan keuntungan yang tinggi. Bila pernah, Anda perlu waspada mengatur dana dimiliki. Jangan sampai uang yang sudah Anda kumpulkan sejak lama hilang begitu saja sebab menaruh dana pada investasi bodong. Di bawah ini sejumlah tips yang bisa membantu anda untuk lebih cerdas saat ditawarkan investasi ilegal.

  • Pastikan perusahaan mempunyai izin

Untuk mengumpulkan modal dari masyarakat dibutuhkan izin secara khusus dari pemerintah. Jika tidak mempunyai izin dan tidak terdaftar di OJK, ada baiknya Anda menghindari investasi tersebut. Jika mereka menawarkan komoditi atau investasi berjangka, maka lebih baik Anda cek izinnya di Bappebti.

Apabila tidak ada dalam daftar dan tidak mempunyai izin yang jelas, lebih baik Anda mengurungkan niat untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut. Karena sudah pasti perusahaan itu ilegal.

  • Curigai imbalan yang tidak masuk akal

Semakin banyak return atau imbalan yang diberikan, pastinya risiko pada investasi tersebut akan semakin tinggi. Jika terdapat perusahaan investasi yang mampu memberikan return tinggi, Anda perlu mencurigai perusahaan tersebut.

  • Cari tahu rekam jejaknya

Hal selanjutnya yang harus Anda ketahui sebelum berinvestasi yaitu ketahui rekam jejak dari perusahaan investasi tersebut. Anda dapat mengetahui seluruh informasi nya melalui internet dan sosial media yang dimiliki perusahaan tersebut. Jangan lupa juga untuk melihat testimoni dari para investor yang sudah berinvestasi di perusahaan investasi itu.

  • Cari tahu cara perusahaan mengelola dana

Anda harus mencari tahu cara perusahaan tersebut mengelola dana investasi. Jika perusahaan tampak menutupi atau berbelit-belit saat menjawab pertanyaan tersebut, maka Anda harus mencurigai nya, karena tidak ada transparansi di dalamnya.

  • Jangan mudah tergiur

Jangan mudah terbawa arus karena Anda ingin mengikuti kata orang lain. Jika Anda ingin berinvestasi, maka ada baiknya pelajari lebih dahulu seluruh produk investasi dengan benar, sehingga tidak terjebak dengan produk investasi yang sekarang sedang tren.

Tidak perlu takut dibilang ketinggalan dan jangan sampai sebab memilih sebuah produk investasi sebab orang lain pun berinvestasi di sana. Jika merugi, maka Anda sendiri yang akan menanggung hal tersebut.

  • Buat rencana investasi dengan jelas

Supaya Anda terhindar dari perusahaan investasi ilegal, maka Anda perlu mempunyai rencana investasi dengan jelas lebih dahulu. Tujuan finansial yang jelas untuk apa uang tersebut digunakan. Menentukan alat investasi perlu sesuai dengan profil risiko. Jika telah mempunyai rencana investasi jelas, maka Anda tidak mudah tergoda oleh investasi bodong.

Nah, itu tadi cara cek izin perusahaan investasi di Bappebti dan juga cara untuk menghindari investasi bodong yang bisa merugikan Anda. Semoga ulasan di atas membantu Anda para pemula yang ingin berinvestasi.