Tips Bekerja Nyaman dan Produktif dari Rumah

bekerja dari rumah

Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, bekerja di rumah adalah kebijakan yang diambil hampir seluruh perusahaan agar penyebaran virus corona dapat ditekan. Bekerja di rumah memang lebih nyaman karena Anda bisa mengerjakan tugas dalam keadaan yang sangat santai. 

Hanya saja, ketika bekerja di rumah produktivitas akan menurun. Dimana hal ini tentu saja akan sangat mengganggu sekali. Agar Anda bisa bekerja dengan nyaman di rumah dan produktif, maka ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Apa saja tipsnya? Simak pembahasannya berikut ini. 

Tips Bekerja di Rumah Tetap Nyaman dan Produktif 

Bekerja di rumah mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang menyenangkan. Tapi, suasana rumah tidak selalu nyaman, sehingga bisa mempengaruhi produktivitas. Berikut ini adalah tips agar Anda bisa bekerja dengan nyaman dan tetap produktif selama di rumah: 

Membuat jadwal 

Ketika Anda bekerja di rumah sudah pasti akan terasa santai. Karena Anda tidak harus menyelesaikan pekerjaan seperti di kantor. Sehingga secara tidak sadar, Anda akan menunda pekerjaan. Hal inilah yang harus Anda hindari, dimana semakin lama Anda menunda maka pekerjaan pun akan menumpuk. 

Tips agar Anda tetap produktif adalah dengan membuat jadwal apa saja yang akan Anda kerjakan selama hari kerja. Dengan adanya jadwal maka Anda akan menjadi disiplin dan tetap produktif walaupun hanya bekerja di rumah. Jika Anda ingin lebih nyaman, mungkin bisa menerapkan jadwal seperti di kantor. 

Jangan tunda pekerjaan 

Seperti yang sudah disebutkan tadi, dimana jangan sekalipun Anda menunda pekerjaan. Semakin Anda tunda, maka sudah jelas pekerjaan akan menumpuk dan akhirnya Anda pun akan keteteran sendiri. Hasil dari menunda pekerjaan juga bisa mempengaruhi kredibilitas Anda. dimana ini akan memberikan pengaruh buruk dalam kinerja. 

Maka daripada itu, lebih baik segera selesaikan apa pekerjaan yang memang harus dikerjakan. Jika Anda merasa bosan, mungkin bisa mencari suasana baru dengan mendengarkan musik atau membuat diri senyaman mungkin agar pekerjaan cepat selesai. Bila Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, waktu untuk Anda bersantai akan semakin banyak. 

Ciptakan ruang kerja yang nyaman 

Percaya atau tidak, ruangan sangatlah berpengaruh terhadap kenyamanan dan kinerja selama di rumah. Ketika Anda menciptakan sebuah tempat yang nyaman, maka sudah pasti Anda akan bekerja dengan lebih baik. Apabila Anda sudah mempunyai ruang kerja dan merasa bahwa masih ada yang tidak membuat nyaman, tidak ada salahnya untuk melakukan perubahan. 

Contohnya adalah dengan mendekorasi ulang ruangan atau mengecat tembok dengan warna lain. Dengan adanya suasana baru ini, Anda bisa meningkatkan produktivitas dan semakin nyaman saat bekerja di rumah. Anda juga bisa memberikan sentuhan lain yang bisa bikin konsentrasi semakin baik, misalnya adalah meletakan aroma terapi. 

Buatlah lingkungan yang minim gangguan 

Tips selanjutnya yang mampu mendukung kinerja di rumah adalah dengan membuat lingkungan kerja minim gangguan. Bekerja di rumah menjadi tantangan tersendiri, karena Anda harus melihat keluarga yang terkadang lalu lalang. Belum lagi jika Anda telah memiliki anak, maka jelas sekali akan ada gangguan-gangguan dari tingkah lucu mereka. 

Agar Anda bisa bekerja dengan nyaman dan tetap produktif, maka Anda bisa menciptakan ruangan sendiri atau bekerja di kamar atau teras. Dimana tentu saja Anda harus mencari tempat yang tenang agar pekerjaan bisa selesai dengan cepat. Selain itu, mungkin Anda bisa meminta kerja sama keluarga untuk memberikan waktu ketika Anda sedang bekerja di rumah. 

Menjaga kesehatan dan olahraga 

Ketika bekerja di rumah, kerap kali kita terlalu santai sehingga tidak memikirkan kesehatan. Jarang berolahraga dan malas-malasan kerap menjadi penyebab utama Anda tidak produktif. Bahkan beberapa orang juga mengaku bahwa bekerja di rumah membuat mereka sudah tidur karena sering kali bangun siang dan bekerja hingga malam. 

Hal inilah yang harus menjadi perhatian untuk Anda. Sangat disarankan bagi Anda untuk tetap mempunyai waktu yang cukup untuk beristirahat. Kemudian tetap berolahraga agar tetap dalam keadaan sehat. Terlebih lagi dengan kondisi sekarang yang masih terjadi pandemi. Sehingga sangat penting sekali agar Anda bisa menjaga kondisi. 

Selain itu mengkonsumsi makanan yang bergizi pun menjadi salah satu faktor penting. Konsumsilah buah-buahan, sayuran serta makanan sehat lainnya agar kondisi tubuh akan selalu prima dan terhindar dari penularan virus corona. 

Demikianlah beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk bisa bekerja dengan nyaman dan produktif walau di rumah. Hal paling penting ketika Anda bekerja di rumah adalah menghindari stress. Karena banyak sekali masyarakat yang mengatakan bahwa lebih stress bekerja di rumah dibandingkan di kantor. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.