Sukuk Ritel – Cara Investasi dan Keuntungannya

sukuk ritel

Saat ini generasi milenial digerakkan oleh penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel. SBN Ritel ini populer dengan nama sukuk tabungan dan sukuk ritel. Sukuk tabungan dan sukuk ritel ini termasuk dalam Surat Berharga Syariah Negara atau SBSN.

Kabarnya, dengan melakukan investasi sukuk ritel ini, maka Anda sudah berpartisipasi untuk mendanai pembangunan negara. Selain itu, ada banyak keuntungan yang didapat dari investasi sukuk ritel. Nah, bagaimana cara investasi sukuk ritel? Dan apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan dari investasi ini. Simak penjelasan tentang cara investasi sukuk ritel dan keuntungannya berikut ini.

Cara Investasi Sukuk Ritel yang Wajib Anda Ketahui

Berbeda dengan melakukan investasi saham, saat ini investasi sukuk ritel dapat dilakukan secara online. Tidak heran, jika dilihat dari cara investasi ini, pemerintah mengajak generasi milenial untuk ikut serta berinvestasi.

Adapun cara investasi sukuk ritel adalah sebagai berikut.

1. Lakukan Registrasi Menggunakan Aplikasi Elektronik MiDis

Sebelum melakukan investasi sukuk ritel, pastikan Anda sudah melakukan registrasi menggunakan platform elektronik bernama MiDis. Perlu diketahui, registrasi investasi sukuk ritel ini hanya dapat dilakukan secara online.

Setelah melakukan registrasi, Anda dapat memilih mitra distribusi yang tersedia. Lalu, buatlah Single Investor Identification (SID) dan rekening surat berharga. Perlu diketahui, pembuatan SID dan rekening surat berharga ini juga dilakukan secara online.

2. Pastikan Anda Melakukan Pemesan

Tahap selanjutnya adalah melakukan pemesanan melalui MiDis. Baca syarat dan ketentuan investasi dengan saksama supaya Anda tidak salah langkah. Jika pemesanan Anda sudah diverifikasi oleh sistem, Anda akan mendapatkan notifikasi.

Umumnya, verifikasi tersebut berupa kode pemesanan yang akan dikirim melalui email. Nah, kode pemesanan dan verifikasi ini berfungsi sebagai kode referal Anda untuk melakukan penyetoran dana.

3. Lakukan Pembayaran

Pastinya, setelah mendapat kode verifikasi, Anda harus melakukan pembayaran. Umumnya, pembayaran investasi sukuk ritel ini dapat dilakukan melalui teller bank, ATM sampai dengan mobile banking

Jika pembayaran yang Anda lakukan sukses, Anda akan mendapatkan kode Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN). Biasanya kode tersebut dikirim melalui email atau notifikasi di aplikasi MiDis yang berisi completed order by electronic MiDis.

4. Konfirmasi kepada Pihak Terkait

Setelah langkah demi langkah sudah Anda lakukan, tahap selanjutnya adalah melakukan konfirmasi kepada pihak terkait. Perlu diingat, ketika Anda melakukan konfirmasi pastikan Anda menunjukkan bukti kepemilikan Sukuk Ritel atau bukti kepemilikan SBN ritel yang sudah dikirim melalui email.

Itulah cara melakukan investasi Sukuk Ritel, mudah bukan? Pastinya, investasi ini memiliki banyak keuntungan. Selain Anda membantu pembangunan negara, ada keuntungan lain yang akan Anda dapatkan untuk jangka panjang.

Keuntungan Melakukan Investasi Sukuk Ritel

Sama halnya dengan investasi saham, investasi sukuk ritel juga memiliki banyak keuntungan. Berikut keuntungan melakukan investasi Sukuk Ritel yang perlu Anda ketahui.

1. Investasi Sukuk Ritel 100% Dijamin Pemerintah

Menurut Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2008 yang mengatur Surat Berharga Syariah Negara dan Undang-Undang mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. investasi sukuk ritel dijamin 100% oleh pemerintah. Artinya, sebagai investor ritel, Anda tidak perlu khawatir modal investasi Anda akan hilang.

2. Mendapatkan Imbalan yang Kompetitif

Salah satu keuntungan investasi sukuk ritel yang dinantikan oleh investor adalah mendapatkan imbalan yang kompetitif. Perlu diketahui, dengan melakukan investasi ini, Anda akan mendapatkan imbal hasil dalam bentuk uang sewa atau ujrah. Tentunya, prinsip imbal hasil yang ditetapkan di sini tidak mengandung unsur riba.

Selain itu, pembayaran imbal hasil dari investasi sukuk ritel ini dibayarkan secara rutin di setiap bulannya. Sementara, nilai pokok modal investasi pasti dibayarkan ketika sudah jatuh tempo kurang lebih sekitar 2 tahun. 

Perlu diketahui, imbalan sukuk ritel ini dinilai relatif tinggi dibandingkan dengan rata-rata suku bunga deposito. Jika dilihat dari jangka waktunya, yaitu 2 tahun, investor dapat menikmati keuntungan yang besar dibandingkan dengan menyimpan deposito dan tabungan.

Nah, perhitungan imbal hasil ini didapat dengan menggunakan sistem mengambang pada batas minimal. Artinya, dana untuk investasi sukuk ritel diperdagangkan sehingga menghasilkan keuntungan yang relatif besar.

1. Dapat Dilakukan secara Online

Keuntungan lainnya dari investasi sukuk ritel adalah mudah diakses. Artinya, investasi ini dapat dilakukan secara online tanpa perlu datang ke kantor. Selain itu, proses pencairan dana pun dapat dilakukan secara online.

Bukan rahasia lagi, saat ini akses secara online memang banyak diminati oleh generasi milenial. Oleh karena itu, investasi sukuk ritel pun menggunakan platform elektronik yang mudah diakses dan digunakan oleh generasi milenial.

2. Dinilai Halal karena Bebas Riba

Perlu diketahui, dasar investasi sukuk ritel ini adalah bebas riba. Tidak heran, jika beberapa pihak menilai investasi sukuk ritel dinilai halal. Jadi, bagi Anda yang berpegang teguh pada prinsip syariah, Anda bisa melakukan investasi sukuk ritel.

Itulah cara investasi sukuk ritel dan keuntungannya yang perlu Anda ketahui. Investasi sukuk ritel ini dijamin bebas riba, aman dan terhindar dari unsur judi. Tunggu apalagi, bagi Anda yang ingin melakukan investasi, jadikan investasi sukuk ritel sebagai investasi pilihan Anda.