Sering Dianggap Sama, Inilah Perbedaan Paspor dan Visa

perbedaan paspor dan Visa

Bagi Anda yang ingin bepergian ke luar negeri, tentunya Anda akan diminta dokumen resmi berupa paspor dan vis. Secara umum, dokumen tersebut merupakan dokumen resmi sebagai surat izin untuk bisa masuk ke negara lain. Tentu saja, tanpa ada paspor dan visa, Anda tidak diizinkan masuk ke negara tersebut.

Mungkin diantara Anda, ada yang menganggap bahwa paspor dan vis adalah sama. Namun, kenyataannya kedua dokumen tersebut berbeda. Pertanyaannya, dimana letak perbedaan kedua dokumen tersebut? Langsung saja, simak dengan seksama informasi perbedaan paspor dan visa berikut ini. Namun, sebelumnya pahami dahulu pengertian paspor dan visa.

Lebih Dekat dengan Paspor

Tentunya, Anda sering mendengar kalau ke luar negeri harus membawa paspor. Betul sekali, paspor merupakan salah satu dokumen resmi yang harus dimiliki untuk masuk ke suatu negara. Nah, apa sih sebenarnya paspor itu? Yuk, pahami dahulu hal-hal yang berkaitan dengan paspor berikut ini.

Definisi Paspor yang Perlu Diketahui

Paspor adalah salah satu dokumen resmi yang digunakan oleh seorang warga negara untuk melakukan perjalanan antar negara  atau ke negara asing. Perjalanan yang dimaksud adalah perjalanan bisnis maupun perjalanan liburan.

Paspor ini dikeluarkan resmi oleh pemerintahan masing-masing negara. Umumnya, paspor berisi identitas pemegang paspor. Di Indonesia, paspor diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Keimigrasian. 

Fungsi Paspor yang Harus Dipahami Sebelum Membuatnya

Paspor memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung dari jenis paspor yang diterbitkan oleh pihak terkaita. Adapun fungsi paspor sesuai dengan jenisnya adalah sebagai berikut.

  1. Fungsi paspor sebagai surat perjalanan ke negara asing. Paspor jenis ini disebut dengan paspor biasa. Umumnya, paspor ini berwarna hijau.
  2. Fungsi paspor sebagai dokumen resmi diplomatik. Jenis paspor ini dinamakan dengan paspor diplomatik. Biasanya, paspor ini diberikan kepada aparatur negara yang akan dan sedang menjalankan tugas diplomatik. Umumnya, paspor ini berwarna hitam.
  3. Selain sebagai dokumen resmi diplomatik, paspor juga memiliki fungsi sebagai dokumen resmi kedinasan antar negara. Jenis paspor ini dinamakan dengan paspor dinas. Paspor jenis ini berwarna biru.

Mengenal Visa Lebih Mendalam

Memang visa dinilai penting, itu karena visa termasuk dalam dokumen resmi untuk memasuki suatu negara asing. Nah, apa yang dimaksud dengan visa? Berikut adalah hal-hal yang berkaitan dengan visa.

Definisi Visa yang Perlu Anda Ketahui

Seperti pada penjelasan sebelumnya, visa merupakan dokumen resmi yang diterbitkan oleh negara melalui perwakilan suatu negara. Umumnya, visa ini berupa dokumen resmi untuk memberikan izin masuk dan keluar dari suatu negara ke negara lainnya.

Adapun isi visa dibuat berdasarkan kebijakan masing-masing negara yang mengeluarkan visa. Biasanya pada visa tercantum tujuan si pemegang visa mengunjungi suatu negara.

Beberapa Jenis Visa Beserta Fungsinya

Sama halnya dengan paspor, visa juga dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Adapun jenis visa beserta fungsinya adalah sebagai berikut.

  1. Visa kerja merupakan surat izin resmi si pemegang visa untuk bekerja di luar negeri. Umumnya, pada visa kerja ini tercantum lamanya si pemegang visa untuk bekerja. Jadi, visa ini dipegang oleh tenaga kerja yang bekerja di negara lain.
  2. Visa diplomatik, sesuai dengan namanya visa diplomatik merupakan visa khusus untuk perwakilan negara yang bertugas sebagai diplomat atau wakil suatu negara di negara lain. 
  3.  Visa turis, sesuai dengan namanya visa turis merupakan surat izin tinggal yang fungsinya untuk liburan saja.
  4. Visa pelajar merupakan visa yang digunakan untuk menempuh pendidikan di luar negeri. 
  5. Visa transit merupakan visa yang digunakan pemegang visa sebagai bukti izin transit di negara lain. Umumnya, visa ini diberikan kepada pemegang visa yang melakukan perjalanan ke beberapa negara dan harus transit selama 24 jam di negara lain.

Sebelum Membuatnya, Ketahui Perbedaan Paspor dan Visa

Betul sekali, jika dilihat dari definisi dan fungsinya, paspor dan visa memang sama-sama dokumen resmi yang digunakan untuk masuk ke suatu negara. Jadi, di mana letak perbedaan antara paspor dan visa? Berikut adalah perbedaan paspor dan visa.

1. Dilihat dari Fungsinya

Paspor berfungsi sebagai alat verifikasi identitas seseorang yang akan masuk ke suatu negara. Sementara, visa merupakan dokumen resmi yang diterbitkan oleh negara tujuan yang Anda kunjungi dan berfungsi sebagai surat izin keluar masuk  negara itu.

2. Dilihat dari Isinya

Paspor berisi informasi lengkap si pemegang paspor, seperti: nama, jenis kelamin, tanggal lahir dan foto sebagai bukti bentuk fisik si pemegang paspor. Sementara, visa berupa stempel dari negara yang dikunjungi, bahkan saat ini ada soft file atau e-visa.

3. Dari Segi yang Menerbitkan

Jika dilihat dari segi yang menerbitkan, paspor diterbitkan oleh pejabat resmi dari negara asal si pemegang paspor. Sementara, visa diterbitkan oleh negara tujuan di mana si pemegang visa akan berkunjung ke negara itu.

4. Dari Segi Masa Berlaku

Dilihat dari masa berlakunya, paspor memiliki masa berlaku yang panjang kurang lebih mencapai 10 tahun. Sementara, visa memiliki masa berlaku yang lebih pendek daripada paspor.

Nah, itulah perbedaan paspor dan visa yang perlu Anda ketahui, supaya Anda tidak salah menafsirkan keduanya. Pastikan, Anda memiliki dokumen resmi tersebut untuk masuk ke negara lain, supaya kunjungan Anda ke negara tersebut aman.