Syarat dan Biaya Perpanjang STNK 5 Tahunan

Ketika Anda memiliki kendaraan pribadi, maka perpanjangan STNK 5 tahunan adalah hal penting untuk diperhatikan. Perpanjangan STNK 5 tahunan ini sendiri perlu dilakukan karena akan ada pembaharuan data terhadap kendaraan dan juga mengawasi pembayaran pajak kendaraan. Jika Anda ingin memperpanjang STNK 5 tahunan, maka di bawah ini akan dijelaskan apa saja syaratnya dan juga biaya yang perlu Anda siapkan. 

Syarat serta Biaya Perpanjang STNK 5 Tahunan 

Memperpanjang STNK sendiri sangatlah penting sekali. Dimana tujuannya adalah agar pemilik kendaraan patuh terhadap peraturan pemerintah dan juga pajak. Bagi setiap pemilik kendaraan sendiri pun telah diwajibkan untuk melakukan perpanjangan STNK setiap 5 tahun sekali. Apa saja syaratnya? Lalu berapa biayanya? Berikut ini adalah penjelasannya: 

Syarat Perpanjang STNK 5 Tahunan 

Pada dasarnya syarat untuk perpanjang STNK per 5 tahun sekali ini sangatlah mudah sekali. Dimana caranya adalah sebagai berikut ini: 

  • Bawa STNK asli dan fotokopi 
  • Siapkan BPKB asli dan fotokopi 
  • Membawa KTP asli dan fotokopi
  • Membawa surat kuasa dengan materai jika memang perpanjang STNK diwakilkan orang lain. 
  • Membawa kendaraan yang sesuai dengan STNK dan BPKB. 

Ketika semua syarat dokumen di atas sudah disiapkan, maka Anda sudah bisa datang ke Samsat terdekat dan nantinya Anda hanya perlu mengikuti prosedur dari petugas saja. 

Biaya Perpanjang STNK 5 Tahunan 

Selain membawa syarat yang diperlukan untuk memperpanjang STNK, maka Anda juga harus menyiapkan biaya yang diperlukan. Berapa kira-kira biaya untuk perpanjang STNK 5 tahunan? Berikut ini rinciannya: 

  • Cek fisik akan dikenai biaya Rp. 10 ribu dan bisa berbeda di setiap kota. 
  • Biaya untuk legalisir cek fisik sekitar 20 ribu hingga 40 ribu dan opsional. 
  • Membayar pajak kendaraan senilai 2% dari harga jual kendaraan. 
  • Membayar SWDKLLJ sebesar 143 ribu. 
  • Membayar biaya administrasi STNK 200 ribu. 
  • Biaya untuk TNBK sebesar 100 ribu. 

Tips Perpanjang STNK 5 Tahunan 

Bagi Anda yang memang harus perpanjang STNK per 5 tahunan ini lebih baik memperhatikan beberapa tips untuk melakukan perpanjangan. Hal ini sendiri agar Anda tidak kerepotan dalam mengikuti prosedur perpanjang STNK. Berikut ini adalah tipsnya: 

Siapkan syarat terlebih dahulu 

Tips pertama yang harus Anda lakukan agar bisa perpanjang STNK dengan lancar adalah dengan menyiapkan syaratnya terlebih dahulu. Mulai dari dokumen yang diperlukan hingga kendaraan yang akan diperpanjang STNK-nya. Pastikan bahwa Anda sudah menyiapkannya sebelum hari perpanjangan. 

Sehingga ketika Anda di kantor SAMSAT pun semua prosedur bisa berjalan dengan lancar dan Anda tidak perlu lagi mencari syarat yang ketinggalan. Apalagi jika Anda harus mewakilkan orang lain dalam perpanjangan STNK kendaraan ini. Termasuk dalam surat kuasa yang harus Anda siapkan sebelumnya. 

Kelengkapan kendaraan 

Tidak hanya dokumen saja yang perlu untuk Anda siapkan, tapi juga dari kendaraan yang akan diperpanjang STNK. Pastikan bahwa kondisi kendaraan sesuai dengan keterangan STNK, misalnya dari plat, warna dan lain sebagainya. Bahkan untuk nomor mesin kendaraan juga harus sama. Karena jika ada yang berbeda, sudah pasti perpanjangan STNK akan dipersulit. Hal ini memang wajar mengingat banyak sekali motor curian yang memiliki STNK palsu. 

Datang lebih awal 

Untuk melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan sendiri, Anda harus melakukannya di kantor SAMSAT terdekat atau yang sesuai dengan domisili STNK. Ada baiknya Anda datang lebih pagi yaitu dekat dengan waktu operasional SAMSAT. Kantor SAMSAT sendiri akan buka mulai dari jam 8 pagi. 

Hal ini sendiri untuk mencegah Anda mengantri terlalu lama. Sehingga proses perpanjangan STNK pun bisa berjalan dengan lebih cepat. Karena biasanya semakin siang Anda datang ke kantor SAMSAT, maka sudah pasti akan semakin ramai. Mengingat pada hari yang sama bisa jadi ratusan orang melakukan perpanjangan STNK. 

Siapkan uang untuk biaya perpanjangan 

Tips terakhir yang harus Anda perhatikan jelas dari uang untuk biaya perpanjangan. Di bagian sebelumnya sudah dijelaskan berapa biaya yang harus dibayarkan untuk perpanjang STNK 5 tahunan ini. Anda ada baiknya membawa uang lebih dari perkiraan di atas, karena ada beberapa biaya yang memang bisa berbeda antara satu kota dengan yang lainnya. Jangan sampai Anda membawa uang dengan jumlah yang kurang. Namun, sekarang Anda bisa membayar perpanjangan STNK dengan menggunakan ATM. 

Demikianlah penjelasan akan syarat dan biaya perpanjangan STNK 5 tahunan untuk kendaraan. Dimana sudah dapat terlihat bahwa syaratnya sangatlah mudah dan biayanya juga tidak mahal, mengingat hanya dibayarkan 5 tahun sekali saja. Lebih baik Anda tidak melakukan perpanjangan setelah masa berlaku habis. Karena akan ada denda yang dikenakan dan Anda pun harus mengeluarkan uang lebih untuk membayarnya. Jadi, pastikan tepat waktu, ya.