Tips belanja online murah

belanja online murah

Berbelanja secara online memang menyenangkan, anda tidak perlu keluar rumah dan cukup membuka aplikasi marketplace yang diinginkan. Tapi jika anda kalap saat berbelanja, tentu akan membuat pengeluaran membengkak. Pastinya anda tidak mau hal itu terjadi, maka dari itu simak tips dan trik belanja online murah berikut ini.

Tips dan trik agar belanja online jadi murah :

Belanja secara online memang sudah menjadi kebiasaan baru di masyarakat kita, karena dianggap lebih praktis dan juga murah. Padahal jika tidak berhati-hati, pengeluaran akan jadi lebih membludak. Kenapa membludak? Karena kebanyakan mereka yg berbelanja online, tergiur dengan harga yang murah padahal tidak terlalu membutuhkan barang tersebut dan juga tidak memperhatikan biaya kirimnya. Berikut adalah tips dan trik agar berbelanja online jadi murah dan hemat.

  • Cari produsen dari tangan pertama

Tidak ada salahnya membeli barang pada produsen dari tangan pertama atau pembuat atau yang memproduksi barang tersebut. Harga yang mereka berikan tentu akan jauh lebih murah dari pada resellernya. Anda bahkan bisa juga menjadi reseller mereka dan menjual kembali barang tersebut dengan harga yang bersahabat.

belanja online murah

  • Berbelanja secara berkelompok

Cari teman atau saudara yang bisa diajak berbelanja bersama. Karena biasanya akan ada toko yang memberikan diskon saat anda membeli lebih dari satu item. Jadi manfaatkan momen tersebut, lagipula dengan belanja bersama akan lebih ringan saat membayar ongkos kirimnya. Misal, jika membeli satu mukena yang tidak sampai 1kg anda kena biaya Rp. 30.000,- padahal harga mukena yang dibeli hanya Rp. 40.000,- tentu akan terasa lebih berat di ongkos kirim. Namun bila yang membeli dua atau tiga orang, tentu ongkos kirim akan lebih murah karena ditanggung bersama.

  • Ikuti program gratis ongkos kirim

Manfaat program gratis ongkos kirim yang ditawarkan oleh pihak marketplace, ini akan sangat membantu untuk menghemat pengeluaran. Memang tidak mengurangi harga barang, tapi setidaknya dengan adanya kupon gratis ongkos kirim anda jadi lebih hemat.

  • Pilih pengiriman paling murah

Memilih pengiriman yang paling ekonomis juga tidak ada salahnya, apalagi jika barang yang anda beli bukanlah barang yang harus dipakai dalam waktu dekat. Pilihlah pembayaran biaya kirim termurah untuk menekan pengeluaran.

  • Manfaatkan HARBOLNAS

HARBOLNAS atau Hari Belanja Online Nasional bisa anda manfaatkan, biasanya akan banyak toko-toko online yang menawarkan promo atau diskon besar-besaran. Bahkan diskon yang ditawarkan saat HARBOLNAS bisa mencapai 80% atau lebih. Tapi jangan kalap karena harganya murah, tetap buat daftar belanja agar tidak melebihi budget.

  • Survei harga dari satu toko ke toko yang lain

Tidak ada salahnya jika sebelum melakukan pembelian, anda melakukan survei harga terlebih dahulu. Bisa saja anda menemukan barang yang sama, kualitas yang sama, namun harga memiliki selisih yang lumayan. Tapi jangan langsung tergiur dengan penawaran yang murah tersebut, cek kredibilitas toko, lihat review yang diberikan pembeli lain pada kolom komentar. Jika dirasa memuaskan, maka anda bisa membeli disana.

  • Belanja pada satu toko

Berbelanjalah di satu toko jika memang semua barang yang dibutuhkan ada di toko tersebut, ini akan membantu mengurangi pengeluaran pada biaya kirim. Misal, anda membeli mukena di toko A dan membeli sajadah di toko B, ini akan membuat anda membayar dua kali biaya kirim padahal di toko A juga menjual sajadah.

  • Pilih toko online yang masih satu kota

Memilih toko yang masih berada di satu kota yang sama juga termasuk trik berhemat saat berbelanja online, karena jika tempat anda tinggal dan alamat toko berada di satu kota, biaya kirimnya tentu akan lebih murah dibandingkan jika toko ada di kota lain. Misal anda tinggal di Yogyakarta dan toko berada di area Jabodetabek, tentu biaya kirimnya bisa diatas Rp. 10.000,-

  • Belanja saat program Cashback

Ikuti program cashback, ini tentu akan menguntungkan. Misal, anda membeli barang dengan nominal Rp 200.000,- lalu toko memberi cashback 15%, uang anda kembali Rp. 50.000,- tentu menyenangkan. Tapi biasanya program cashback itu hanya berlaku untuk pembelian dengan minimal tertentu. Jadi, bila anda ingin mendapatkan cashback, namun berat jika berbelanja sendiri. Gunakan cara belanja kelompok.

Itu tadi tips dan trik agar anda dapat mensiasati belanja online murah dan tentunya jadi bisa lebih berhemat juga. Pastikan untuk selalu membuat daftar belanjaan sekalipun anda berbelanja di marketplace, ingat tidak selalu tergiur oleh harga yang murah saja. Tetapi pastikan juga apakah toko tersebut memang memiliki riwayat penjualan yang baik. Cek selalu kolom komentar pada toko dan bila merasa ada yang janggal dengan toko tersebut, segera laporkan pada pihak marketplace agar dapat ditindaklanjuti.