Strategi Marketing Bisnis Coffee Shop yang Bisa Dicoba

Bisnis coffee shop sekarang ini memang termasuk sangat menjanjikan. Apalagi di Indonesia sekarang sedang terjadi perkembangan dunia digital yang membuat seseorang bisa bekerja dimana saja. Tidak hanya itu saja, berbagai kalangan pun juga suka menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga di coffee shop. 

Melihat adanya potensi ini, jelas tidak dapat dipungkiri kalau membangun bisnis coffee shop bisa jadi sangat menguntungkan. Namun, jelas ketika kamu membuka coffee shop harus ada strategi marketing yang dijalankan. Nah, di bawah ini ada beberapa strategi marketing yang dapat kamu jalankan di bisnis coffee shop. 

Strategi Marketing yang Bisa Dicoba Untuk Bisnis Coffee Shop 

Perkembangan usaha coffee shop yang sekarang ini semakin banyak, jelas menjadi bukti seberapa menariknya bisnis yang satu ini. Tapi, pada saat yang bersamaan juga persaingannya sangatlah ketat. Sehingga penting sekali bagi kamu untuk memiliki strategi marketing yang tepat jika ingin membuka coffee shop ini. Di bawah ini sendiri ada beberapa strategi marketing yang mungkin bisa kamu coba agar coffee shop menjadi berkembang: 

Desain Coffee Shop yang Unik dan Berbeda 

Strategi yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat desain coffee shop yang unik dan berbeda. Sekarang ini banyak sekali orang yang suka mengunjungi tempat-tempat yang punya desain dan tema unik. Dimana mereka ingin membagikan momen kunjungan mereka di media sosial.

Sehingga sangat disarankan untuk kamu membuat coffee shop dengan desain yang instagramable sekarang ini. Kamu bisa mencari referensi desain coffee shop dari berbagai sumber. Bisa juga melakukan riset di beberapa coffee shop dan mencari desain yang berbeda. 

Temukan Menu Unik dan Lezat 

Selain tempat yang bisa jadi lokasi foto–foto, maka kamu juga harus memastikan kalau menu yang dijual juga punya keunikan tersendiri. Mulai dari nama yang digunakan sampai dengan resep yang berbeda. Tapi, tidak ada salahnya kamu menjual resep yang sudah ada, tapi kamu bisa melengkapi dengan plating yang cantik dan nama yang mudah diingat. 

Menu yang paling penting jelas dari kopi yang menjadi menu utama. Jangan sampai, kamu tidak memperhatikan kopi yang kamu jual di coffee shop milikmu. Perhatikan dengan resep yang akan kamu pilih, karena coffee shop akan semakin ramai jika memang kopi yang kamu jual enak serta lezat. 

Gunakan Media Sosial 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dimana hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan media sosial untuk memposting kegiatan mereka. Dimana kamu juga harus memanfaatkannya untuk mempromosikan coffee shop yang kamu jalankan. Jadi, coffee shop yang kamu jalankan bisa dikenal lebih jauh lagi. 

Kamu bisa menggunakan berbagai media sosial yang ada sekarang, mulai dari Facebook, Instagram hingga Tiktok. Tentu saja, kamu tidak asal dalam memasarkan coffee shop ke masyarakat. Dimana kamu membutuhkan konten yang menarik untuk bisa menarik perhatian dari masyarakat akan coffee shop yang kamu jalankan. 

Lakukan Promo Serta Diskon 

Salah satu cara yang sudah pasti tidak boleh kamu lupakan saat menjalankan coffee shop adalah dengan melakukan promo serta diskon. Karena pada dasarnya tidak ada satupun orang yang tidak tertarik dengan promo dan diskon. Jadi, pastikan kamu menarik perhatian dari pelanggan dengan cara ini. 

Kamu bisa menggunakan beberapa strategi promo dan diskon. Misalnya buy 1 get 1, diskon dengan hitungan persen atau juga quiz. Ada banyak sekali cara promo dan diskon yang dapat kamu jalankan agar banyak orang yang datang ke coffee shop. Namun, sebelumnya kamu harus memahami terlebih dahulu perhitungan jelas agar tidak merugi. 

Terima Kritik dan Saran 

Nah, jika kamu ingin membuat coffee shop yang kamu jalankan berhasil, jangan segan untuk menerima kritik dan saran. Sangat penting sekali untuk diperhatikan masalah yang satu ini. Karena tidak banyak coffee shop yang terbuka terkait kritik dan saran. Sehingga kamu bisa mengetahui apa saja kekurangan dari coffee shop yang dijalankan. 

Kamu bisa mengimbangi penerimaan kritik dan saran ini dengan membagikan merchandise kecil-kecilan. Misalnya seperti pin atau stiker yang ditujukan sebagai rasa terima kasih karena telah membantu mengembangkan coffee shop yang dijalankan. Jadi, dengan begini kamu bisa mengembangkan coffee shop sesuai dengan baik dan bisa bertambah maju. 

Itulah beberapa strategi yang bisa kamu coba untuk bisa mengembangkan coffee shop yang sedang dijalankan. Tentu, kamu bisa berinovasi lebih jauh untuk bisa menemukan strategi yang tepat bagi perkembangan coffee shop. Jadi, kamu di masa depan pun coffee shop bisa terus berjalan dan dikenal masyarakat luas. Hal paling baik jika memang kopi yang kamu jual dalam menu memiliki rasa lezat dan banyak orang yang ingin menikmatinya.