Serba Serbi Tentang Perencanaan Bisnis

bussiness plan

Bisnis adalah bidang yang terbilang sangat sulit, tapi menantang dan seru jika dijalankan. Tapi untuk membuka bisnis pun tidak bisa main-main, Anda harus membuat sebuah perencanaan bisnis. Pasti sebagian dari rencana perencanaan bisnis ini adalah seperti rencana pada umumnya saja. 

Tapi, perencanaan bisnis atau sering disebut business plan sangatlah penting dan dibuat layaknya sebuah proposal. Bagi Anda yang masih awam dengan perencanaan bisnis, maka di bawah ini akan dibahas secara detail tentang business plan ini. Jadi, simak terus ulasannya berikut ini. 

Pengertian Perencanaan Bisnis 

Sebelum Anda membuat perencanaan bisnis, maka lebih baik Anda memahami apa yang dimaksud dengan business plan ini dari pengertiannya. Seperti namanya, perencanaan bisnis adalah sebuah rencana yang berkaitan erat dengan bisnis yang akan Anda jalankan. Dimana kegiatan membuat rencana bisnis ini sendiri sangatlah penting dan tidak bisa Anda remehkan. 

Di dalam perencanaan bisnis ini sendiri Anda harus menjelaskan tentang bisnis yang akan Anda jalankan, dimana semuanya harus ditulis secara terperinci. Hal penting yang harus ditulis adalah konsep bisnis, pemasaran, keuangan dan lain sebagainya yang memang berkaitan erat dengan bisnis Anda.

Secara umum, tujuan dari business plan ini adalah supaya bisnis yang Anda siapkan telah direncanakan dengan matang. Sehingga nantinya Anda akan mudah untuk menjalankan serta mengembangkan bisnis hingga menjadi sukses. 

Tujuan Membuat Perencanaan Bisnis 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa perencanaan bisnis sendiri mempunyai tujuan secara umum agar usaha yang akan dijalankan dapat berkembang. Adapun tujuan yang lebih detail, seperti berikut ini: 

  1. Bisnis bisa dijalankan sesuai dengan visi dan misi 

Tujuan paling pertama dengan membuat business plan adalah agar memastikan bisnis bisa dijalankan sesuai dengan visi serta misi yang sebelumnya Anda tentukan. Selain itu, membuat perencanaan bisnis bisa membantu Anda untuk melakukan evaluasi secara berkala. Sehingga Anda pun bisa memanfaatkan hal ini untuk dijadikan bahan analisa agar bisa mengembangkan bisnis lebih jauh lagi. 

  1. Bisa melakukan perhitungan akan sumber daya 

Tujuan selanjutnya dari membuat business plan adalah agar Anda dapat mengetahui seberapa besar sumber daya yang akan diperlukan dalam kegiatan operasional dalam perusahaan Anda. Dalam poin ini pun Anda akan mendapatkan gambaran jelas seberapa banyak karyawan atau tenaga ahli yang nantinya akan Anda butuhkan. 

Ketika Anda sudah tahu berapa banyak sumber daya manusia yang Anda butuhkan, maka Anda juga akan lebih mudah dalam menentukan besaran dana yang diperlukan untuk membayar SDM dan sumber daya lainnya. 

  1. Mendapatkan perhitungan jelas akan profit bisnis 

Pembuatan perencanaan bisnis juga akan memberikan Anda gambaran secara terperinci tentang profit yang akan didapatkan. Dimana hal ini sangatlah penting sekali karena profit harus diketahui secara jelas. 

Jika sudah bisa mengetahui berapa profit yang bisa didapatkan, maka Anda akan mengatur strategi untuk bisa mencapai target profit. Adanya target inilah, maka Anda akan mendapatkan motivasi agar bisnis bisa berkembang lebih jauh lagi. 

  1. Bisa melakukan evaluasi 

Sudah disebutkan sebelumnya tadi, dengan adanya business plan ini, maka Anda mampu melakukan evaluasi secara keseluruhan. Namun, tidak hanya evaluasi terhadap bisnis yang akan dijalankan, tapi juga ke bisnis yang akan dijalankan selanjutnya. 

Mungkin untuk lebih mudahnya adalah dengan memberi gambaran kepada Anda tentang evaluasi ini. Dimana ketika Anda membuat perencanaan bisnis pertama kali pasti akan ada masalah. Sehingga nantinya saat Anda ingin membuat perencanaan bisnis selanjutnya, bisa meminimalisir kesalahan atau masalah yang sama. 

Tipe Perencanaan Bisnis 

Adapun beberapa tipe perencanaan bisnis yang juga harus Anda ketahui. Dimana setiap tipenya sendiri bisa disesuaikan dengan bidang bisnis yang akan Anda jalankan. Berikut ini adalah tipe dari perencanaan bisnis: 

1. Rencana operasional 

Tipe pertama dari business plan adalah rencana operasional. Untuk tipe yang satu ini sendiri adalah sebuah rencana bisnis yang mampu memberikan sebuah gambaran jelas akan prosedur perusahaan atau bagaimana perusahaan bisa berjalan. Tapi, jika Anda merasa tipe ini tidak berhasil, maka bisa menggantinya. 

2. Rencana Strategis

Kemudian ada rencana strategis atau strategik, dimana perencanaan bisnis yang satu ini akan berisi tentang langkah strategis apa saya yang diperlukan agar Anda bisa mencapai tujuan dari bisnis yang dijalankan. Jenis perencanaan bisnis yang satu ini sendiri terbilang sangatlah penting dan juga membutuhkan usaha keras agar bisnis bisa berkembang lebih jauh. 

3. Rencana taktis 

Kemudian ada perencanaan bisnis taktis yang mana dalam perencanaan ini sendiri Anda akan mencari cara untuk bisa menjalankan secara langsung strategi yang sudah Anda susun. Sehingga nantinya target profit bisa tercapai. 

4. Rencana jangka panjang 

Seperti namanya, jenis perencanaan bisnis yang satu ini sendiri difokuskan terhadap bisnis yang berjalan lebih dari 1 tahun. Tentu saja, untuk perencanaan ini harus ditulis atau dibuat dengan lebih detail. 

Itu adalah beberapa serba serbi yang harus Anda ketahui tentang perencanaan bisnis. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda.