Tips Hemat Bangun Rumah Impian Untuk Milenial

bangun rumah impian

Bagi Anda kaum millennial, pasti ingin sekali memiliki rumah sendiri di usia muda. Mungkin sebagian dari Anda, mempunyai niat untuk membeli yang sudah jadi atau second. Tapi, membangun mungkin akan menjadi hal yang paling membanggakan karena sudah pasti akan cocok dengan keinginan Anda. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membangun rumah. Karena membangun tentu saja tidak sama dengan membeli jadi. Anda harus benar-benar memikirkan masalah biaya ini agar bisa berhemat. Nah, adapun tips supaya Anda bisa bangun rumah impian dengan biaya yang jauh lebih hemat. Ikuti terus ulasannya di bawah ini. 

Tips Hemat Bangun Rumah 

Membangun rumah tidaklah mudah, terlebih jika Anda baru pertama kali ingin melakukannya. Terlebih dana adalah hal yang paling vital dan harus dikelola dengan baik. Agar bisa menghemat biaya bangun rumah, berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda: 

1. Pilih lokasi 

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memilih lokasi yang tepat. Mungkin lokasi yang dimaksud disini adalah tanah. Karena tidak mungkin Anda membangun rumah tanpa memiliki tanah terlebih dahulu. Jika Anda sudah punya tanah, mungkin akan lebih mudah. 

Tapi, jika belum maka Anda harus mencari tanah yang tepat. Lokasi tanah yang strategis atau tengah kota jelas akan semakin mahal. Maka, Anda harus benar-benar mempertimbangkannya dengan sangat hati-hati. Mungkin jika Anda mempunyai dana yang lebih untuk beli tanah, tidak masalah mencari yang strategis. 

Namun, bila Anda mempunyai dana yang terbatas. Mencari tanah di pinggir kota pun tidak masalah. Hanya saja, Anda perlu mempertimbangkan akses jalan dan fasilitas penting. Agar Anda tidak kesulitan jika membutuhkan sesuatu atau akan bekerja. Untuk proses yang satu ini sendiri terbilang memakan waktu yang cukup lama. 

Jadi, pelan-pelan saja. Selama Anda bisa menemukan lokasi tanah yang tepat dan nyaman, maka untuk membangun rumah pun akan lebih mudah dan juga aman. 

2. Tentukan tipe rumah 

Kalau Anda pernah dengar tipe 36, 45, 60, 70 dan lain sebagainya, itu adalah tipe rumah yang juga disamakan dengan luas bangunan rumah. Anda bisa memilih tipe rumah yang sekiranya sesuai dengan budget untuk membangun rumah. Untuk tipe sekitar 70 ke atas, biasanya adalah hunian untuk kelas atas. 

3. Tentukan desain 

Setelah menentukan tipenya, maka Anda juga harus memilih desain rumah yang akan diusung. Untuk rumah dengan tipe 36, 45 dan 60, mungkin akan sangat tepat memilih desain minimalis yang memang terfokus pada pemanfaatan lahan sebaik mungkin. Tentu saja untuk rumah minimalis sendiri lebih hemat dibandingkan desain lain. 

4. Rencanakan sematang mungkin 

Selanjutnya adalah Anda harus menentukan apa saja kebutuhan untuk rumah, mulai dari bahan material, furniture dan perlengkapan lain. Dalam hal ini tentu saja Anda harus benar-benar mendapatkan perhitungan yang tepat, khususnya untuk material. Supaya Anda tidak salah perhitungan, maka penting sekali untuk membuat RAB atau Rencana Anggaran Bangunan. 

Dengan adanya RAB ini sendiri Anda bisa memperoleh perkiraan dana yang Anda perlukan untuk bisa membangun rumah. Mulai dari biaya material hingga jasa tukang. Adanya RAB akan sangat membantu Anda agar tidak terjadi pengeluaran yang berlebihan. 

Setelah RAB, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan lain. Sebut saja, pemasangan listrik, air dan lain sebagainya. Karena tidak mungkin Anda hanya membutuhkan material saja. Bahkan untuk urusan furniture pun Anda harus direncanakan juga, agar tidak terjadi kesalahan perhitungan. 

5. Menggunakan jasa bangun rumah 

Apabila Anda ingin membuat rumah dengan biaya yang jauh lebih hemat, maka Anda lebih baik menggunakan jasa bangun rumah atau konstruksi. Jasa yang satu ini sendiri akan sangat membantu Anda dalam penghematan biaya, karena mereka membangun rumah secara terstruktur dan detail. 

Mulai dari material, biaya jasa tukang dan lain sebagainya pun akan terperinci. Bahkan beberapa jasa konstruksi juga menyediakan desain yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Karena semua sudah satu paket maka jelas Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih murah dibandingkan harus membayar per orang. 

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa konstruksi lebih baik memilih yang sangat terpercaya. Hal ini sendiri sangatlah penting, agar Anda bisa membangun rumah yang aman dan nyaman. Ada baiknya Anda mencari jasa konstruksi yang sudah berpengalaman panjang. 

Demikianlah tips hemat untuk membangun rumah bagi kaum milenial. Membangun rumah itu tidaklah mudah dan juga membutuhkan proses yang sangat panjang. Maka daripada itu, Anda harus benar-benar mempersiapkan dari jauh-jauh hari agar bisa memiliki rumah impian di usia yang masih muda. Apalagi sekarang rumah adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, jika tidak secepatnya dimiliki, maka bisa saja harganya akan melambung jauh lebih tinggi.