Tidak Perlu Ragu Lagi, Inilah Keuntungan Menabung di Bank yang Perlu Diketahui

manfaat menabung

Pada awalnya, kegiatan menabung yang dilakukan oleh manusia dilakukan di rumah. Namun, seiring perkembangan zaman, menabung dapat dilakukan di lembaga keuangan baik bank maupun non bank. Tentunya, menabung di bank memiliki banyak manfaat.

Perlu diketahui, produk tabungan yang dikeluarkan oleh bank pada awalnya menggunakan buku tabungan sebagai catatan transaksi uang di debet dan kredit. Nah, saat ini ada beberapa jenis tabungan yang menggunakan konsep tabungan digital.

Namun, meski berubah konsep produk tabungannya, menabung di bank tetap memiliki keuntungan. Adapun keuntungan menabung di bank yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut.

Manfaat Menanamkan Kegiatan Menabung di Bank

Banyak sekali manfaat menabung yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Apalagi, jika kegiatan menabung tersebut dilakukan di bank. Adapun manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Rutin menabung dapat mendidik Anda untuk belajar berhemat.
  2. Menabung mengajarkan kita untuk belajar investasi. Pastinya, investasi ini memiliki manfaat di masa depan.
  3. Dengan rajin menabung, dapat mencegah Anda untuk berhutang.
  4. Dengan menabung, Anda tidak perlu khawatir kehabisan uang ketika ada kebutuhan mendesak.
  5. Menabung di bank lebih aman, jika dibandingkan dengan menabung di rumah. Itu karena Anda tidak perlu khawatir lagi kehilangan uang.

Keuntungan Menabung di Bank yang Tidak Perlu Diragukan Lagi

Pastinya,, menabung di bank memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan menabung di rumah. Keuntungan tersebut bukan hanya soal keamanan saja melainkan soal bagi hasil yang bisa Anda dapatkan dari menabung di bank.

Berikut dijelaskan keuntungan menabung secara rinci yang perlu Anda ketahui.

1. Keamanan Terjamin

Keuntungan pertama yang didapat dari menabung di bank adalah keamanan yang terjamin. Hal tersebut karena sistem keamanan di bank berlapis-lapis, jadi tidak mudah dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, umumnya setiap bank umum di Indonesia bekerja sama dan terdaftar pada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Perlu diketahui, LPS merupakan lembaga pemerintah yang ikut serta menjamin keuangan nasabah di bank.

2. Mendapatkan Keuntungan dari Bunga Bank atau Program Bagi Hasil

Jika dibandingkan dengan menabung di rumah, menabung di bank bisa mendapatkan keuntungan dari bunga bank atau sistem bagi hasil yang diterapkan oleh bank. Umumnya, bunga atau bagi hasil akan bisa dinikmati oleh nasabah dalam jangka panjang. 

Jadi, bagi Anda yang menabung dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda akan mendapatkan bunga atau bagi hasil yang siginifikan dari tabungan Anda. Asalkan saldo yang tertinggal di tabungan Anda tidak di bawah saldo tabungan minimum.

3. Bebas Melakukan Transaksi Perbankan

Satu lagi keuntungan menabung di bank, yaitu bebas melakukan transaksi perbankan. Tentunya, kebebasan bertransaksi ini tidak Anda dapatkan ketika Anda menabung di rumah. Hal tersebut karena menabung di bank diberikan fasilitas pendukung, seperti: kartu debit, layanan perbankan online sampai dengan fitur layanan belanja di merchant tertentu.

Pastinya, dengan fitur canggih yang diberikan oleh  bank, Anda dapat melakukan berbagai transaksi meski hanya di rumah saja. Contoh: jika Anda ingin membayar tagihan listrik, Anda bisa memanfaatkan fasilitas mobile banking pada tabungan Anda.

4. Simple dan Praktis

Tentu saja, kegiatan menabung di bank tidak pakai ribet. Itu karena menabung di bank dinilai simple dan praktis, dengan keuntungan sebagai berikut.

  • Menabung di bank dinilai simple karena Anda cukup memeriksa rincian transaksi perbankan Anda dari buku tabungan.
  • Praktis, Anda bisa melakukan transaksi perbankan 24 jam tanpa perlu datang ke kantor bank. 

5. Pengelolaan Keuangan Menjadi Lebih Terencana

Bukan rahasia lagi, tujuan dari menabung adalah supaya kita bisa mengelola keuangan dengan baik dan terencana. Hal tersebut juga merupakan salah satu keuntungan menabung di bank.

Tentu saja, dengan menabung di bank secara rutin setiap bulannya, pengelolaan keuangan Anda menjadi lebih terencana. Artinya, Anda tidak perlu takut lagi kehabisan uang karena di awal bulan Anda sudah menyisihkan penghasilan Anda untuk menabung.

Selain itu, dengan rutin menabung setiap bulannya dapat mengajarkan Anda untuk hidup lebih disiplin dan tidak menghamburkan uang. Jadi, soal menabung di bank tidak perlu ragu lagi.

6. Berkesempatan untuk Mendapatkan Hadiah dari Program Tabungan di Bank

Perlu diketahui, di beberapa bank selalu memberikan kesempatan kepada nasabahnya untuk mengikuti undian berhadiah. Tentu saja, undian berhadiah yang diberikan oleh bank ini menawarkan hadiah yang menarik minat nasabahnya.

Bisa dibilang, hadiah yang diberikan oleh bank bagi nasabah yang menang undian tidak main-main. Namun, umumnya yang bisa memiliki kesempatan ikut serta dalam program undian berhadiah ini adalah nasabah dengan saldo diatas saldo minimum. 

Tentunya, dengan mengetahui keuntungan menabung di bank, pengetahuan Anda tentang produk simpanan di bank bertambah. Jadi, bagi Anda yang ingin menabung di bank tidak perlu ragu lagi. Hal tersebut karena menabung di bank memiliki banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan oleh nasabah.