Sering Insomnia? Begini Tips Cara Agar Bisa Tidur Cepat

cara agar bisa tidur

Mungkin sebagian dari Anda sedang mengalami kesulitan tidur atau disebut dengan insomnia. Gangguan yang satu ini sendiri memberikan banyak sekali pengaruh buruk pada kehidupan penderitanya. Untuk cara mengatasinya pun tidaklah mudah, apalagi tidak banyak yang tahu bahwa mereka adalah penderita insomnia. Apabila Anda memang mengalami insomnia, mungkin cara agar bisa tidur cepat di bawah ini akan membantu.

Gejala dan Penyebab Insomnia

Tapi, sebelum Anda tahu bagaimana agar bisa tidur cepat, lebih baik memahami terlebih dahulu gejala dari gangguan insomnia ini. Berikut ini adalah gejala dari insomnia:

  1. Sulit sekali untuk bisa tidur.
  2. Bangun yang terlalu pagi, dengan waktu tidur sudah terlalu larut.
  3. Merasa lelah saat bangun.
  4. Sering terbangun di malam hari atau tidur tidak pernah bisa nyenyak.

Apabila Anda memang mengalami gejala tersebut, memang bisa jadi Anda menderita insomnia. Lalu apa saja penyebab dari gangguan tidur ini? Berikut ini adalah beberapa penyebab dari insomnia:

  1. Stress atau depresi yang disebabkan oleh beberapa hal semisalnya kehilangan pekerjaan, ditinggal orang terdekat dan lain sebagainya.
  2. Mempunyai suatu penyakit.
  3. Adanya perasaan tidak nyaman baik itu secara emosional dan juga fisik.
  4. Adanya gangguan sekitar lingkungan semisalnya terlalu bising, cahaya yang terlalu terang, suhu yang terlalu ekstrim dan lain sebagainya.
  5. Sedang dalam masa pengobatan.
  6. Jetlag atau perbedaan waktu ketika berpindah daerah atau negara.

Cara Agar Bisa Tidur Cepat Ketika Mengalami Insomnia

cara agar bisa tidur cepat

Meski banyak penyebab dari insomnia, bukan berarti tidak ada cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa tidur lebih cepat. Bagi Anda yang mengalami gejala yang disebutkan dapat menggunakan cara berikut supaya bisa tidur lebih cepat:

  • Jauhi minuman beralkohol dan kafein

Jika Anda termasuk orang yang aktif minum minuman yang mengandung alcohol dan kafein lebih baik mulai mengurangi atau bahkan menjauhinya. Alcohol dan kafein akan membuat Anda kesulitan tidur dan jika terus berlanjut sudah pasti akan menyebabkan insomnia semakin parah.

Apabila Anda sudah kecanduan, lebih baik mencari pertolongan dengan berkonsultasi ke ahli. Jika Anda masih bisa mengontrol keinginan meminum alcohol atau kafein, ada baiknya mengkonsumsi 6 jam sebelum waktu tidur.

  • Hindari stress

Kebanyakan penderita dari insomnia adalah orang yang kadar stressnya sangatlah tinggi. Bahkan untuk penderita insomnia akut telah mencapai tahap depresi. Agar Anda bisa tidur cepat, salah satu yang harus dilakukan adalah dengan menghindari stress. Anda dapat mengatasi stress dengan berbagai cara.

Semisalnya adalah dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai, traveling atau liburan, quality time bersama orang terdekat dan lain sebagainya. Selama bisa mengurangi stress yang Anda alami, tidak ada salahnya untuk dilakukan. Apabila stress berkurang, maka kualitas tidur pun akan semakin baik dan terhindar dari insomnia.

  • Atur ulang kamar tidur

Tidak dapat dipungkuri, terkadang Anda mengalami sulit tidur karena kamar tidak diatur dengan tepat atau sesuai dengan keinginan. Coba mulai untuk mengatur ulang tata letak dari perabotan yang ada di kamar Anda.

Anda pun bisa juga mengubah warna kamar ataupun merapikannya, sehingga kamar tidur menjadi lebih nyaman. Anda juga bisa melengkapi kamar dengan meletakan beberapa aroma terapi yang bisa membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

  • Mandi air hangat

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan agar bisa tidur cepat adalah dengan mandi air hangat. Apakah Anda tahu, bahwa mandi air hangat mampu membuat rileks otot dan saraf pada tubuh? Hal ini sudah dibuktikan oleh para ahli, di mana mandi air hangat sebelum waktu tidur akan membantu Anda untuk cepat terlelap. Dengan tubuh dan pikiran yang tenang dari air hangat inilah yang akan membuat Anda tidur dengan lebih nyenyak dan nyaman.

  • Olahraga

Tidak dapat diragukan lagi bahwa olahraga memang penting untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat. Ada sebuah penelitian yang juga telah menyatakan bahwa orang yang sering berolahraga mempunyai kualitas tidur yang sangat baik. Tidak hanya itu saja, olahraga juga bisa mendorong produksi hormone endhorpin yang bertugas untuk mengurangi rasa stress.

Apabila Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk olahraga, bisa memilih olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah. Semisalnya dengan melakukan squad, push up, sit up dan lain sebagainya. Lakukanlah secara rutin agar kualitas tidur semakin baik dan tubuh tetap dalam keadaan yang sehat.

Itulah beberapa cara agar bisa tidur cepat bila Anda mengalami insomnia. Ada beberapa cara lain yang mungkin bisa Anda coba, semisalnya adalah dengan meminum susu hangat atau makan cokelat. Tapi, jika insomnia yang Anda alami terbilang parah, lebih baik segera konsultasikan ke dokter. Karena, insomnia jika didiamkan akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya dan membuat aktifitas pun menjadi terganggu.