Tips Bijak Untuk Menggunakan Paylater Di Era Digital 

Di era digital ini, perkembangan teknologi seperti melampaui batas. Semua aktivitas sehari-hari bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Berbagai penawaran teknologi seperti dapat memanjakan masyarakat dalam berbagai hal. 

Salah Satu yang ikut eksis dalam dunia teknologi ini adalah berbagai macam tawaran cicilan yang dapat mempermudah transaksi jual beli. Saat ini banyak aplikasi E-commerce yang menyediakan layanan transaksi non tunai, atau yang lebih banyak dikenal dengan layanan paylater. 

Sistem pembayaran paylater sama dengan kartu kredit, yang memiliki limit pembayaran dan cicilan. Bedanya, jika kartu kredit menggunakan kartu untuk alat pembayaran yang disediakan oleh bank, sedangkan paylater tidak memerlukan alat pembayaran dan layanan ini disediakan oleh aplg E-commerce. 

Pastikan Layanan Paylater Yang Kamu Pakai Resmi

Sebelum memutuskan untuk menggunakan paylater kamu harus mengetahui apakah paylater yang akan kamu gunakan memiliki legalitas atau paylater kamu resmi terdaftar di OJK, kamu bisa lihat daftarnya di akun resminya. OJK sendiri adalah Otoritas Jasa Keuangan yang diawasi langsung oleh mentri keuangan, jadi pastikan layanan paylater mu terdaftar. 

Hal ini harus kamu ketahui dengan benar, jangan sampai kamu menggunakan layanan paylater yang ilegal, karena jika ada hal-hal yang tidak diinginkan akan sulit untuk menyelesaikan. Ini disebabkan karena layanan paylater yang ilegal tidak memiliki badan hukum yang resmi. Sehingga kamu akan berpeluang besar untuk tertipu atau mendapatkan kerugian. 

Memahami Syarat dan Aturan menggunakan Paylater

Setiap transaksi dengan layanan non tunai pasti ada syarat dan aturan yang harus kamu patuhi. Begitupun dengan layanan paylater yang akan kamu pakai. Dengan kamu  memahami syarat dan aturan menggunakan paylater, kamu akan dapat mengukur kemampuan diri untuk menggunakan paylater. 

Selain itu, memahami syarat dan aturan akan membuat kamu lebih cermat dalam melakukan proses transaksi non tunai, bukan malah menjadikan kamu boros dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari. 

Jangan Gunakan Paylater Setiap Saat

Menggunakan layanan paylater dengan bijak yaitu tidak menggunakan paylater setiap saat. Kamu harus bisa membatasi penggunaan paylater sehingga tidak menggunakan secara berlebihan. Pastikan hanya menggunakan layanan ini saat kondisi yang darurat saja. 

Misalnya, berbelanja untuk barang yang memang rusak dan tidak dapat diperbaiki, kamu bisa menggunakan paylater untuk pilihan dana yang cepat. Tapi, jangan lupa untuk menyiapkan juga gantinya dan membayar cicilan dengan tepat waktu. Ingat, bahwa uang yang diberikan paylater adalah pinjaman, bukan pemberian orang atau uang tabungan yang kamu miliki sendiri. 

Memahami Kondisi Keuangan

Sebenarnya layanan paylater datang untuk membantu memudahkan kamu dalam beberapa keadaan. Tetapi hal tersebut jadi berbalik menjadi sebuah bencana jika kondisi keuangan kamu malah tidak sebanding dengan apa yang kamu belanjakan menggunakan paylater. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu memahami kondisi keuangan, kamu bisa pertimbangkan apakah kamu sanggup menggunakan paylater dengan sering atau tidak. 

Dengan kamu memahami kondisi keuangan sendiri, kamu bisa lebih sadar untuk tidak menggunakan paylater secara berlebihan. Pastikan keuangan kamu cukup untuk membayar cicilan. Hindari barang-barang yang terlalu mahal untuk kamu beli. 

Tentukan Tujuan Berbelanja

Setiap orang memiliki tujuan berbelanja yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari, membeli barang yang penting, atau berbelanja karena memenuhi keinginan sendiri yang bahkan tidak terlalu dibutuhkan. 

Maka, agar bijak menggunakan paylater sebaiknya pastikan bahwa tujuan berbelanja kamu adalah membeli barang-barang yang hanya kamu butuhkan, barang-barang pokok dan memang penting untuk dibeli. Karena belanja untuk hanya memenuhi keinginan saja akan membuat tagian cicilan kamu oada paylater akan menumpuk dan hutang kamu akan membengkak. 

Tidak Melakukan Gali Lubang Tutup Lubang

Sering dengar istilah gali lubang tutup lubang? Artinya adalah menutuisebuah hutang dengan hutang lainnya, dan terus begitu tanpa ada habisnya. Nah, jangan sampai kamu membayar cicilan dengan berhutang lagi dengan pihak yang lain. Ini sangat tidak bijak untuk penggunaan paylater. 

Pasalnya, membayar cicilan menggunakan hutang lain akan membuat benan bayaran kamu makin membengkak, belum lagi jika pihak kedua yang kamu hutangi juga memasang bunga yang lebih besar. 

Hanya Memiliki Satu Aplikasi E-commerce

Memiliki satu aplikasi E-commerce saja sudah membuat kamu tergiur untuk terus berbelanja menggunakan paylater. Jangan sampai kamu memiliki lebih dari satu aplikasi E-commerce yang membuat kamu menjadi lebih banyak kesempatan untuk menggunakan paylater dari setiap aplikasi yang kamu miliki. 

Itu dia tips buat kamu para pengguna layanan paylater agar lebih bijak menggunakannya. Apalagi di era digital yang memudahkan kamu untuk dapat layanan transaksi non tunai dengan mudah. Semoga kamu bisa mengikuti tips di atas dengan cermat dan bijak. Lakukan tips diatas dengan benar agar kamu tidak berlebihan lagi dalam menggunakan paylater melalui aplikasi E-commerce.