Tips Agar CV Bahasa Inggris Dilirik Oleh Perusahaan

CV Bahasa Inggris

Kemampuan atau skill bilingual kini sangat diminati dalam dunia kerja pada saat ini mengingat semakin majunya sistem kerja dan budaya bekerja pada saat ini. Ketika dulu kemampuan bahasa Inggris menjadi nilai tambah untuk mendapatkan pekerjaan, kini kemampuan berbahasa Inggris  seakan menjadi kebutuhan wajib di setiap lowongan pekerjaan. Jadi jangan heran bila perusahaan-perusahaan besar lebih memilih calon pekerja yang mempunyai kemampuan berbahasa inggris.  

Membuat curriculum vitae dengan bahasa Inggris adalah salah satu cara terbaik untuk menunjukkan skill bahasa Inggris yang kita miliki untuk melamar pekerjaan. Dengan itu perusahaan yang kita tuju bisa melihat skill bilingual yang kita miliki. Karena dengan demikian, peluang untuk mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan tersebut lebih besar dan menjadi pertimbangan para recruiter. 

Walaupun Curriculum vitae dengan menggunakan bahasa inggris sudah sering digunakan, masih banyak orang yang merasa kebingungan untuk membuatnya. Untuk membuat Curriculum vitae dengan menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar terasa cukup berat dan sulit. Tidak bisa sembarangan dalam membuat curriculum vitae. Kita harus cermat dan tepat dalam penggunaan Bahasa inggrisnya. Tidak hanya sekedar menarik pada tampilannya saja, tapi harus memperhatikan juga pemilihan kata yang tepat. Selain pemilihan kata yang harus tepat, perhatikan juga poin-poin penting yang harus ada dalam curriculum vitae.

Poin Penting yang Harus Dicantumkan di CV 

Poin-poin penting yang harus ada dalam curriculum vitae meliputi:

  1. Personal detail (data diri)

Hal pertama yang jelas wajib ada adalah tentang informasi diri yang meliputi:

  • Fullname (nama lengkap dan bisa juga ditambah dengan nama panggilan)
  • Date of birth (tempat dan tanggal lahir)
  • Address (alamat)
  • Contact (nomor kontak yang bisa dihubungi)
  • Email

Bisa juga dilengkapi dengan gender (jenis kelamin), religion (agama) dan juga marital status (status pernikahan). Pastikan juga alamat email dan juga nomor kontaknya benar dan bisa dihubungi ya.

Hal yang juga tidak kalah pentingnya dan harus ada dalam data diri adalah foto profil. Pastikan foto yang disertakan adalah foto terbaik dan dengan baju yang rapi agar terlihat professional.

  1. Education (latar belakang Pendidikan)

Latar belakang Pendidikan juga menjadi poin yang penting dan harus ada dalam CV. Biasanya urutan riwayat Pendidikan dimulai dari Sekolah dasar hingga Pendidikan terakhir yang sudah dijalani. Jangan ragu untuk mencantumkan ipk ataupun predikat cumlaude bila memang anda memiliki ipk tinggi karena itu bisa menjadi bahan pertimbangan tambahan bagi recruiter.

Cantumkan juga riwayat berorganisasi yang pernah dilakukan. Entah itu organisasi di sekolah, wilayah tempat tinggal, organisasi keagamaan, ataupun organisasi lain karena itu bisa menjadi poin plus sebagai pertimbangan dalam kerjasama team.

  1. Job experience (pengalaman kerja)

Sebuah cv terasa kurang lengkap tanpa adanya pengalaman kerja. Dengan adanya pengalaman kerja pihak recruiter bisa menimbang dan mempertimbangkan kemampuan serta keterampilan dari pelamar.

Semakin banyak pengalaman kerja yang dicantumkan akan membuat cv itu menjadi semakin baik. Tapi jangan membuat daftar pengalaman kerja yang terlalu Panjang dan bertele-tele ya. Itu malah akan menjadi poihn minus untuk cv tersebut.

