Tips Cara Membuat CV yang Baik dan Menarik

buat cv menarik

Hal utama yang dimiliki orang ingin melamar pekerjaan adalah sebuah CV atau Curriculum Vitae. Itulah kenapa begitu penting seseorang untuk mengetahui tentang cara membuat CV yang bagu dan menarik supaya mendapatkan perhatian untuk perekrutan karyawan.

Curriculum vitae yang Anda susun dan menarik pastinya akan jauh lebih mudah memperoleh perhatian dari pihak perekrut. Dengan begitu, peluang Anda untuk dipanggil interview oleh HRD sangat besar. Tidak perlu khawatir apabila Anda perlu terlalu paham soal membuat curriculum vitae yang bagus dan menarik sebab sudah sangat banyak contoh CV yang beredar di internet yang dapat Anda jadikan referensi dalam menyusun sebuah CV.

Nah, dibawah ini terdapat beberapa teknik untuk Anda yang ingin membuat sebuah CV yang bagus dan menarik agar bisa mendapatkan panggilan untuk tahap selanjutnya yakni interview HRD. Lebih lengkapnya simak penjelasannya dibawah ini.

cara buat cv menarik

Tips Membuat CV Kreatif

1.       Menggunakan Font Standar

Sebagian orang banyak yang berpikir bawah penggunaan jenis font standar seperti Arial, Times New Roman atau Calibri bakal membuat CV menjadi kurang bagus dan menarik. Perlu diingat bahwa tujuan utama Anda ketika membuat CV yakni untuk bisa menyampaikan info tentang riwayat hidup secara keseluruhan khususnya di bidang pekerjaan dan keahlian.

Maka dari itu, yang terpenting yakni bagaimana membuat CV Anda bisa dengan mudah dibaca oleh pihak perekrut, oleh sebab itu, Anda tidak perlu ragu untuk memakai font standar pada penulisan Cv yang dimiliki.

2.       Ubahlah Nama File Curriculum Vitae Anda

Alih-alih memakai nama file seperti Curriculum Vitae, sebaiknya Anda memakai nama file berisikan nama lengkap Anda seperti “Agil Bomboloni CV”

Part ini menjadi salah satu tips membuat CV Anda semakin mudah untuk ditemukan dan diidentifikasi oleh pihak perekrut, ditengah ribuan CV para pelamar.

3.       Menyimpan File CV Anda Berdasarkan Format yang Dibutuhkan

Biasanya perekrut akan meng instruksikan pelamar untuk menyusun CV menggunakan format PDF atau word document.  Namun, jika memakai format word dokumen terkadang tidak dapat dibuka ketika menggunakan sistem yang berbeda, maka menyimpan file menjadi format PDF adalah cara yang paling aman dan CV Anda bisa dibuka lewat berbagai perangkat.

4.       Menambahkan Profil Linkedin Anda

Salah satu metode membuat CV Anda menjadi lebih menarik yakni dengan menambahkan profil media sosial Anda dengan Linkedin. Ini adalah sebuah sosial media untuk digunakan profesional. Maka, sangat bagus jika Anda mencantumkan itu di dalam CV milik Anda. Oleh sebab itu, Anda dapat memperindah profil Linkedin Anda supaya terlihat lebih berkualitas dan berhasil menarik perhatian tim perekrutan.

5.       Menulis Pengalaman Kerja dengan Lengkap

Tahukah Anda, kebanyakan perusahaan akan mempertimbangkan calon karyawan baru dari melihat pengalaman kerjanya pada berkas yang diserahkan, serta menyusun daftar dari pekerjaan yang paling lama hingga ke yang paling baru.

Ketika dalam penulisan pengalaman kerja disarankan jangan lupa memberi informasi seputar keahlian yang dikuasai serta pencapaian lain yang pernah didapat.

6.       Jangan Menggunakan Kata yang Disingkat

Ketika akan menyusun atau menulis sebuah CV sebaiknya Anda harus melihat contoh CV lain agar bisa mengetahui tata cara pembuatan cv dengan baik. Satu hal yang perlu Anda tahu adalah jangan menyingkat kata apapun.

Lalu, pastikan saat menulis gelar, program pelatihan yang diikuti, nama organisasi upayakan semuanya ditulis lengkap dan jangan disingkat.

Tata cara penulisan cv seperti ini kadang masih banyak dihiraukan oleh para pelamar, padahal bagian ini termasuk paling penting bagi kebutuhan rekrutmen karyawan baru oleh sebuah perusahaan tertentu.

7.       Hindari Menggunakan Desain CV Berlebihan

Sama seperti penjelasan yang ada di atas, kunci utama agar bisa membuat CV yang bagus adalah kata-katanya yang mudah dipahami dan dibaca para perekrut. Inilah alasan mengapa Anda tidak disarankan mendesain CV yang berlebihan supaya informasi utama bisa tersampaikan dengan baik.

8.       Memastikan Tidak Ada Type Penulisan

Typo menjadi hal yang sering ditemukan para perekrut di dalam CV pelamar, bisa dikatakan kesalahan satu ini merupakan kesalahan yang sering sekali ditemui.

Disarankan Anda jangan terlalu meremehkan terjadinya typo ketika menyusun sebuah CV yang mana terjadi kesalahan dalam mengeja akan menjadi masalah tersendiri dalam proses perekrutannya nanti.

9.       Menggunakan Simbol Angka

Apabila di dalam CV Anda terdapat muatan bilangan, maka gunakanlah simbol angka agar bisa mendeskripsikannya dengan baik, dan jangan menuliskannya dengan bentuk huruf.

Jika menggunakan metode ini, tentu Anda akan menghemat ruang di dalam dokumen, dan seperti metode penulisan CV satu ini masih banyak dianggap remeh oleh kebanyakan orang. Padahal, jika cara membuat CV dilengkapi dengan bilangan angka tentu akan memudahkan perekrut ketika membaca cv yang Anda miliki. Sudah banyak tersedia contoh CV bagus yang dapat Anda temukan di internet, carilah dan jadikan referensi Anda.