Spesifikasi Yamaha MT 15 dan Keunggulannya

Yamaha MT 15

Di Indonesia penggemar motor banyak sekali. Tidak heran banyak sekali pengguna motor yang mencari motor terbaik. Baru-baru ini salah satu perusahaan terbesar transportasi, Yamaha, telah mengeluarkan Yamaha MT 15. Sebuah motor yang diklaim paling gagah pada kelas 150 cc. Lalu, apa saja spesfikasi MT15 dan keunggulannya? Simak terus ulasannya, ya.

Spesfikasi Yamaha MT 15

Jika berbicara tentang motor sudah pasti masalah spesifikasi adalah yang paling pertama di bahas. Karena tidak mungkin Anda membeli sebuah motor jika tidak tahu apa saja yang disematkan pada kendaraan roda dua ini. Untuk MT15, berikut ini adalah spesfikasinya:

  • Tipe dari mesin MT15 Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA.
  • Berjumlah silinder tunggal.
  • Diameter x Langkah yang dipakai adalah 58,0 x 58,7 mm.
  • Perbandingan dari kompresinya adalah 11,6 : 1.
  • Maksimum dayanya adalah 14.2 kW/ 10000 rpm.
  • Torsi maksimal mencapai 14.7 Nm/ 8500 rpm.
  • Menggunakan sistem starter elektrik.
  • Sistem pelumasannya adalah basah.
  • Memiliki kapasitas oli mesin total 1,5 L, berkala 0,85 L dan ganti filter oli 0,95 L.
  • Sistem bahan bakar yang digunakan adalah fuel injection.
  • Mempunyai silinder volume 155 cc.
  • Tipe kopling yang digunakan adalah Wet Type Multi-Plate Clutch, Assist dan Slipper Clutch.
  • Tipe transmisi juga menggunakan manual dengan sistem transisinya adalah 1-N-2-3-4-5-6.

Dengan spesifikasi tersebut sebenarnya Anda sudah bisa mendapatkan kesimpulan seberapa hebatnya motor keluaran Yamaha ini. Meski begitu, mengetahui spesifikasinya saja tidaklah cukup. Karena masih belum tahi apa saja fitur apa saja yang melengkapinya.

Fitur dan Keunggulan Yamaha MT 15

Seperti yang sudah disinggung tadi, bahwa motor yang satu ini mempunyai ketangguhan yang jelas-jelas berkelas. Tapi, tentu saja tidak akan lengkap jika Anda belum melihat apa saja fitur yang melekat dan keunggulan yang didapatkan. Berikut ini adalah detail fitur yang ada di MT 15 dan keunggulanya:

  • Desain

Sebelum masuk ke fitur yang lebih jauh, desain pada motor Yamaha ini tidak boleh untuk Anda lewatkan. Yamaha sepertinya tidak ingin membuat motor yang hanya menang mesin saja, di mana pada MT 15 ini Anda bisa melihat ketangguhan body yang disematkan.

Masih menggunakan ciri khas dari MT Series sebelumnya, pada seri yang satu ini Anda bisa mendapatkan kesan gagah serta sporty yang masih sangat kental. Yamaha pun tetap tahu kebutuhan dari penggemarnya yang lebih suka mengutak-atik bagian body, sehingga banyak sekali titik-titik yang bisa di modifikasi agar tampilan lebih bergaya.

  • Dapur mesin

Jika Anda sudah memperhatikan spesifikasi yang sudah dijelaskan, maka Anda pasti sudah tahu bahwa dapur mesin yang ada pada motor ini tidaklah main-main. Teknologi VVA yang disematkan membuktikan bahwa motor ini lebih unggul dibandingkan dengan MT series lainnya. Adanya teknologi tersebut sudah menjadi poin lebih dari kemegahan motor ini.

  • Super Clutch dan Assist

Fitur assist serta Super Clutch yang ada pada motor ini pun juga tidka boleh Anda lewatkan. Adanya fitur ini membuat motor menjadi lebih ringan dalam urusan kopling. Pergantian gigi pun menjadi mudah dilakukan dan sangat halus. Tidak hanya itu saja, kemampuan akselerasi dari motor ini pun diklaim lebih cepat dibandingkan dengan MT sebelumnya.

  • Lampu

Pada motor ini, bagian lampunya pun tidaklah sembarangan. MT 15 menggunakan lampu projector, di mana lampu jenis ini mempunyai tingkat terang yang sangat baik. Bahkan jangkauannya menjadi lebih jauh, sehingga mengendarai motor ini pada malam hari masih sangatlah aman. Tidak hanya itu saja, ada juga bagian lampu LED yang disematkan pada bagian depan. Lampu LED ini pun memberikan kesan lebih ciamik pada motor ini.

  • Speedometer

Mungkin jika ditanya bagian manakah dari desain yang paling menarik perhatian dari motor ini adalah speedometernya. Pada MT 15 ini, speedometer yang digunakan memiliki kemampuan yang berbeda yaitu adanya shift timing light.

Di mana fitur tersebut akan membantu Anda dalam optimasi waktu pemindahan gigi. Ukuran speedometer pada motor ini juga lebih besar karena mengikuti desain luarnya sehingga tampilan menjadi lebih keren.

  • Stang yang lebih keren

Keunggulan terakhir dari motor yang satu ini adalah pada bagian stang yang didesain lebih lebar ala moge. Di mana stang ini memberikan kemudahan bagi pengendara untuk duduk lebih tegak sehingga postur pun membaik. Tapi, meski begitu masih tetap akan memberikan kenyamanan untuk pengendara ketika melaju di kemacetan.

Itulah penjelasan tentang spesifikasi dan keunggulan dari Yamaha MT 15. Bisa dikatakan motor yang satu ini cocok bagi Anda yang memang suka mencari kendaraan roda dua yang tangguh dan berdesain maskulin. Untuk harga MT 15 pun masih terbilang terjangkau apalagi dengan kemampuannya yang canggih, yaitu sekitar 34 jutaan rupiah.