Tiba-tiba di PHK? Begini Caranya Bertahan Hidup dan Dapat Pekerjaan Lagi

tiba-tiba di PHK

Karena pandemi, banyak sekali perusahaan dan bisnis baik besar maupun kecil yang harus menutup usaha mereka hingga mau tidak mau melakukan pengurangan pegawai secara besar-besaran untuk menekan budget agar perusahaan bisa tetap berdiri,

Tentunya hal tersebut berdampak pada jumlah pengangguran menjadi membludak, walau banyak juga dari mereka yang langsung mencari cara untuk tetap bisa bertahan di tengah-tengah covid-19. Pastinya hal utama adalah mengencangkan ikat pinggang hingga mendapatkan kembali pekerjaan.

Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk bertahan :

Mengelola pengeluaran serta menekan budget

Pengeluaran merupakan hal penting yang memang harus dicermati ketika Anda tidak lagi memiliki penghasilan. Walau masih ada pesangon serta dana darurat, namun bukan berarti bisa membuang-buang uang seenaknya.

Anda harus melakukan pengecekan kembali untuk anggaran, khususnya pada bagian pengeluaran dan bila ada yang masih dapat ditunda Anda bisa mencoretnya. Misalnya seperti berbelanja pakaian atau membeli gadget.

Dahulukan terlebih dulu hal-hal yang utama, misalnya seperti membayar hutang, kebutuhan bulanan, asuransi kesehatan dan dana darurat. Karena di masa-masa tersebut Anda harus benar-benar mengencangkan ikat pinggang hingga menemukan pekerjaan dan finansial kembali stabil.

Mencari pemasukan

Tentunya Anda membutuhkan penghasilan, jangan terlalu gengsi untuk memulai usaha kecil-kecilan. Karena tidak mungkin Anda terus mengandalkan simpanan atau uang pesangon. Ingatlah bahwa tagihan-tagihan serta cicilan yang dimiliki tidak akan menunggu hingga Anda mendapatkan pekerjaan baru.

Jadi, berusahalah untuk bisa tetap survive. Anda harus mencari pekerjaan ringan atau gunakan keahlian yang dimiliki agar bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Misalnya Anda mempunyai keahlian dalam bidang editing video, maka cobalah untuk menawarkan jasa editor video pendek dengan tarif yang disesuaikan dengan tingkat kesulitan video.

Meningkatkan keahlian

Anda juga bisa mengikuti kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan skill. Misalnya kursus pada lembaga milik negara. Dengan mengikuti pelajaran disana, biasa juga bisa mendapatkan rekomendasi kerja berdasarkan keahlian masing-masing pekerja.

Dengan mengikuti pelatihan, tentunya akan membuat skill Anda semakin meningkat dan hal ini sangatlah membantu. Apalagi sertifikat yang Anda dapatkan dari tempat tersebut juga bisa dijadikan sebagai berkas yang dilampirkan dalam lamaran pekerjaan.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti kelas-kelas online. Tentunya ini akan lebih murah karena Anda tidak membutuhkan biaya transportasi dan bisa dilakukan dari rumah. Kemudian, bila memang ingin yang benar-benar gratis.

Anda bisa memanfaatkan youtube untuk memperoleh seputar hal yang menjadi minat. Misalnya dengan menonton acara-acara memasak, merangkai bunga, atau kegiatan lain. Pasti ada salah satu dari semua itu yang bisa dijadikan usaha dan menambah keahlian diri sendiri.

Menghemat anggaran makan

Berhemat pada opsi yang satu ini bukanlah setiap hari hanya mie instan atau ceplok telor. Namun, lebih kepada mulailah untuk memasak sendiri makanan Anda. Kurangilah jajan diluar, karena hal tersebut termasuk pemborosan.

Kemudian, bila biasanya Anda setiap hari makan dengan lauk ayam. Kali ini Anda bisa menguranginya menjadi satu minggu sekali dan digantikan dengan yang lainnya, misalnya ikan, tahu, tempe atau bisa juga hati ampela ayam.

Percayalah memasak makanan sendiri itu jauh lebih hemat bila dibandingkan order menggunakan ojek online atau jajan di warteg. Tentunya dengan begitu, Anda juga sekalian belajar memasak, siapa tahu bisa jadi modal membuka usaha kuliner.

Jual atau gadaikan barang berharga

Apabila keadaan Anda menganggur cukup lama dan simpanan mulai menipis. Anda bisa menjual atau menggadaikan benda berharga yang dimiliki. Misalnya menjual emas perhiasan atau benda lainnya yang memang memiliki nilai tinggi bila di jual.

Karena bila Anda memiliki tagihan atau cicilan dan dalam keadaan masih belum mendapatkan pekerjaan baru, menjual atau menggadaikan barang merupakan salah satu cara supaya semua hutang tersebut tidak menumpuk.

Sebab, apabila tagihan Anda menjadi menumpuk. Tentu akan semakin membuat Anda stres, jadi korbanlah barang-barang tersebut untuk melunasi semua cicilan.

Mengirimkan lamaran kerja kebanyak perusahaan

Sembari Anda bekerja sambilan atau usaha kecil-kecilan, jangan lupa untuk tetap mengirimkan CV kebanyak perusahaan. Anda bisa mencari lowongan dari internet atau melalui koran, bisa juga menanyakannya kepada teman dan keluarga. Untuk pengiriman CV akan lebih baik bila melalui email, hal ini bertujuan agar lebih hemat.

Anda bisa menanyakan pada perusahaan tempat bekerja sebelumnya, apakah mereka bisa merekomendasikan pekerjaan kepada Anda atau setidaknya salah satu dari rekan kerja dulu mempunyai informasi. Lakukanlah semua cara untuk bisa memperoleh pekerjaan baru demi bertahan hidup dan memperbaiki finansial.

Tetap sabar dan optimis

Bila saat ini Anda berada dititik terendah karena di PHK. Tetapi, Anda tetap harus selalu sabar dan penuh optimis. Jangan pernah menyerah pada keadaan, ingatlah bila Anda berusaha dengan keras pasti akan mendapatkan apa yang dicari.