Tetap Aman Tanpa Cash, Yuk, Cari Tahu Apa Itu Dompet Digital?

dompat digital

Di era yang serba digital ini, fenomena penggunaan uang cash cukup minim. Itu karena masyarakat mulai menggunakan dompet digital. Tentu saja, dengan adanya dompet digital atau e-wallet, masyarakat banyak mendapatkan kemudahan.

Salah satunya lebih mudah bertransaksi secara online, tanpa harus keluar rumah. Melihat fungsi e-wallet tersebut, apa sih sebenarnya dompet digital itu? Untuk menjawab semua pertanyaan yang berkaitan dengan dompet digital, alangkah baiknya jika Anda menyimak informasi berikut ini dengan saksama.

Pengertian Dompet Digital yang Perlu Diketahui

Sesuai dengan namanya, dompet digital merupakan sistem penyimpanan uang dalam aplikasi atau secara elektronik. Artinya, dengan menggunakan dompet digital, Anda tidak perlu lagi menggunakan uang tunai dalam bertransaksi jual beli.

Selain itu, dompet digital ini juga dapat digunakan untuk membayar berbagai macam tagihan secara online. Jadi, dengan menggunakan dompet digital, banyak sekali kemudahan yang bisa Anda dapatkan dalam bertransaksi. 

Keuntungan Menggunakan Dompet Digital untuk Berbagai Transaksi Baik Online dan Offline

Selain kemudahan dalam bertransaksi, masih banyak lagi keuntungan yang kita dapatkan dengan menggunakan dompet digital. Adapun keuntungan menggunakan dompet digital adalah sebagai berikut.

1. Kemungkinan Mendapatkan Banyak Diskon dan Promo

Salah satu keuntungan menggunakan dompet digital adalah mendapatkan banyak diskon dan promo. Pastinya, hal tersebut sangat menyenangkan apalagi bagi yang hobi belanja. Selain diskon dan promo, beberapa e-wallet juga sering memberikan cashback kepada pemiliknya.

2. Dapat Melakukan Transaksi Di Mana Saja dan Kapan Saja

Keuntungan yang paling utama dari dompet digital adalah kita dapat melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja. Bisa dibilang, kita bisa melakukan transaksi selama 24 jam dan di rumah saja tanpa harus keluar rumah. 

Jika Anda menggunakan dompet digital untuk membayar tagihan, Anda tidak perlu lagi datang ke kantor atau bank untuk membayar. Jadi, memiliki dompet digital ini sangat menguntungkan karena efektif, efisien dan menghemat banyak waktu plus biaya.

3. Bisa Membayar Sesuai Harga

Tentunya, dengan menggunakan dompet digital Anda dapat membayar sesuai harga tanpa harus memikirkan uang kembalian. Jadi, Anda tidak perlu kerepotan lagi antri menunggu uang kembalian di kasir.

3 Dompet Digital yang Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia

Bagi Anda yang sudah menggunakan e-wallet, tentunya Anda sudah mengenal beberapa dompet digital yang ada di Indonesia. Penasaran apa saja dompet digital yang ada di Indonesia? Simak penjelasan berikut ini.

1. Link Aja

Perlu diketahui, dompet digital yang satu ini merupakan rebranding e-wallet T-Cash, yaitu Link Aja. Seiring perkembangannya dompet digital yang satu ini mengalami perubahan. Saat ini, Link Aja merupakan salah satu fintech yang dikelola oleh beberapa BUMN, seperti: Telkomsel, Pertamina dan Bank Mandiri.

Perlu diketahui, Link Aja dapat digunakan untuk berbagai transaksi jual beli dan pembayaran tagihan. Bahkan Link Aja juga sering digunakan untuk pembayaran MRT, KRL sampai dengan pembayaran tol.

2. Gopay

Dompet digital yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat, yaitu Gopay. Dilihat namanya, e-wallet yang satu ini merupakan dompet digital yang dikelola oleh aplikasi Gojek. Memang, pada awalnya Gopay digunakan sebagai alat pembayaran apllikasi ojek online ini.

Namun, seiring perkembangannya Gopay dapat digunakan sebagai dompet digital untuk berbagai transaksi keuangan dan pembayaran tagihan. Bahkan saat ini, beberapa e-commerce bekerja sama dengan Gopay sebagai alat pembayaran belanja online.

3. OVO

Satu lagi dompet digital yang terintegrasi dengan e-commerce dan aplikasi transportasi, yaitu OVO. Kabarnya, dompet digital yang satu ini merajai e-wallet lainnya. Itu karena pengguna OVO hampir 62% pengguna dibandingkan dengan e-wallet lainnya.

Perlu diketahui, OVO memiliki beragam fitur yang mudah digunakan dan sesuai dengan kultur masyarakat Indonesia. Selain itu, OVO juga banyak memberikan promo, diskon dan cashback kepada nasabahnya. Jadi, bagi Anda yang penasaran dengan dompet digital yang satu ini, Anda bisa mengunduhnya di google playstore.

Tips Aman Menggunakan Fasilitas Dompet Digital

Bagi Anda pengguna dompet digital, Anda wajib berhati-hati dalam menggunakannya untuk menghindari kemungkinan terjadinya cyber crime. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada tips aman menggunakan dompet digital. Adapun tips tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Gunakan aplikasi dompet digital yang resmi. Artinya, pastikan Anda mengunduh aplikasi e-wallet di Google Playstore untuk pengguna android dan Appstore untuk pengguna IOS.  Hal tersebut untuk menghindari aplikasi palsu.
  2. Hindari membahas informasi pribadi tentang diri Anda dan hal-hal yang berkaitan dengan ponsel Anda. Supaya informasi pribadi di ponsel Anda tidak tersebar kepada orang yang kurang bertanggung jawab.
  3. Hindari menggunakan VPN di smartphone Anda. Perlu diketahui, penggunaan VPN memungkinkan data yang ada di smartphone Anda dapat diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya, data yang tersimpan di ponsel Anda akan mudah tersebar.

Bagaimana menurut pendapat Anda, tentang apa itu dompet digital? Semoga informasi tentang dompet digital ini dapat menambah pengetahuan Anda tentang e-wallet. Tentunya, bagi Anda yang sudah menggunakan dompet digital harus tetap berhati-hati menggunakannya.