Surat Pernyataan Perjanjian, Fungsi dan Manfaatnya

macam-macam MOU

Dalam kondisi tertentu, surat pernyataan ternyata penting dan sangat dibutuhkan. Contohnya adalah ketika ada satu situasi yang mengharuskan Anda untuk bertanggung jawab pada suatu hal, namun saat itu Anda belum bisa melakukannya.

Maka solusinya adalah dengan membuat satu surat pernyataan dan isinya berhubungan mengenai keadaan Anda. Tujuannya adalah supaya Anda bisa menjelaskan tentang penyebab mengapa Anda tidak bisa menyelesaikannya saat itu, serta meminta waktu hingga merasa mampu kembali. 

Fungsi Surat 

Berikut di bawah adalah fungsi dari surat pernyataan perjanjian :

1. Memberikan penjelasan 

Pada fungsi ini dijelaskan bila surat pernyatan merupakan deklarasi seseorang agar dapat memberikan penjelasan dengan lengkap terkait satu hal yang bisa atau tidak dilakukan seperti yang tertulis pada surat.

2. Sebagai dokumen 

Dapat digunakan untuk suatu kepentingan, biasanya akan dipakai sebagai dokumen atau berkas syarat administratif. Misalnya ketika Anda diterima kerja di satu perusahaan dan membutuhkan surat pernyatan.

Surat ini berisikan pernyataan bila Anda sanggup, tunduk, taat dan patuh dengan aturan yang berlaku pada instansi tersebut. Surat pernyataan ini juga merupakan berkas penunjang sebagai syarat penilaian seorang pekerja.

3. Sebagai pengingat

Surat pernyataan juga bisa dijadikan sebagai pengingat. Karena surat ini memiliki bentuk fisik yang jelas, maka apabila diperlukan pada saat-saat tertentu. Maka akan dengan mudah bisa mengingatnya kembali.

Karenanya simpanlah baik-baik surat pernyataan perjanjian tersebut agar tidak rusak. Surat ini juga tidak hanya menjadi pengingat bagi Anda, namun juga pihak yang namanya tercantum dalam surat pernyataan tersebut.

4. Sebagai bukti bila terjadi pelanggaran

Surat ini juga bisa digunakan sebagai berkas pendukung apabila terjadi sebuah pelanggaran atau hal-hal yang tidak seperti yang tertuang pada surat sedang berlangsung. Anda dapat mempergunakan surat pernyataan tersebut sebagai bukti.

Manfaat Surat 

Berikut di bawah adalah manfaat dari surat pernyataan perjanjian :

1. Bagi pembuat

Surat pernyataan dapat memberikan sebuah manfaat seperti pemberian mutu atau petunjuk yang berkaitan dengan sebuah kesanggupan dan kemampuan dari pembuat, dimana berarti surat ini menunjukan integritas dari pembuat yang akan dijelaskan ke pihak lainnya.

2. Bagi penerima

Untuk bagi penerima, teks berisi pernyataan tersebut dapat menjadi bukti pertanggungjawaban atau kontrak yang mengikat. Dimana bukti ini merupakan hal penting serta mengikat dan dapat menjadi patokan keseriusan dari si pembuat surat dalam melakukan yang dijadikan sebagai pernyataannya.

3. Untuk yang dinyatakan

Dengan adanya teks berisi pernyataan tersebut, maka akan memberikan keuntungan untuk kelompok atau sisi yang dinyatakan pada surat karena mereka memperoleh pengakuan dari pihak terkait mengenai hal yang sudah dilakukan. 

Dimana pengakuan tersebut dapat berupa pernyataan sebagai anggota dan mengenai kemampuan yang sudah dilakukan. Pembuatan dari surat ini tentunya memberikan banyak manfaat dari seluruh pihak sehingga termasuk penting dalam sebuah prosesnya.

Ciri-ciri Surat 

Karena surat pernyataan ini termasuk sebagai dokumen resmi yang sengaja dibuat atas sebuah kesanggupan akan sesuatu dan ditambahkan dengan materai yang semakin menguatkan dalam sisi hukum, maka ciri dari surat pernyataan adalah sebagai berikut :

  • Mempergunakan bahasa resmi, sopan dan informatif.
  • Terdapat data diri yang ditulis secara lengkap, terperinci dan efektif.
  • Dalam penulisan isi harus menggunakan bahasa serta ejaan yang disesuaikan oleh PUEBI.
  • Terdapat judul yang letaknya berada di tengah surat dan menunjukan bentuk surat tersebut.
  • Isi surat haruslah berisi tentang pernyataan yang sesuai dengan kebenarannya.
  • Pembuat surat harus membubuhkan tanda tangannya diatas materai serta menuliskan nama terang.

Ciri-ciri tersebut tentunya juga dapat dijadikan sebagai patokan pembuatan surat yang benar dan baik. Selain itu, bila dilihat dari susunannya, surat pernyataan memiliki kesamaan dengan beberapa surat lainnya. walau demikian, tetap ada sedikit perbedaan yang lainnya. 

Berikut adalah ciri-ciri dari susunan surat pernyataan benar, yakni : 

  • Bagian judul dari surat, akan dituliskan dengan huruf kapital, tebal dan berada di tengah. Judul surat dibuat sederhana.
  • Bagian isi dari surat, biasanya akan dituliskan identitas diri dari pembuat surat. Kemudian setelahnya akan ditulis mengenai pernyataan yang sesuai fakta dengan sebenar-benarnya dan tercantum pula identitas dari pihak atau orang yang dinyatakan.
  • Selanjutnya, di bagian penutup. Terdapat identitas pembuat, nama, tanda tangan, tanggal, lokasi pembuatan dan informasi lain yang ingin dimasukkan, misalnya nomor KTP atau lainnya.
  • Terakhir adalah materai atau cap resmi milik satu instansi. Atau keduanya sebagai penguat agar surat tersebut semakin kuat keberadaannya dimata hukum.

Demikianlah informasi mengenai surat pernyataan perjanjian beserta maksud pembuatan, manfaatnya hingga cara untuk membuatnya. Perlu diingat ketika salah satu pihak melanggar, maka pihak lainnya bisa melakukan tuntutan sesuai dengan hukum yang berlaku di negara Indonesia.