Tips Aman Jual Beli Mobil Bekas

Jual Beli Mobil Bekas

Banyak tantangan yang dihadapi saat membuka usaha Jual Beli Mobil bekas. Dari orang atau oknum yang berniat untuk menipu atau calon pembeli yang hanya iseng bertanya. Membuka usaha jual beli mobil bekas secara nyaman dan aman tidak selalu mudah. Anda harus memastikan surat-surat mobil sudah lengkap, sebagai penjual, anda juga dituntut memiliki pengetahuan mengenai mobil yang anda jual.

Tips Aman Jual Beli Mobil Bekas

Berikut beberapa tips bagi anda sebagai penjual dan anda sebagai pembeli agar aman serta nyaman dalam melaksanakan transaksi jual beli.

Sebagai Penjual

  1. Kondisi mobil

Pastikan kondisi mobil yang akan anda jual mempunyai kondisi yang bagus dan layak jalan serta dapat memberikan keamanan kepada calon pembeli. Umumnya jika buku service resmi dari mobil yang dijual terisi melakukan service dengan rutin, maka mempunyai harga jual yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil yang diservice ke bengkel umum walaupun terdapat bukti kuitansi.

  1. Dokumen mobil

Anda harus menyiapkan semua surat – surat yang diperlukan dan butuhkan seperti STNK, BPKP, dan juga faktur.

  1. Pajak

Faktor lain yang memiliki pengaruh harga jual adalah jatuh tempo dari pajak mobil. Karena umumnya jika pajak mobil masih memiliki tempo yang lama, harga jualnya memiliki potensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan pajak mobil dengan tempo yang dekat. Dan jika ingin harga mobil tetap stabil diatas, anda dapat membiarkan pajak tetap berjalan atas nama anda sampai jatuh tempo selanjutnya dan memberitahukan ke calon pembeli agar segera membalik nama untuk STNKnya.

  1. Media

Anda dapat memasarkan atau mempromosikan mobil yang anda jual ke platform jual beli terpercaya. Anda juga bisa mempromosikan dan memasarkan mobil anda melalui media sosial yang anda punya agar dapat mencangkup lingkungan keluarga, sahabat, dan rekan – rekan anda. Jangan lupa untuk mendeskripsikan secara detail tentang spesifikasi mobil anda.

  1. Kondisi Mobil

Anda harus jujur tentang kondisi mobil yang anda jual. Dengan hal itu akan memberikan nilai yang positif kepada calon pembeli mengenai kejujuran anda yang menjelaskan tentang kondisi mobil sebenarnya.

  1. Harga

Walaupun menjual mobil bekas, tentunya anda juga ingin mendapatkan keuntungan. Namun anda tidak bisa seenaknya memberikan atau memasang harga diatas rata – rata standar yang telah ditetapkan karena dapat mengakibatkan mobil yang anda jual tidak akan cepat laku. 

Anda dapat memberikan harga yang bagus setelah sebelumnya memantau harga dipasaran dengan terjun langsung atau melalui platform jual beli online. Setelah anda memantau dan mendapatkan kisaran harga rendah dan tingginya, anda dapat menetapkan harga mobil yang anda jual di tengah – tengah harga rendah dan tinggi.

Jual Beli Mobil Bekas

Sebagai Pembeli

  1. Mengecek kondisi mobil yang akan dibeli

Walaupun hanya membeli mobil bekas, anda pasti ingin mendapatkan kenyamanan dan keamanan dari mobil yang ingin anda beli. Anda dapat melakukan pengecekan kondisi ke mobil yang anda incar. Mulai  mesin, bagian kaki – kaki mobil, hingga kondisi dalam mobil. 

Anda juga perlu mempertanyakan mengenai keaslian spare part dari mobil yang anda ingin beli agar dapat diantisipasi jika terjadi kerusakan nantinya.

  1. Melihat dan Mengecek Dokumen Mobil

Sebelum memutuskan akan membeli atau tidak, anda harus melihat kelengkapan surat – surat atau dokumen pada mobil yang akan anda beli. Dengan kelengkapan surat – surat yang ada, menjadikan mobil yang dijual dapat dipertanggungjawabkan kelegalan mobil tersebut. 

  1. Informasi Penjual

Anda harus mengetahui informasi dari penjual mobil dengan jelas untuk menghindari terjadinya penipuan. Daripada membeli melalui platform online, anda bisa membeli dengan langsung mendatangi dealer mobil bekas di daerah anda. Walaupun platform online pun banyak yang terpercaya namun dengan datang langsung ke dealer akan semakin dapat dipertanggungjawabkan tentang kondisi mobil dan lebih aman tentunya.

  1. Jaminan

Walapun membeli mobil bekas, anda dapat membuat perjanjian dengan si penjual . Mintalah jaminan atau garansi kepada penjual agar jika terjadi kerusakan atau apapun dikemudian hari dengan kurun waktu yang telah disepakati sebelumnya , anda dapat mengembalikan atau menukarkan mobil dengan harga mobil yang sama namun dengan kondisi yang lebih baik.

  1. Test Drive

Salah satu cara jika anda ingin melihat kondisi dan kenyamanan mobil yang anda pilih, anda dapat melakukan test drive mobil yang dijual. Dengan test drive anda dapat melihat apakah fungsi – fungsi mesin, spesifikasi ekterior dan interior dalam kondisi yang bagus atau tidak. Hal tersebut juga dapat mencegah penipuan spesifikasi yang diberikan atau dijelaskan oleh penjual sebelumnya.

Demikian ulasan tips aman bagi pembeli atau penjual dalam transaksi Jual Beli Mobil Bekas yang dapat menjadi acuan anda dalam melakukan transaksi entah itu anda sebagai penjual atau anda sebagai pembeli. Semoga informasi diatas bermanfaat.