Tabungan Berjangka BRI dan Besaran Bunganya

tabungan berjangka bri

Tabungan berjangka BNI merupakan tabungan pendidikan untuk anak dari Bank BNI. Seperti yang Anda tahu jika tabungan berjangka juga menjadi salah satu Langkah awal untuk Anda berinvestasi. Caranya yang sederhana dengan menggunakan strategi berbentuk menabung seperti pada umumnya. 

Namun, terdapat perbedaan dalam jangka waktu untuk menabung hingga akhirnya tabungan tersebut dapat dicairkan. Untuk tenornya juga dapat disesuaikan dengan waktu yang sudah disepakati pada awal pembuatan. Pada umumnya simpanan ini mempunyai tenor mulai dari 12 bulan sampai 240 bulan atau sekitar 20 tahun. 

Anda hanya perlu melakukan putaran secara rutin setiap bulan pada tanggal yang telah ditentukan, pada umumnya setoran akan menggunakan sistem auto debet. Untuk pilihan tabungan ini juga mempunyai suku bunga yang lebih besar dibandingkan dengan rekening tabungan biasanya.

 Selain itu, Anda juga bisa memperoleh perlindungan asuransi secara gratis dengan memiliki tabungan berjangka ini. Apabila Anda selaku pemilik rekening tersebut meninggal, secara otomatis maka setoran setiap bulannya akan dilanjutkan oleh pihak asuransi yang terkait.

 Tabungan berjangka ini cocok untuk Anda yang masih sulit menabung tetapi mengetahui jika menabung sangat penting untuk dana darurat. Simpanan ini juga menjadi salah satu yang sama dengan deposito maupun reksadana, yang berarti Anda dapat sewaktu waktu mencairkan dana yang telah Anda tabung kan saat membutuhkan dana tersebut.

 Tidak hanya itu saja, terdapat banyak orang yang menjadikan tabungan berjangka ini tempat untuk mengumpulkan dana demi mendapatkan tujuan finansial yang mereka inginkan. Khususnya saat tujuan ini memerlukan dana yang sangat besar. Tabungan dengan tenor ini selalu menjadi favorit untuk para Millennial menyimpan dana untuk uang muka membeli rumah, modal pernikahan maupun modal untuk kredit kendaraan.

Hampir seluruh bank, baik yang Syariah maupun konvensional, tentunya mempunyai produk tabungan berjangka ini. Beberapa diantaranya yang telah dikenal oleh masyarakat yaitu tabungan berjangka dari Bank BNI biasa disebut dengan Tapenas BNI.

Tabungan Berjangka – Tapenas BNI

daftar tabungan berjangka

Sebab hidup hanya sekali, maka Anda harus menikmatinya. Ungkapan tersebut memang ada benarnya jika hidup memang harus dinikmati dan juga melakukannya hal yang disukai. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat Anda bangkrut maupun terlilit utang, tentu saja ada juga harus menabung. 

Untuk sejumlah orang, masih ada yang sulit untuk dapat berkomitmen dalam hal menabung pada setiap bulannya. Selalu saja ada alasan untuk mengeluarkan uang dari rekening tabungan. Namun, tidak dengan tabungan berjangka BNI ini, Anda dapat disiplin menabung bahkan Anda dapat mengumpulkan puluhan puluhan juta rupiah dalam waktu dua tahun saja.

 Salah satu pilihan tabungan berjangka yang dapat Anda pertimbangkan yaitu Tapenas dari Bank BNI, tabungan ini memiliki manfaat anda yang ingin meningkatkan kedisiplinan untuk menabung, kepastian dana demi tujuan masa depan, mendapatkan asuransi bebas premi, sebagai investasi sebab tabungan berjangka memiliki bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa.

Bunga tabungan berjangka BRI mulai dari 0,50% untuk dollar dan 4% untuk rupiah. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mempunyai lebih dari satu rekening tabungan berjangka BNI ini serta bebas menentukan tenor yang mulai dari dua hingga 18 tahun. Apabila anda telah memiliki rekening BNI Taplus, maka anda hanya perlu mengisi formulir dari Tapenas BNI ini. 

Bank BNI juga menawarkan pilihan produk menabung dengan dua mata uang pilihan yaitu dollar Amerika Serikat (USD) dan uang rupiah (IDR). Jika anda sanggup dan ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, maka Anda menabung dengan dollar. Selain itu, pilihan pembayaran untuk mengklaim asuransi juga dibilang sangat fleksibel.

Setoran bulanan akan dilanjutkan hingga tanggal jatuh tempo atau bisa juga di akumulasikan lalu dibayarkan secara sekaligus. Anda bisa membuka beberapa rekening Tapenas ini. Berikut ini adalah syarat untuk penyetoran dana pada tabungan berjangka BNI.

Syarat Penyetoran Dana

  • Anda dapat bebas menentukan setoran setiap bulannya sesuai dengan kemampuan mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 5 juta.
  • Setoran bulanan dilaksanakan dengan auto debet dari rekening utama setiap tanggal 5 di setiap bulannya. Sehingga Anda tidak perlu lagi repot untuk datang ke kantor cabang Bank BNI.
  • Setoran di luar dari setoran bulanan atau setoran tambahan bisa dilakukan di seluruh kantor bank BRI, maupun melalui ATM, internet banking, dan juga SMS banking.

Syarat Penarikan Dana

  • Penarikan setoran tambahan dapat dilakukan secara utuh maupun Sebagian dari jumlah setoran tambahan, sesuai ketentuan yang telah berlaku.
  • Penarikan dana hanya dapat dilakukan jika ada setoran tambahan saja.
  • Pada ketika jatuh tempo, pengembangan dan akumulasi dana secara otomatis akan langsung ditransfer ke rekening utama.

Demikianlah pembahasan mengenai tabungan berjangka BNI yang mungkin dapat menjadi solusi untuk Anda yang ingin menabung atau berinvestasi dengan jangka waktu yang panjang.