Tips Finansial yang Harus Diketahui Ketika Sudah Berumur 30 tahunan 

Saat umur sudah menginjak 30 tahun berarti tidak ada lagi kesempatan untuk kamu terus bermain-main dalam melakukan aktivitas dalam kehidupan. Kamu harus mulai melaksanakan hal yang serius dan mulai peka dalam memperhatikan seluruh faktor yang ada di sekitar. Salah satu faktor yang sangat penting bagi kehidupan apalagi sudah berumur 30 tahun adalah mengenai finansial. Kondisi finansial apapun yang terjadi saat umur 30 tahun sangat penting dan harus diperhatikan dengan sangat hati-hati. Karena akan finansial akan rentan sekali mengalahkan perubahan, bahkan perubahan yang timpang. 

Sebenarnya masalah finansial itu sangat penting bagi masyarakat yang menginjak umur betapapun, hanya saja kamu harus mulai mengetahui tips finansial ketika sudah berumur 30 tahunan. Karena sudah dikatakan sebelumya, bahwa pada tingkatan umur ini kamu sudah tidak bisa lagi melaksanakan segala halnya secara main-main, apalagi tentang masalah keuangan yang harus diperhatikan lebih. Maka dari itu kamu akan sangat membutuhkan tips finansial agar bisa mengatur keuangan dengan lebih baik lagi. Sehingga di umur selanjutnya kamu bisa memiliki finance yang stabil. 

Nah dalam tulisan ini, kamu akan mendapatkan informasi mengenai tips finansial yang harus diketahui ketika sudah berumur 30 tahunan, ini dia beberapa tipsnya. 

1. Mampu Menentukan Pilihan Antara Menyewa atau Membeli

Seseorang yang sudah menginjak umur 30 tahunan harus sudah bisa menentukan pilihan apa yang terbaik untuk melengkap semua kebutuhan dan keinginan dalam hidup. Dalam hal ini yaitu memilih antara menyewa atau membeli suaru barang dan aset. Misalnya dalam hal tempat tinggal, bagi kamu yang sudah berumur 30 dan sudah memiliki keluarga pasti adalah sebuah keharusan untuk sudah memiliki rumah sebagai tempat tinggal. 

Sebagian masyarakat akan lebih menyukai menyewa rumah dengan alasan menyesuaikan kemampuannya membayar dengan kondisi finansial yang ada. Tetapi ada juga masyarakat yang lebih memilih membeli rumah karena lebih dinilai akan tidak memiliki cicilannya yang banyak dikemudian hari. Kedua pilihan tersebut merupakan keputusan yang sama baik nya, kamu hanya harus bisa menentukan pilihan lebih bijak agar finansial kamu tetap aman di umur 30 an. 

Cara menentukan pilihan terbaik yaitu menghitung kerugian dan keuntungan jika menyewa atau membeli. Kedua pilihan ini juga berlaku untuk barang lainnya yang bisa di sewa atau dibeli, intinya kamu harus bisa dengan bijak menentukan pilihan yang  terbaik. 

2. Mengurangi Perilaku Konsumtif

Perilaku konsumtif sebenarnya harus sudah di kurangi sejak dari umur 20 an, karena konsumtif akan sangat berpengaruh pada kebiadaban seseorang dalam membeli sesuatu. Orang yang seperti ini  akan sangat menghamburkan uang mereka untuk suatu hal bahkan tidak terlalu dibutuhkan tapi dengan porsi yang berlebihan. Jika kamu berumur 30 tahun tetapi masih memiliki perilaku konsumtif, sebaiknya hal ini harus benar-benar dihilangkan. 

Karena pada umur 30 tahun biaya yang kamu keluarkan bukan hanya digunakan untuk diri sendiri, kamu pasti memiliki tanggungjawab yang lebih besar daripay sekedar mengikutinya keinginan membeli sesuatu yang berlebihan. 

3. Menyisihkan Uang Untuk Dana Darurat

Dalam setiap tips yang diberikan untuk pengelolaan finansial, pasti kamu akan menemukan satu tips yang itu-itu saja. Salah satunya adalah tips untuk dapat menyisihkan uang untuk dana darurat. Kenapa dalam pengelola finansial kamu harus menyiapkannya dana darurat? Karena dengan memilih dana darurat, kamu tidak akan terbantu jika ada suatu kesulitan yang tiba-tiba datang. Misalnya kamu mengalami musibah yaitu di pecat dari pekerjaan, kamu bisa menggunakan dana darurat untuk sementara memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Kamu bisa membiasakan diri untuk menyisihkan uang sebagai dana darurat, jika dinilai hal ini berat sisihkan saja sedikit dari penghasilan kamu, jangan terlalu memaksakan untuk bisa menyisihkan uang yang banyak. Yang terpenting dari dana darurat adalah sebuah konsisten walapun nominalnya sedikit. 

Melunasi Hutang Dengan Segera

Hutang termasuk salah satu yang harus diperhatikan dalam mengatur finansial, karena hutang juga bagian dari keuangan yang harus kamu bayarkan segera. Karena jika tidak cicilan yang harus dibayarkan akan terus membengkak membuat kebutuhan lain yang membutuhkan uang menjadi lebih terhambat. 

Jadi lebih baik, jika kamu memiliki uang bayarkan dulu hutang yang sebelumnya kamu pinjam. Apalagi jika uang tersebut kamu dapatkan dari pinjaman online, kartu kredit ataupun paylater. Intinya, saat umur kamu 30 tahun kamu sudah tidak boleh memiliki hutang karena akan menghambat pengeluaran. 

Nah itu dia bebrapa tips finansial yang harus diketahui ketika kamu sudah berumur 30 tahunan, dengan melaksanakan tips ini diharapkan kamu akan lebih baik lagi mengatur keuangan karena umur kamu saat ini buka  lagi saatnya main-main, tetapi kesempatan untuk kamu memulai kehidupan dengan finansial yang lebih baik lagi.