Tips Cara Menghemat BBM Saat Berkendara

beberapa tips hemat bbm

Mengemudikan kendaraan tentu menjadi aktivitas yang biasa dilakukan sebagian orang di kehidupan sehari-hari. Namun, gaya mengemudi kendaraan seseorang ternyata juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar serta performa dari kendaraan itu sendiri. Selain kondisi eksternal seperti lalu lintas, tekanan ban, bobot kendaraan, transmisi, dan kapasitas mesin kendaraan juga dapat mempengaruhi performanya, termasuk konsumsi bahan bakar. Untuk itu, Anda butuh tips atau cara menghemat bbm saat berkendara.

Sebagai pemilik atau pengguna kendaraan, tentu Anda akan selalu mencari cara menghemat bahan bakar. Selain karena harga BBM yang semakin naik, ketersediaannya pun akan cepat habis bila pemakaiannya tidak dihemat. Cara paling efektif supaya mobil atau motor Anda irit bahan bakar adalah dengan mengurangi pemakaiannya. Namun, tips ini tentu tidak dapat terealisasi dengan baik jika aktivitas Anda atau keluarga terhadap kendaraan tersebut cukup padat.

Nah, berikut ada beberapa tips dan trik untuk Anda yang ingin menghemat BBM.

Beberapa Tips Hemat BBM

tips hemat bbm

  • Lakukan Service Secara Berkala            

Melakukan perawatan secara berkala dapat membantu penghemat bahan bakar minyak. Karena ketika motor atau mobil di service, kotoran yang melekat pada busi dan mesin akan dibersihkan, sehingga memperlancar putaran mesin tersebut. Mesin yang bekerja lancar tentu memaksimalkan penggunaan tenaga yang ada, dengan begitu tidak terlalu memakan BBM.

  • Rencanakan Rute Perjalanan 

Cara efektif menghindari kemacetan adalah dengan menentukan rute perjalanan sebelum bepergian. Hal ini memang membutuhkan pengalaman pengendara, namun akan sangat membantu saat menghindari lalu lintas padat yang mengkonsumsi banyak bahan bakar. Untuk itu, gunakan peta dan GPS yang memudahkan Anda dalam menentukan rute perjalanan. Saat berencana mampir ke beberapa tempat, upayakan supaya rutenya tetap searah dengan lokasi yang dituju.

  • Jaga Tekanan Ban         

Ternyata ban kempes memerlukan lebih banyak bahan bakar. Maka dari itu, pastikan ban terpompa sesuai dengan tekanan yang direkomendasikan, jangan lebih atau bahkan kurang, karena dapat mengacaukan kendali mobil atau motor Anda. Menggunakan tekanan angin ban yang tepat akan membuat kemampuan jelajah kendaraan jadi lebih jauh dengan jumlah bahan bakar yang sama. Jadi, isi tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi pabriknya.

  • Pakai BBM dengan Oktan Sesuai

Cara menghemat bahan bakar selanjutnya adalah dengan memakai bahan bakar bernilai oktan yang lebih rendah dari rekomendasi pabrik. Hal ini dapat membantu kinerja mesin mobil atau motor bekerja lebih baik. Akan tetapi, tidak sedikit juga kendaraan yang bekerja dengan performa maksimal saat mengkonsumsi bbm dengan oktan sesuai rekomendasi pabrik. Jadi, tips ini bisa disesuaikan kebutuhan mesin saja.

  • Menghindari Pengereman Mendadak              

Berkendara dengan laju stabil membuat suplai bahan bakar juga stabil. Tetapi jika Anda berkendara dengan tidak stabil dapat menyebabkan bensin tidak tersuplai dengan benar. Apalagi saat mengerem secara berlebihan, saat itu Anda memaksa gas lebih dalam untuk memperoleh kecepatan sebelumnya. Sebaiknya hindari kebiasaan ini, perhitungkan jarak pengereman terlebih dahulu dan injak pedal gas dengan halus.

  • Cerdas Mengemudi     

Jangan biasakan mengemudi dengan agresif. Cerdaslah ketika berkendara, Anda tidak perlu menginjak pedal gas dalam-dalam hanya untuk mengebut di jalan. Selain masalah penghematan bahan bakar, keselamatan berkendara adalah hal utama yang harus didahulukan. Apalagi ketika melaju di ruas jalan tol, usahakan untuk menjaga kecepatan berkendara di angka 60-70 km per jam untuk menjaga efisiensi bahan bakar. Karena melaju diatas kecepatan tersebut dapat mengkonsumsi 15% bahan bakar lebih banyak.

  • Bersihkan Saringan Udara        

Jika saringan udara kotor, efisiensi dan tenaga mesin dapat berkurang lebih banyak dan menyebabkan konsumsi bahan bakar membesar. Bersihkan filter udara ketika service kendaraan jika Anda ingin melakukan penghemat bahan bakar minyak. Dan jika komponen tersebut tidak dapat digunakan lagi, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

  • Parkir di Tempat Teduh

Penguapan bahan bakar jadi lebih sedikit saat kendaraan Anda lebih sejuk. Maka dari itu, usahakan selalu memarkir kendaraan di tempat teduh supaya bensin di dalam tangki tidak menguap. Selain menjaga konsumsi BBM tetap irit, ini juga dapat membuat cat mobil terhindar dari jamur.

  • Jangan Biarkan Mesin Terlalu lama Menyala  

Berhenti dalam kondisi mesin menyala dalam waktu lama membuat mobil Anda boros BBM. Penghemat bahan bakar minyak menjadi tidak efisien dan efektif jika Anda membiarkan kebiasaan ini, jadi sebaiknya matikan saja mesin kendaraan ketika sudah melakukan perjalanan jauh. Berikan mesin waktu yang lama untuk beristirahat supaya kembali ke performa semula.

  • Tambah Kecepatan Secara Bertahap 

Cara menghemat bahan bakar yang terakhir adalah menambah kecepatan kendaraan secara bertahap. Untuk Anda yang sering bepergian lewat til, jangan pernah menginjak pedal gas dalam-dalam lalu menguranginya kecepatannya dengan singkat. Atur akselerasi kendaraan tersebut jika Anda ingin menghemat pemakaian BBM.

Nah, di atas adalah beberapa cara menghemat BBM kendaraan yang bisa dicoba. Semoga informasi kami membantu.