Tips Belajar Bahasa Inggris Tanpa Keluar Duit Banyak

belajar bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang memang sangat penting sekali untuk dipelajari. Terlebih sekarang bahasa tersebut sering dijadikan syarat untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar. Jika Anda masih belum mahir, ada tips belajar Bahasa Inggris tanpa perlu menghabiskan banyak uang. 

Tips Belajar Bahasa Inggris Mudah dan Murah 

Globalisasi pada saat ini memang mengharuskan masyarakat untuk bisa mengerti bahasa asing, di mana Bahasa Inggris adalah bahasa asing utama yang sangat perlu sekali untuk Anda pelajari. Namun, belajar di tempat kursus terkadang membutuhkan biaya. Padahal ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa belajar Bahasa Inggris secara otodidak dengan menggunakan tips berikut ini: 

tips belajar bahasa Inggris

1.Dengarkan lagu berbahasa Inggris 

Tips pertama agar Anda bisa belajar Bahasa Inggris adalah dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris. Melakukan cara yang satu ini sendiri sangatlah efektif. Di mana Anda bisa memilih lagu bahasa inggris yang Anda sukai, kemudian mencari liriknya kemudian Anda terjemahkan sendiri.

Apabila ingin menguji kemampuan listening bahasa inggris, Anda dapat mulai mendengarkan dan mulai menerka-nerka lirik yang dinyanyikan. Sangat disarankan untuk mendengarkan lagu yang bertempo pelan terlebih dahulu agar memudahkan Anda untuk mendengar kata per katanya. Dengan menggunakan tips ini, Anda akan bisa mulai paham Bahasa Inggris. 

2. Baca buku Bahasa Inggris dan menerjemahkannya 

Cara efektif lainnya untuk bisa belajar bahasa inggris adalah dengan membaca buku dengan bahasa tersebut. Banyak sekali buku-buku menarik berbahasa inggris yang bisa Anda baca. Jika Anda pecinta novel, maka Anda bisa mulai mencari beberapa novel yang berbahasa inggris. Di mana Anda bisa menerjemahkan sendiri novel tersebut dan mulai memahami isi ceritanya. 

Anda bisa menggunakan kamus untuk menerjemahkan kata yang tidak Anda mengertin, di mana ini  juga akan membantu Anda untuk bisa lancar dalam bahasa internasional yang satu ini. Dengan membaca buku bahasa inggris juga akan membantu Anda memperkaya kosa kata dalam bahasa tersebut, sehingga Anda akan semakin lancar berbicara bahasa inggris. 

3. Aplikasi bahasa inggris 

Kemudahan teknologi pada saat ini sendiri sangatlah membantu, di mana ada beberapa aplikasi belajar bahasa inggris yang bisa Anda gunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut akan memberikan banyak sekali metode yang menarik untuk membantu Anda mengerti kata per kata dalam bahasa inggris. Cara ini sendiri bisa dikatakan yang paling disarankan bagi Anda yang memang tidak ingin mengeluarkan banyak biaya. 

4. Menonton film berbahasa inggris 

Selain menggunakan aplikasi belajar bahasa inggris, Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti menonton film dengan bahasa inggris yang tentu saja banyak sekali jenisnya. Anda bisa memilih banyak film yang sekiranya memang Anda sukai. Di mana sangat disarankan untuk menonton film ini tanpa menggunakan subtitle bahasa Indonesia. 

Cara yang satu ini sendiri banyak juga disarankan, karena memang bisa membantu Anda memahami percakapan dan membantu Anda untuk mengetahui pengucapan kosa kata bahasa inggris. Jika masih sulit, mungkin Anda bisa menggunakan subtitle bahasa inggris untuk membantu Anda melihat percakapan yang sedang berlangsung. 

5. Menulis dalam bahasa inggris 

Cara belajar bahasa inggris selanjutnya adalah dengan menulis dalam bahasa tersebut. Menulis sendiri sangat efektif untuk membantu Anda mengetahui pelafalan kosa kata dalam bahasa tersebut. Anda bisa menuliskan beberapa kata ataupun kalimat dalam catatan, di mana nantinya itu akan menjadi pengingat bagi Anda tentang arti dari kata atau kalimat tersebut. 

6. Berbicara dengan orang asing 

Walaupun aplikasi belajar bahasa inggris sangatlah membantu, tapi tidak ada yang lebih efektif dari berbicara dengan orang asing. Cara ini sendiri adalah metode yang sering digunakan oleh guru bahasa inggris. Karena dengan sering berbicara bahasa inggris dengan orang asing, dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan juga mengerti apa yang mereka katakan. 

Anda mungkin bisa berbicara dengan orang asing dengan menggunakan aplikasi chat. Ada banyak sekali aplikasi chatting yang berisi orang asing terutama yang berbahasa inggris, di mana Anda bisa mulai berbincang dengan mereka. Cara yang satu ini sendiri sangatlah disarankan karena sangat membantu Anda agar lebih lancar dalam melakukan percakapan dalam bahasa inggris. 

7. Jadikan kebiasaan 

Cara terakhir agar Anda bisa lancar berbahasa inggris adalah jadikan bahasa ini sebagai kebiasaan. Anda bisa memulai menerapkan bahasa inggris di antara teman-teman Anda. Di mana ini akan sangat membantu Anda dalam belajar bahasa asing yang satu ini. Apalagi jika dilakukan bersama dengan teman, tentu saja akan lebih menyenangkan karena bisa saling belajar bersama. 

Itulah cara belajar bahasa inggris yang tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Hal terpenting dalam belajar bahasa yang satu ini adalah selalu memperhatikan pelafalan dan juga susunan katanya. Jangan takut salah, karena hal ini dapat membantu Anda untuk bisa lebih baik lagi.