Tips Belajar Investasi Untuk Pemula

investasi emas

Sebelum belajar investasi sebaiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu investasi. Investasi bisa dibilang adalah cara untuk menambah modal dengan harapan untuk mendapat keuntungan di masa depan. Beberapa contoh investasi yaitu, Investasi saham,deposito, obligasi, sukuk, dan juga investasi emas dan perhiasan. Bisa dibilang pengertian investasi ialah mengembangkan uang maupun aset sebagainya untuk mendapatkan keuntungan masa depan untuk suatu tujuan.

Jenis-Jenis dalam investasi 

1.Saham

Investasi saham menawarkan perolehan keuntungan yang lebih tinggi dari pada investasi yang lainnya dan juga, investasi saham memiliki sifat high return atau investasi ini yang beresiko tinggi. Dan juga  dikarenakan harganya yang fluktuatif dan bergantung dengan ekonomi,politik dan juga keadaan tertentu. 

2.Reksa Dana

Reksa dana merupakan salah satu investasi masyarakat pemodal khususnya untuk pemodal kecil dan juga pemodal mempunyai waktu dan juga keahlian dalam menghitung resiko untuk investasi mereka. Investasi ini tidak membutuhkan dana yang besar, cukup dengan bermodalkan uang 100rb rupiah saja kita sudah mendapatkan dana untuk berinvestasi.

 3. Deposito Berjangka

Investasi berjangka di Bank ini merupakan investasi yang bisa Kita pilih. Deposito berjangka  mempunyai bunga yang agak tinggi daripada tabungan biasa. Dan juga mempunyai jatuh tempo yang spesifik, Mulai dari 3 bulan sampai 12 bulan. Jika Kita ingin mencairkan dana yang dicairkan sebelum dari tanggal jatuh tempo yang ditetapkan, Kita akan mendapatkan penalti dari Bank yang bersangkutan. Semakin besar dana yang Kita tabung, Maka akan semakin besar juga keuntungan yang diperoleh.

Berikut ini adalah beberapa macam hal yang bisa dijadikan investasi

  • Obligasi

Obligasi merupakan surat utang diterbitkan dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi, dan juga memiliki jatuh tempo dan juga bunga yang merupakan kewajiban penerbit obligasi kepada pemegang obligasi.Imbalan bunga yang diperoleh pemegang obligasi adalah berupa kupon. Obligasi memiliki 3 jenis, yaitu obligasi pemerintah, obligasi korporasi, dan juga obligasi ritel indonesia (ORI). 

  • Properti

Investasi ini memiliki resiko kebangkrutan yang kecil, dikarenakan properti dapat menjadi kebutuhan dasar, seperti tempat tinggal maupun usaha. Dengan memilih investasi ini, Kita wajib mempersiapkan biaya yang sedikit besar diperuntukkan membeli properti dan juga perawatan dari properti tersebut.Dan juga Kita perlu untuk merawat properti Kita agar dapat meminta kerugian jika penyewa melakukan kerusakan properti milik Kita.

  • Emas dan Logam Mulia

Investasi yang digandrungi masyarakat dari zaman dahulu sampai saat ini. Investasi ini cocok untuk Kita yang menginginkan jangka panjang, dikarenakan harga emas maupun logam mulia bisa terus meningkat dan juga aman dikarenakan harganya yang masih stabil jika pasar saham mengalami penurunan. Dan juga investasi ini bisa terus meningkat dikarenakan peningkatan dari respon kejadian-kejadian tertentu.

  • Asuransi

Asuransi selain berfungsi untuk proteksi, asuransi menjadi salah satu investasi jangka panjang alternatif, biasanya mulai dari 10 tahun. Setiap bulan, Kita harus membayar asuransi beserta biayanya.Premi yang harus dibayar cukup tinggi jika kita memilih berbasis investasi. Karena itu, Kita harus sedikit lebih cermat dalam memilih perusahaan penerbit yang tepat dikarenakan investasi asuransi memiliki biaya lebih. 

Berikut Beberapa Tips berInvestasi

belajar investasi

1.Membuat rencana dan Menentukan tujuan dari investasi

Hal yang wajib Kita lakukan adalah membuat perencanaan dan juga menentukan tujuan. Jangan kita hanya membeli emas kemudian disimpan lalu dijual kapan saja saat membutuhkan uang. Kita harus memiliki tujuan, contohnya investasi emas untuk dipakai biaya pernikahan di masa mendatang, pendidikan anak,maupun biaya naik haji.Dengan adanya rencana Kita bisa menentukan banyaknya emas ataupun saham untuk meraih tujuan tersebut.

2. Perhatikan kemampuan finansial

Investasi biasanya harus mempersiapkan dana terlebih dahulu. Jika perbulan kita mempunyai dana lebih yang dapat dialokasikan untuk kelola untuk investasi supaya berkembang dimasa mendatang. Jangan menggunakan seluruh penghasilan apalagi sampai berhutang supaya mendapatkan keuntungan dari berinvestasi

Berinvestasi haruslah dimulai dengan dana lebih. Jika pada setiap bulan sudah mempunyai dana yang lebih Anda bisa mengalokasikan ke investasi Anda supaya bisa berkembang jika digunakan masa mendatang.Kita wajib mempunyai dana simpanan untuk keadaan darurat yang mencukupi sebelum investasi. Setidaknya Kita mempunyai dana darurat sekitar 6-12bulan. 

3. Memperhatikan waktu investasi yang tepat

Contohnya saja dalam investasi emas, Kita harus rajin dalam memantau harga di pasaran. Kemudian Kita perlu mempelajari pergerakan naik turunnya harga emas di pasaran. Hal itu penting untuk menentukan waktu yang tepat untuk membeli maupun menjual emas untuk mendapatkan keuntungan. Waktu yang pas untuk membeli ialah ketika harga emas sedang turun dan kembali menjualnya saat harga naik. 

Jadi pada dasarnya tips belajar investasi jika Kita mempelajarinya lebih dalam dan juga bisa memilih investasi yang bertahan dan berkelanjutan untuk mendapatkan hasil  untuk digunakan dimasa depan. Dengan bermodalkan sedikit dana dan mempelajari tentang keuntungan dan juga menghindari resiko yang mungkin sering terjadi di kalangan investor.