  1. Sertifikat kursus (Certificate)

Kita bisa mencantumkan sertifikat kursus dalam cv kita terlebih lagi bila sertifikat itu diakui skala global atau dari perusahaan yang bonafit. Pencantuman sertifikat ini bisa menjadi pertimbangan tambahan bagi pihak recruiter.

  1. Skill (ketrampilan)

Ini juga menjadi nilai plus bila dicantumkan dalam CV. Ketrampilan khusus bisa menjadi pertimbangan layak atau tidaknya pelamar tersebut untuk diterima.

Tips Agar CV Bahasa Inggris Dilirik Perusahaan 

Untuk mempermudah dalam pembuatan CV dengan Bahasa inggris, Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu dalam membuat CV mu bisa dilirik oleh perusahaan.

  1. Perhatikan susunan grammar yang sesuai

Pola kalimat dalam Bahasa Inggris berbeda dengan Bahasa Indonesia. Ada pola dan aturan yang berbeda untuk mendeskripsikan sesuatu dengan waktu yang berbeda. Pola grammar biasanya terbagi tiga yaitu lampau (past tense), sekarang (present tense) dan masa depan (future tense). 

Untuk menceritakan tentang pengalaman kerja biasanya yang digunakan adalah past tense. Sedangkan untuk menceritakan seputar data pribadi, skill, latar belakang pendidikan dan alasan kenapa ingin bekerja di perusahaan yang dilamar kita bisa menggunakan present tense. 

  1. Perhatikan penggunaan kata tunggal (singular) dan jamak (plural)
  2. Tidak bertele-tele

Cv yang baik adalah cv yang penjelasannya tidak bertele-tele. Isinya cv yang baik harusnya singkat, padat dan jelas. Penggunaan kata “I”(saya) akan memberikan kesan yang bertele-tele dan maknanya jadi kurang kuat. 

  1. Lebih teliti dalam penggunaan tanda baca serta ejaan

Sebenarnya tidak Cuma cv berbahasa inggris yang harus teliti, tapi ini berlaku juga untuk cv dengan semua Bahasa. Kesalahan dalam penggunaan tanda baca atau ejaan bisa merubah makna dari kalimat yang sebenarnya kita harapkan. 

  1. informasi yang ditulis harus jujur, benar dan dapat dipertanggungjawabkan

Ini juga berlaku untuk semua cv. Jangan pernah melebih-lebihkan informasi yang akan dicantumkan dalam cv. Smua yang terttulis akan dicek dan akan menjadi nilai buruk bila ternyata informasinya tidak sesuai.

  1. Taruh Pengalaman Kerja di Atas Bagian Latar Belakang Pendidikan

Biasanya di luar negeri recruiter akan lebih nyaman dengan cv yang peletakan pengalaman kerja ada di atas atau sebelum bagian dari latar belakang Pendidikan. Hal itu dikarenakan di luar sana mereka lebih menghargai pengalaman kerja dan skill untuk menilai seorang pelamar kerja. Walaupun kita tidak sedang melamar pekerjaan di luar negeri, format itu bisa dipakai untuk melamar pekerjaan di perusahaan asing yang ada di sini. Dengan format yang berbeda tentu saja bisa membuat cv kita jadi lebih menarik di mata recruiter kan.

  1. Ubah penulisan gelar dan jabatan menjadi format Bahasa inggris

Sebenarnya tidak masalah bila kita menulis gelar Pendidikan kita dengan versi Indonesia, tapi dengan penulisan gelar yang berformat Bahasa inggris membuat cv kita bisa lebih maksimal. Tidak hanya gelar yang bisa dirubah tapi juga posisi jabatan baik itu dalam organisasi atau jabatan pada pekerjaan yang sebelumnya. Penting yang harus diperhatikan adalah penulisan gelar yang tepat.